Cara Memperbaiki Pengering Mesin Basuh

Cara memperbaiki pengering mesin basuh pastinya tidak mampu sembarangan alasannya adalah jenis kerusakan dan solusinya berlainan tergantung jenis mesin basuh tersebut apakah mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung karena cara kerja dan prosedur nya berlawanan.

Pada artikel kali ini akan membahas perbedaan cara perbaikannya namun yang menjadi perbedaannya adalah berdasarkan jenis mesin cuci nya saja apakah otomatis atau manual. Sehingga cara memperbaiki pengering mesin cuci Sharp atau Polytron akan sama saja langkah langkah nya.


Daftar Isi :

1. Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Pengecekan dan perbaikan pengerin gpada mecin basuh 2 tabung / manual umumnya lebih mudah alasannya tidak melibatkan modul pcb elektronik sehingga hanya tinggal menelusuri saja saklar dan sensor yang ada tergolong timer. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan pengecekan pada mesin cuci :


1a. Kabel Mesin Cuci Putus

Masalah yang hampir terjadi pada semua mesin basuh ialah kemasukan hewan pengerat yakni tikus yang suka menggigiti kabel instalasi dalam mesin basuh hingga putus. Ukuran tikus yang kecil memang memungkinkan untuk masuk sampai ke bab kelistrikan mesin basuh.

Jika anda setidaknya mempunyai sedikit kemampuan listrik mampu juga dicoba memperbaiki mesin basuh sendiri dengan cara membuka bagian tutup atas mesin cuci mirip berikut :

cara memperbaiki mesin cuci sendiri

Jika memang terdapat kabel yang putus alasannya adalah gigitan tikus, maka mampu dicoba menyambungkan kembali kabel kabel yang putus, tetapi perhatikan juga kabel yang disambungkan mesti yang sesui, untungnya hampur seluruh kabel yang ada mempunyai perbedaan warna sehingga memudahkan pencarian

Kabel Mesin Cuci Putus

1b. Tali Rem Pengering Mesin Cuci Putus

Cara pertama untuk menangani kendala ini yaitu tarik bab tali rem pengeringnya. Tarik pada bagian kawat sling rem sehingga menjadikannya terbuka. Jika telah terbuka, coba putar dengan memakai tangan. Jika bisa berputar dengan tanpa gangguan, maka pengering pun bisa dipakai lagi.

Tali Rem Pengering Mesin Cuci Putus

Kerusakan yang mampu terjadi pada bagian ini ialah tali rem yang kemungkinan putus sehingga kondisi kampas rem pada dinamo pelopor sehingga motor pengering tidak bisa berputar. Untuk mencoba mekanisme pengereman ini anda bisa coba mempesona tali rem ini dan amati bab mana saja yang bergerak.

Rem pengering mesin cuci

Tali rem pengering ini fungsinya yakni untuk keselamatan sehingga pada ketika pintu takjil atas dibuka maka posisi kampas rem pada posisi “mengerem”.


1c. Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Di setiap mesin cuci niscaya terdapat kapasitor yang berfungsi untuk menolong putaran permulaan dinamo mesin cuci sekaligus memperbesar tenaga pada dinamo, lihat juga pada postingan fungsi kapasitor mesin cuci untuk lebih jelasnya. Seiring usia penggunaan mesin basuh pasti terjadi penurunan kapasitas kapasitor yang balasannya berakibat motor dinamo tidak berpengaruh memutar.

Cukup sukar untuk mendeteksi kerusakan kapasitor kalau dilihat fisiknya saja sehingga harus digunakan alat ukur, tetapi untuk tumpuan bisa coba mendatangi link berikut Ciri Kapasitor Mesin Cuci yang Rusak.

Namun jika memang terdapat ciri kerusakan fisik kapasitor mirip menggembung telah bisa ditentukan kapasitor tersebut mesti diganti dan pastinya pastikan Anda mengubah dengan kapasitor bernilai sama.


1d. Ganti Timer Pengering

Jika mesin basuh memiliki timer sejenis putaran yang berada dibagian atasnya maka bisa dipastikan mesin cuci tersebut yaitu jenis manual atau 2 tabung.

Kerusakan pada bagian timer juga cukup sering terjadi alasannya mampu saja gear atau pegas pada timer tersebut aus atau mampu juga karena terminal kontak yang telah mengalami korosi sehingga menghambat fatwa arus listrik.

timer pengering mesin cuci

Jika tali rem dan kapasitor tidak terdapat duduk perkara maka komponen timer inilah yang selanjutnya direkomendasikan untuk dijalankan pengecekan. Jika terdapat kerusakan diusahan ganti timer dengan timer yang sesuai dengan merek mesin basuh yang Anda gunakan jika perlu bawa sebagai pola pada dikala membeli untuk memastikan juga knopnya sesuai.


1e. Kerusakan pada Door Switch

Bagian door switch bahu-membahu ialah pengaman agar motor spin/ pengering hanya melakukan pekerjaan sesudah pintu tutup atas pengering sudah ditutup alasannya tentunya putaran yang cepat mampu menyebabkan pakaian terlempar keluar terlebih kalau busana tidak ditata dengan baik dikala dimasukkan ke tabung pengering mesin cuci.

Kerusakan pada door switch yang sering terjadi adalah terminal kontak nya mengalami korosi sehingga menimbulkan arus listrik tidak bisa mengalir. Solusi mudahnya cuma dengan membersihkan dengan anti karat dan sebisa mungkin terminalnya diampelas. Jika korosi telah terlalu parah sebaiknya diganti saja.

Kerusakan pada Door Switch mesin cuci

1f. Periksa Motor Penggerak Spin

Karena bagian ini merupakan bagian yang paling mahal harganya pada mesin cuci maka lebih baik jika dipastikan apalagi dahulu pada bagian yang disebutkan diatas sudah tidak ada problem.

Pada mesin cuci 2 tabung, motor dinamo penggerak terdiri dari 2 ialah untuk fungsi mencuci dan mengeringkan, posisi motor ini juga gampang diketahui alasannya posisinya sempurna dibawah tabung masing masing fungsinya.

dinamo pengering mesin cuci

Pada motor penggerak ini lazimnya terdapat dua lilitan yang mempunyai kabel masing-masing. Spull atau lilitan inilah yang berfungsi menggerakkan motor. Ukur lilitan tersebut dengan menggunakan Ohm meter pada opsi range x10 Ohm. Jika lilitan tersambung, maka hasil pengukuran akan normal.

Jika tidak, maka itu memiliki arti ada salah satu sambungan yang terputus. Untuk mengatasinya, maka dinamo harus diganti. Bisa saja dengan solusi mengganti gulungan namun anda mesti jeli karena pada umumnya diganti dengan kawat alumunium yang menimbulkan tidak awet.

Lebih lengkap mengenai dinamo mesin cuci bisa dilihat pada postingan Ciri Kerusakan Dinamo Mesin Cuci.


2. Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Otomatis 1 tabung

Kerusakan pengering mesin cuci otomatis bahu-membahu tidak jauh dengan 2 tabung seperti dijelaskan diatas yang namun proses pengecekan bisa jadi lebih rumit sebab adanya modul board/ pcb selaku otak mesin cuci. Berikut beberapa hal yang bisa dikerjakan pengecekan :


2a. Kerusakan Motor Drain

Fungsi motor drain pada mesin basuh otomatis layaknya tombol/ putaran manual untuk membuang air pada proses bilas. Cara kerja motor drain pada mesin basuh ialah pada dikala proses mencuci akhir maka akan terdapat proses bilas.

Pada proses ini air dibuang dengan memakai motor drain yang menarik klep pembuangan air. Jika motor drain ini rusak maka air tidak bisa dibuang yang menyebabkan proses spin/ mengeringkan tidak mampu dikerjakan oleh modul otomatis.

Kerusakan Motor Drain mesin Cuci

2b. Kerusakan Modul Mesin Cuci

Kerusakan pada mesin cuci otomatis biasanya lebih rumit alasannya adanya modul PCB ini, berikut ini beberapa langkah yang mampu dilaksanakan untuk pengecekan dan perbaikan kerusakannya :

  1. Mengganti dengan modul yang gres (ori), merupakan cara yang paling mudah dan cepat tetapi harganya sangatlah mahal
  2. Mengganti dengan modul universal umumnya board mesin basuh ini dari cina tetapi resikonya terdapat posisi tombol dan lampu indikator menjadi tidak pas dan mengganggu performa mesin cuci. Selain itu tombol tidak benar benar tertutup rapat sehingga riskan terkena air yang mampu menimbulkan korsleting listrik.
  3. Merubah mesin basuh menjadi manual/ tombol timer mirip mesin cuci 2 tabung juga tidak dianjurkan karena penggunaan mesin cuci cenderung menjadi lebih rumit.
  4. Memperbaiki modul mesin basuh, opsi yang satu ini bisa jadi opsi yang paling masuk logika tetapi sayangnya tidak mudah memperbaiki modul mesin basuh. Tentunya ada juga seorang ahli service modul mesin cuci yang biasanya memasang iklan di halaman web online dengan harga bermacam-macam.
kerusakan modul mesin cuci

Sebagai berita embel-embel, pengering pada mesin basuh tidak bekerja tidak hanya disebabkan karena kerusakan pada bagian mesin seperti yang diterangkan di atas. Ada juga imbas dari luar yang bisa menimbulkan pengering mesin cuci tidak mampu melakukan pekerjaan . Faktor tersebut yakni karena biasanya Anda menempatkan mesin basuh di lantai dengan permukaan yang tidak rata.

Permukaan lantai yang tidak rata ini akan menjadikan sensor menimbulkan mesin cuci tidak inginbekerja. Hal inilah yang kemudian menciptakan pengering mesin basuh tidak melakukan pekerjaan dan mati. Indikasinya ialah mesin cuci umumnya cuma mampu digunakan untuk mencuci saja, namun tidak mampu untuk mengeringkan.

Cara mengatasinya, pastikan lantai daerah meletakkan mesin cuci benar-benar. Nah, itulah tadi penjelasan cara memperbaiki pengering mesin cuci yang tidak melakukan pekerjaan . Semoga bisa berguna untuk Anda.

0 Response to "Cara Memperbaiki Pengering Mesin Basuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel