Gerbang Nalar – Pengertian, Fungsi, Simbol Dan Jenisnya

pengertian gerbang logika

Pengertian gerbang akal adalah sebuah piranti dalam elektronika selaku pembentuk sistem digital yang melakukan pembuatan input (data masukan) menjadi sinyal output (data keluaran) untuk mampu dimasak lagi di proses selanjutnya.

Sebagai referensi suplemen bisa diihat juga pemahaman gerbang logika Wikipedia.

Daftar Isi :

Pengertian Gerbang Logika

Secara elektronis, gerbang akal (logic gates) dibentuk oleh rangkaian sederhana yang terdiri dari unsur IC (integrated circuit), transistor dan dioda. Karena sinyal yang diproses oleh gerbang logika adalah berupa bilangan biner maka sinyal yang diproses cuma terdapat 2 kode saja yakni 0 dan 1.

Macam macam gerbang logika terdapat beberapa jenis tetapi sesungguhnya cuma terdapat 3 gerbang nalar dasar adalah AND, OR dan NOT sedangkan 4 gerbang lainnya yaitu NOR, XOR, XNOR, NAND ialah turunan gerbang dasar atau hasil kombinasi gerbang dasar.

gerbang logika dasar
Gerbang Logika Dasar

Fungsi Gerbang Logika

Fungsi gerbang logika yaitu untuk melakukan fungsi nalar dasar sebagai pembentuk sirkuit digital yang terintegrasi, kebanyakan gerbang nalar berisikan 2 input nilai biner begitu pula dengan outputnya berupa bilangan 1 atau 0 atau yang lazim disebut true atau false.

Komponen IC logic yang sederhana contohnya IC logic TTL 7408 mungkin hanya terdiri dari beberapa gerbang nalar saja.

ic gerbang logika TTL 7408
IC TTL 7408

Pada rangkaian elektronika sederhana, baik itu IC TTL maupun CMOS yang terdiri dari beberapa gerbang logic biasa digunakan pada rangkaian berikut :

  1. Rangkaian flip flop
  2. Rangkaian pengaman dengan aba-aba kunci diam-diam
  3. Rangkaian counter
  4. Rangkaian Multiplexer
  5. Rangkaian Demultiplexer
  6. Rangkaian Encoder, fungsinya untuk mengganti sebuah bilangan menjadi bentuk biner
  7. Rangkaian Decoder, fungsinya untuk merubah bilangan biner ke bilangan lain

Pada IC mikroprosesor (microprocessors) yang sungguh kompleks bisa terdiri dari jutaan gerbang logik, komponen ic seperti ini umumdisebut chip. Contohnya adalah Chip INTEL Stratix 10GX dengan jumlah logic sebanyak 10.2 juta logic

Chip INTEL Stratix 10GX
Chip INTEL Stratix 10GX

Dengan mengkombinasikan ribuan atau bahkan jutaan gerbang logika, mampu dibangun suatu operasi digital yang kompleks. Jumlah maksimum gerbang logika yang terdapat pada sebuah chip ditentukan oleh ukuran chip mikroprosesor yang dibagi ukuran dari gerbang logik tersebut.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika

Tabel kebenaran logika yaitu sebuah tabel yang berisi kemungkinan / variabel nilai akal biner yang mungkin diberikan ke input gerbang logika dan digunakan untuk memeriksa nilai kebenarannya, tabel ini lazimjuga disebut truth table.

Dalam akal matematika biner, tabel ini digunakan untuk menganalisa kebenaran dari sebuah pernyataan yang dalam dunia elektro identik dengan input.

Karena terdapat 7 gerbang nalar, maka terdapat juga 7 tabel kebenaran gerbang nalar yang bisa digambarkan mirip dibawah ini :

tabel kebenaran gerbang logika
Tabel kebenaran gerbang logika

Jenis Jenis Gerbang Logika

Adapun jenis jenis gerbang akal dasar termasuk dengan turunannya terdapat 7 jenis dan kesemuanya sering dikombinasikan untuk membangun suatu circuit digital :

1. Gerbang Logika NOT Gate

Gerbang logika NOT adalah suatu gerbang logik dasar yang output nya senantiasa kebalikan dari nilai input, adalah bila inputnya bernilai akal 1 maka output akan bernilai akal 0 dan sebaliknya jikalau input bernilai akal 0 maka output akan bernilai logika 1.

Berikut dibawah ini simbol gerbang nalar NOT :

simbol gerbang logika NOT

Gerbang NOT yaitu satu satunya logic gate yang hanya terdapat nalar 1 input saja, sebab sifatnya ini sering disebut juga sebagai inverter. Pada dasarnya gerbang NOT adalah sama dengan negasi. Lebih jelasnya berikut dibawah ini yaitu tabel kebenaran serta animasi gerbang NOT sebagai simulasi gerbang logika NOT :

simulasi animasi gerbang NOT gate

2. Gerbang Logika AND Gate

Sebuah akal AND adalah sebuah gerbang nalar dasar yang nilai outputnya akan bernilai logika 1 saat semua inputnya yang terdiri dari minimal 2 input yaitu X dan Y dalam keadaan mendapat input bernilai nalar 1.

Berikut dibawah ini simbol gerbang logika AND :

simbol gerbang logika AND

Prinsip kerja gerbang AND ini sesuai namanya gerbang AND / dalam bahasa indonesia mempunyai arti “dan” atau identik juga dengan saklar seri dimana semoga rangkaian melakukan pekerjaan maka kedua saklar harus dalam posisi ON. Berikut dibawah ini ialah tabel kebenaran serta animasi gerbang logika AND

simulasi animasi gerbang AND gate

3. Gerbang Logika OR GATE

Gerbang Logika OR ialah sebuah gerbang nalar dasar yang outputnya akan bernilai nalar 1 jika salah satu atau keduanya dari input logik menerima nilai akal 1, output akan bernilai akal 0 saat semua input dalam keadaan logika 0.

Berikut dibawah ini simbol gerbang logika OR :

simbol gerbang logika OR

Jika dalam sebuah rangkaian saklar maka OR gate identik dengan saklar yang disusun paralel dimana cuma diperlukan satu switch saja yang dalam posisi ON semoga rangkaian bekerja.

Berikut dibawah ini ialah tabel kebenaran serta animasi gerbang nalar OR :

simulasi animasi gerbang OR gate

4. Gerbang Logika NAND Gate

Gerbang logika NAND merupakan gerbang kombinasi dari AND dan NOT, sehingga outputnya juga akan kebalikan dari AND gate dengan demikian outputnya hanya akan bernilai nalar 1 kalau semua input dalam kondisi akal 0 sedangkan bila semua input dalam keadaan mendapatkan input logika 1 maka output akan menciptakan logika 0.

Simbol gerbang nalar NAND :

simbol gerbang logika NAND

Berikut dibawah ini yakni tabel kebenaran serta animasi gerbang nalar NAND :

simulasi animasi gerbang NAND gate

5. Gerbang Logika NOR Gate

Gerbang akal NOR mempunyai prinsip kerja mirip variasi dari gerbang OR dan gerbang NOT sehingga output dari gerbang ini cuma akan bernilai nalar 1 dikala semua gerbang inputnya dalam keadaan nalar 0. Pada kondisi selain mirip tadi, misalnya salah satu atau kedua input dalam keadaan logika 1 maka output akan tetap bernilai logika 0.

Simbol gerbang nalar NOR :

simbol gerbang logika NOR

Berikut dibawah ini yakni tabel kebenaran serta animasi gerbang akal NOR :

simulasi animasi gerbang NOR gate

6. Gerbang Logika XOR Gate

Gerbang akal XOR yaitu abreviasi dari EXclusive OR gate yang outputnya hanya akan bernilai akal 1 jikalau salah satu input X atau Y dalam keadaan bernilai akal 1, ketika semua inputnya dalam keadaan nalar 0 atau dalam kondisi akal 1 maka output akan tetap nalar 0.

Simbol gerbang akal XOR :

simbol gerbang logika XOR

Berikut dibawah ini adalah tabel kebenaran serta animasi gerbang akal XOR :

simulasi animasi gerbang XOR gate

7. Gerbang Logika XNOR Gate

Gerbang logika XNOR yaitu akronim dari EXclusive NOR gate yang bermakna outputnya yaitu kebalikan dari gate XOR. Output gerbang XNOR cuma akan bernilai logika 1 jika kedua input X dan Y dalam kondisi akal 1 atau dalam kondisi logika 0, dalam kondisi input tidak sama antara X dan Y maka output akan tetap nalar 0.

Simbol gerbang nalar XNOR :

simbol gerbang logika XNOR

Berikut dibawah ini yakni tabel kebenaran serta animasi gerbang logika XNOR :

simulasi animasi gerbang XNOR gate

Demikian artikel kali ini perihal pengertian gerbang akal agar mampu berfaedah.

0 Response to "Gerbang Nalar – Pengertian, Fungsi, Simbol Dan Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel