Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian Listrik Dan Elektro

Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian

Fungsi kapasitor pada rangkaian arus DC maupun pada arus AC sangatlah bermacam-macam, walaupun pada dasarnya kegunaan kapasitor yaitu untuk menyimpan arus listrik namun dalam praktek nya ternyata digunakan dalam fungsi yang lebih kompleks yang disesuaikan dengan banyaknya jenis jenis kapasitor itu sendiri.

Pada artikel kali ini akan dibahas fungsi kapasitor secara lebih mendetail pada rangkaian listrik DC maupun pada rangkaian listrik AC serta fungsi kapasitor menurut materi pembuatannya.

Daftar Isi :

Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian AC

Ada banyak penerapan kegunaan kapasitor pada rangkaian listrik PLN/ arus bolak balik. Berikut ini hanya beberapa yang paling sering dipakai yakni :

Kapasitor Sebagai Power Supply Tanpa Trafo

Pada penerapan yang satu ini yang sering disebut juga Transformer less power supply bahwasanya sudah banyak dipakai sebab penggunaan daya listrik menjadi lebih efisien. Power supply tanpa memakai trafo ini lebih efisien sebab tidak ada daya listrik yang diubah menjadi energi panas.

Namun sayangnya hanya efektif pada beban dengan kapasitas yang kecil saja. Kita mampu mendapatkan fungsi ini misalnya pada charger raket anti nyamuk, rangkaian battery charger dan lain sebagainya. Berikut ini contoh rangkaian power supply tanpa transformator :

Fungsi Kapasitor sebagai Power Supply

Kapasitor Bank untuk Memperbaiki Faktor Daya

Pada artikel berikut ini Kapasitor Bank: Pengertian dan Fungsinya sudah terdapat penjelasan yang lebih lengkap penggunaan kapasitor untuk memperbaiki aspek daya supaya tidak terkena denda daya reaktif dari transformator.

Fungsi kapasitor bank

Singkatnya kapasitor bank berkhasiat untuk menyeimbangkan beban induktif dan beban kapasitif dimana pada jaringan listrik dengan daya besar, berikut ini fungsi kapasitor secara rincian :

  1. Mensupply daya reaktif dengan tujuan untuk memaksimalkan penggunaan daya komplek (KVA)
  2. Meminimalisir Voltage drop yang diakibatkan banyaknya beban induktif seperti motor listrik daya besar
  3. Sebagai pemanis daya yang bisa menghalangi overload atau keunggulan beban pada transformer.
  4. Menurunkan suhu/ temperatur kabel
  5. Menghemat daya / efesiensi yaitu dengan menurunkan kVA total alasannya pemakaian kVA lebih mendekati kW yang terpakai
  6. Menghindari denda PLN alasannya adalah adanya daya reaktif.

Ada juga fungsi kapasitor bank kendaraan beroda empat yang manfaatnya sedikit berlainan adalah umumnya dipakai untuk memasok daya yang diharapkan audio amplifier sebab bila cuma mengandalkan aki mobil saja sungguh terbatas padahal daya listrik pada audio kendaraan beroda empat sangat mempengaruhi kualitas suara, lebih lengkap nya mampu dilihat di postingan Kapasitor Bank pada Audio Mobil.

fungsi kapasitor bank mobil

Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian DC

Penggunaan pada rangkaian arus searah/ DC juga sungguh banyak dari mulai kapasitor dengan nilai kapasitansi kecil sampai besar yang biasanya terpasang pada rangkaian rectifier/ catu daya. Berikut dibawah ini secara lazim kegunaan kapasitor pada rangkaian DC :

Kapasitor Sebagai Filter Pada Power Supply

Sedangkan dalam penggunaan kapasitor pada rangkaian DC (direct current) lazimnya dimanfaatkan selaku filter, tujuannya filter pada sebuah catu daya yaitu untuk memfilter riak arus AC yang masih terdapat pada output dioda semoga sinyal arus DC yang dihasilkan benar benar rata.

Ini alasannya adalah meskipun dioda berfungsi sebagai pengubah arus AC menjadi DC gelombang sarat tetapi pada output nya masih terdapat riak sehingga output rangkaian arus DC belum benar benar rata. Berikut teladan pada rangkaian untuk bentuk sinyal sesudah melewati kapasitor :

fungsi kapasitor sebagai filter power supply

Kapasitor yang dipakai selaku filter umumnya memiliki kapasitas yang besar bisa dari 1.000 uF hingga 10.000 uF yang pada gambar ditunjukkan dengan simbol kapasitor.

Kapasitor Sebagai Dekopling

Kapasitor Dekopling yaitu kapasitor yang diparalelkan melintasi jalur catu daya dan didistribusikan di antara rangkaian satu dengan rangkaian lainnya. Cek juga pengertian kapasitor dekopling wikipedia. Kenapa diperlukan capacitor decoupling ?

Seperti yang dikenali misalnya pada suatu PCB terdapat jalur distribusi arus listrik yang rumit yang pastinya bisa terjadi adanya lonjakan arus (spike), yang pada rangkaian digital hal ini sering terjadi pada dikala transisi logic yang terjadi secara serempak dan mampu terjadi sungguh cepat dalam hitungan nano detik.

Spike ini menyebabkan drop resistansi pada jalur catu daya yang menimbulkan penurunan tegangan.

Berikut pola penerapan kapasitor dekopling pada rangkaian :

fungsi kapasitor sebagai dekopling

Dengan adanya serangkaian kapasitor dekopling hal ini mampu dihemat, ukuran kapasitas kapasitor dekopling pun lazimnya kecil bisa berkisar 0.1 uF sampai 1 uF saja.

Kapasitor Sebagai Kopling

Pada artikel cara kerja kapasitor kita tahu bahwa kapasitor memblokir arus DC dan meneruskan sinyal/ arus AC, sehingga karakteristik ini dimanfaatkan untuk memblok arus DC atau sinyal frekuensi tertentu (lazimnya frekuensi rendah) lalu melalaikan sinyal frekuensi tinggi untuk diteruskan ke sirkuit berikutnya.

Secara sederhana, pada rangkaian kapasitor kopling digunakan selaku penyaring / filter frekuensi. Berikut ini acuan penerapan pada rangkaian elektro :

fungsi kapasitor sebagai kopling

Penggunaan kopling kapasitor mesti dipertimbangkan dengan sempurna sesuai dengan frekuensi yang dikehendaki. Contoh yang paling mudah dalam kapasitor untuk rangkaian kopling ialah pada rangkaian preamp yang mampu memisahkan mana frekuensi rendah (bass), mid, maupun frekuensi tinggi (treble).

Fungsi Kapasitor Pada Dinamo

Sedangkan jika dibedakan penggunaan dalam perangkat elektronika sehari hari banyak dimanfaatkan untuk sebagai Kapasitor Start dan Running pada dinamo listrik, contohnya untuk kegunaan dibawah ini yang dijelaskan secara singkat dan lebih jelasnya bisa mengikuti tautan/ link masing masing deskripsi :

Fungsi Kapasitor Kipas Angin

Pada kipas angin yang berskala sedang hingga besar umumnya terdapat kapasitor berskala kecil berkisar antara 1 uF – 6 uF, fungsi nya pada dinamo kipas adalah untuk membantu putaran permulaan ketika kipas dinyalakan, hal ini sebab torsi putaran awal yang cukup besar sehingga arus listrik yang tersimpan di dalam kapasitor mampu membantu menyuplai kebutuhan daya untuk dinamo.

fungsi kapasitor kipas angin

Jika terdapat kerusakan pada kapasitor kipas angin maka kipas tidak akan mau berputar, namun lazimnya bila dibantu putaran dengan tangan maka kipas bekerja dengan normal. Penjelasan lebih lengkap mampu dilihat pada artikel Fungsi kapasitor kipas angin.

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Baik pada mesin basuh satu tabung (automatic washing machine) maupun dua tabung (manual) niscaya terdapat kapasitor yang dipakai sebagai starting maupun sebagai kapasitor running.

Diperlukannya kapasitor pada mesin basuh diharapkan untuk menambah tenaga pada saat dinamo listrik berputar alasannya adalah biasanya dinamo pada mesin basuh memiliki daya yang cukup besar.

Fungsi kapasitor mesin cuci

Sehingga dalam hal ini contohnya dalam proses mencuci yang pada ketika proses nya dinamo akan memutar tabung mencuci secara bolak balik, kapasitor difungsikan sebagai starting kapasitor. Penjelasan lebih lengkap mampu dilihat di postingan Fungsi Kapasitor pada Mesin Cuci.

Fungsi Kapasitor Pompa Air

Serupa dengan kipas dan mesin cuci, pada pompa air listrik pada ketika pertama dinyalakan memerlukan energi yang cukup besar maka sebagian kebutuhan daya ini mempergunakan tenaga dari kapasitor yang dihubungkan ke kumparan bantu/ coil start, umumnya ukuran kapasitor untuk pompa air berkisar 4 uF – 16 uF.

fungsi kapasitor pompa air

Ciri kerusakan kapasitor pompa air adalah kalau dikala dinyalakan cuma berbunyi mendengung saja pada lilitan dinamo, namun jika dibantu putarannya dengan tangan maka mampu berputar dengan wajar .

Terkadang bisa juga timbul tanda-tanda kerusakan kapasitor dari bodi kapasitor yang menggembung, untuk kapasitor yang sudah menggembung mirip ini sudah mampu ditentukan kapasitor mesti diganti.

Untuk penjelasan lebih lengkap mampu dilihat pada postingan Fungsi kapasitor pompa air.

Fungsi Kapasitor pada Unit AC

Pada unit air conditioner/ pendingin ruangan terdapat beberapa kapasitor dan jikalau salah satu saja rusak bisa mengakibatkan fungsi tidak wajar . Berikut dibawah ini ialah kegunaan kapasitor pada aircond :

Kapasitor Fan Blower (Unit Indoor) : Tentunya sesuai namanya kapasitor ini posisinya berada pada fan blower/ kipas AC bab indoor. Selain berfungsi selaku kapasitor start juga berfungsi supaya putaran kipas menjadi lebih efisien.

kapasitor fan motor indoor ac

Kapasitor Fan Motor Outdoor : Pada Outdoor AC terdapat kipas yang berskala cukup besar dan diperlukan sebuah kapasitor untuk menolong putaran awalnya. Bentuk kapasitor ini mirip pada kapasitor kipas angin yang berbentuk kotak.

fungsi kapasitor pada outdoor AC

Kapasitor Start (Outdoor AC) : Sesuai namanya kapasitor ini berfungsi selaku start awal pada kapasitor alasannya adalah pada dasarnya untuk menggerakkan motor kompresor pada dikala setiap kali kompresor dinyalakan diharapkan daya yang cukup besar.

Ukuran kapasitor ini sungguh tergantung kapasitas AC itu sendiri, berikut ini data ukuran kapasitor yang umum digunakan pada AC :

Kapasitas AC (PK)Ukuran Kapasitor ( Micro )
0,5 PK15 uF
0,5 PK20 uF
1 PK25 uF
1 PK30 uF
1,5 PK35 uF
2 PK40 uF
2 PK45 uF
2,5 PK0 uF

Fungsi Kapasitor Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Ada aneka macam materi pengerjaan kapasitor contohnya saja keramik, cairan elektrolit, milar/ mylar capacitor, polyester, tantalum, polycarbonate dan lain lain seperti yang bisa dilihat pada postingan Jenis Jenis Kapasitor , nah berikut ini jenis kapasitor yang biasa dipakai jika dibedakan dari bahan pembuatannya adalah :

Fungsi Kapasitor Keramik

Sesuai namanya, kapasitor ini terbuat dari bahan keramik sebagai dielektriknya serta tersedia dalam nilai kapasitas yang sungguh kecil mulai dari pico farad, nano farad, mili farad sampai terbesar mikro farad.

Kapasitor keramik sama saja kebanyakan kapasitor mampu menyimpan energy namun dengan kapasitas yang sangat kecil dan tanpa polaritas, dalam rangkaian elektronika fungsi kapasitor ini pada umumnya dipakai pada rangkaian radio frekuensi tinggi dan juga pada perlengkapan audio.

Fungsi Kapasitor Keramik

Kapasitor jenis ini diminati karena harganya yang murah dan mempunyai tampilan yang baik pada frekuensi tinggi sehingga cocok digunakan sebagai kapasitor kopling dan rangkaian frekuensi tinggi namun tidak sesuai digunakan pada rangkaian memerlukan presisi mirip fungsi filter atau timing.

Fungsi Kapasitor Elektrolit

Kapasitor elektrolit ialah jenis kapasitor yang cukup seing digunakan secara luas pada rangkaian elektro adalah pada rangkaian catu daya, power supply switching, converter DC-DC, filter power supply dan rangkaian timing.

Karena nilai kapasitasnya yang besar maka ada juga yang fungsi kapasitor elektrolit ini secara khusus sebagai penyimpan energi misalnya pada lampu flash di digital kamera dengan cara kerja yang bisa dilihat pada artikel Penggunaan Kapasitor pada Kamera

Nilai kapasitansi dari kapasitor elektrolit sungguh beragam mampu dari yang paling kecil senilai 1 uF hingga paling besar hingga 10.000 uF

Fungsi Kapasitor Elektrolit

Kapasitor elektrolit yaitu jenis kapasitor yang terpolarisasi, artinya memiliki terminal nyata (+) dan negatif (-) dan cuma bisa dipakai kalau polaritas pemasangan sesuai, oleh sebab itulah bila pemasangan secara tidak sengaja terbalik maka alhasil akan fatal karena terjadi korsleting, namun ada juga kapasitor elektrolit bipolar yang bisa digunakan secara bolak balik pada kaki nya.

Fungsi Kapasitor Polyester /Milar

Sebenarnya penamaan kapasitor milar / Mylar Capacitors kurang sempurna alasannya milar adalah nama brand jualan suatu jenis kapasitor polymer film, penamaan seharusnya untuk kapasitor milar yaitu polyethylene terephthalate atau mampu disebut juga Polyester yang biasa disingkat PET.

Fungsi Kapasitor Polyester Milar

Kapasitor jenis ini mempunyai fitur yang cukup unik yakni ketahanan kepada tegangan tinggi serta tahan kepada kelembaban alasannya bodi kapasitor yang benar benar tertutup.

Nilai kapasitansi bisa berkisar antara 1 nF hingga 15 uF dengan tegangan kerja berkisar 50 Volt – 1500 Volt serta memiliki toleransi kapasitansi yang tinggi hingga +/- 10%. Karena ketahanannya yang tinggi, kapasitor ini mungkin adalah jenis yang paling banyak dipakai.

Fungsi kapasitor polyester/ mylar paling banyak digunakan pada :

  1. Rangkaian filter frekuensi tinggi
  2. Penggunaan rangkaian outdoor/ luar ruangan dengan kelembaban yang cukup tinggi
  3. Rangkaian dengan tegangan tinggi
  4. Rangkaian kopling maupun dekopling

Demikian artikel kali ini tentang fungsi kapasitor supaya mampu berguna

0 Response to "Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian Listrik Dan Elektro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel