Penyebab Ac Bocor Netes Air Dan Cara Mengatasinya

Menemukan penyebab AC bocor pada bagian indoor sesungguhnya tidak terlalu sukar dan bisa dilaksanakan oleh sendiri tanpa perlu memanggil teknisi servis AC. Secara normal memang unit AC akan mengeluarkan air selama proses pendinginan udara alasannya adalah AC akan menghilangkan kelembaban dalam ruangan.

Seharusnya air yang keluar alasannya adanya proses pengembunan ini keluar melalui pipa susukan pembuangan sehingga sering tampakpipa kecil bersahabat outdoor untuk mengalirkan pembuangan air AC ini.

Penyebab AC Bocor Netes air

Namun sering terjadi air menetes dari bagian indoor dan mampu menghancurkan perangkat elektronik yang kebetulan ada di jatuhan tetesan air tersebut. Berikut ini ialah beberapa penyebab ac bocor di indoor AC yang sering terjadi serta cara sederhana mengatasinya :

Daftar Isi :

Saluran Pembuangan Air Tersumbat

Pada unit indoor AC terdapat sebuah nampan mirip kolam penampung air yang berfungsi untuk memuat tetesan air dari evaporator ketika AC sedang melakukan pekerjaan dan pada nampan ini pada ujungnya terdapat suatu lubang untuk mengalirkan ke pipa pembuangan (drain pipe) yang ada diluar.

bak penampung air AC

Sering terjadi lubang pembuangan ini tersumbat oleh kotoran debu yang telah menumpuk sehingga air yang ada di nampan pun luber.

Perhitungan AC 1 PK Berapa Watt

Untuk penyelesaian saluran pembuangan air tersumbat pada bab indoor memang berlainan pada tiap jenis AC namun kalau ingin dicoba mampu dengan cara membuka filter udara apalagi dahulu kemudian cari posisi lubang pembuangan ini pada nampan penampung air.

bak pembuangan air pada AC

Gunakan kawat/ kabel panjang yang dimasukkan ke lubang pembuangan ini untuk menjajal menentukan tidak ada kotoran abu dan jamur yang menghalangi keluarnya air.

Kebocoran dari Pipa Suction

Untuk mengalirkan udara masbodoh yang dihasilkan oleh kompresor AC biasanya menggunakan pipa tembaga yaitu pipa suction (pipa besar), dikarenakan pipa ini mengalirkan udara hambar yang lazimnya berkisar 10 derajat celcius maka secara alami akan terjadi kondensasi sebab adanya perbedaan suhu dengan ruangan.

Kebocoran dari Pipa Suction

Oleh alasannya adalah itulah dibutuhkan pembungkus pipa yang berwarna putih seperti busa, pembungkus pipa ini disebut juga Armaflex. Seiring waktu Armaflex mampu saja mengalami kebocoran dan karenanya menjadi salah satu penyebab AC bocor netes air.

Jika memang penyebab dipastikan penyebab bocor dari bab pipa ini diusulkan untuk melakukan pemggantian oleh teknisi servis AC langganan anda

Kurangnya Freon

Air menetes pada indoor mampu juga disebabkan oleh kurangnya freon pada AC yang juga dibarengi dengan tanda-tanda AC tidak hambar.

Baca juga : Penyebab AC tidak hambar

Hal ini bisa terjadi alasannya adalah pada saat gas refigerant kurang atau mengalami kebocoran sampai meraih kurang dari 50 psi maka proses pendinginan tidak akan berlangsung optimal dan hanya akan terjadi frozen (muncul bunga es pada bagian evaporator) sehingga dikala mencair akan menyebabkan air luber tidak jatuh ke talang penampung air.

penyebab muncul bunga es pada ac

Untuk solusi yang satu ini pastinya harus dijalankan pengecekan tekanan gas refrigerant pada sambungan nepel di outdoor AC. Selain itu juga mesti ditentukan penyebab kebocoran gas freon tersebut umumnya penyebab paling lazim adalah terdapat bocor halus pada pipa ataupun sambungan.

Baca juga : Kapan dan Perlukah Isi Freon AC Secara Rutin ?

Kesalahan Instalasi Indoor AC

Penyebab selanjutnya dikarenakan instalasi indoor AC yang kurang tepat, biasanya posisi lubang untuk pembuangan air dari evaporator berada disebelah belakang nampan air sehingga sebaiknya dalam pemasangan indoor AC harus agak miring ke belakang semoga air langsung mengalir tanpa gangguan ke saluran pipa pembuangan.

Kesalahan Instalasi Indoor AC

Namun kalau memang benar dikarenakan posisi indoor AC yang kurang tepat semestinya cuma terjadi pada instalasi AC yang baru dilaksanakan saja.

Sedangkan pada AC yang sudah sejak lama dipasang kecil kemungkinan dikarenakan posisi indoor yang kurang tepat, tetapi tetap mampu menjadi penyebab ac bocor sehabis dicuci, mampu jadi posisi nampan pembuangan air berubah dan pembuangan air dari proses evaporasi tidak tanpa gangguan.

0 Response to "Penyebab Ac Bocor Netes Air Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel