[Solusi Fix] Hardisk External Tidak Terbaca

Berikut ini ialah beberapa penyelesaian dari error hardisk external tidak terbaca yang bisa dicoba tanpa software ketika hardisk eksternal tidak terbaca sama sekali atau hardisk terbaca namun tidak bisa dibuka.

Hardisk external biasanya berisi data cadangan yang bersifat penting ataupun koleksi data yang cukup besar untuk bisa diakses dimana saja, apa alhasil saat hardisk external ini error menjadi tidak terbaca padahal banyak data yang disimpan ?

Hardisk External Tidak Terbaca

Daftar Isi :

Penyebab Hardisk External Tidak Terbaca

Ada beberapa problem yang sering timbul pada hardisk external ialah :

  • Hardisk eksternal tidak terbaca sama sekali
  • Hardisk external tidak terbaca di my computer
  • Hardisk eksternal terbaca tapi tidak bisa dibuka
  • Hardisk external tidak terbaca di explorer
  • Hardisk external tidak terbaca disk management

Penyebabnya mampu alasannya aneka macam hal, berikut beberapa penyebab yang paling kerap timbul :

  • Koneksi port USB pada hardisk yang kurang baik (broken USB port)
  • Disk RAW tidak memiliki drive letter
  • Driver komputer yang telah tidak update
  • Driver komputer yang corrupt
  • File system pada hardisk yang tidak kompatible dengan Windows
  • Error pada disk/ kerusakan secara fisik pada hardisk sebab terjatuh

Solusi Hardisk External Tidak Terbaca

Berikut dibawah ini beberapa langkah pengecekan yang bisa dicoba pada saat menemui hardisk external tidak terbaca di windows 10 maupun di windows 7 :


Cek Kabel dan Port USB

Hal yang paling pertama bisa dikerjakan ialah cek pada kabel serta port USB nya alasannya adalah sering ditekuk sungguh mungkin kabel USB mengalami putus pada salah satu jalur kabelnya. Terlebih jikalau hardisk masih mempunyai port micro USB yang rentan rusak dan tidak terkoneksi dengan baik

Hardisk External Tidak Terbaca - cek port USB

Pindah Port USB

Jika hardisk eksternal terbaca tetapi tidak mampu dibuka maka ada kemungkinan hardisk portable kekurangan daya, suplai daya untuk hardisk memang cukup besar sebab terdapat motor dan disk untuk penyimpanan data. Jika pada komputer usahakan untuk memakai port di belakang PC alasannya penghantaran dayanya lebih besar.


Coba Buka di PC Lain

Sebelum menjajal memperbaiki hardisk eksternal, ada baiknya untuk menjajal di pc lain untuk memastikan apakah kerusakan pada hardisk external atau pada komputer/ laptop. Penyebabnya mampu karena port USB yang buruk, atau driver pada laptop yang belum terupdate. Jika di PC lain hardisk portabel berhasil dibuka maka coba penyelesaian di langkah berikutnya.

Tapi jikalau ternyata di PC lain pun tidak terbaca bahkan pada disk management windows pun tidak timbul maka cara memperbaiki hardisk eksternal tidak terbaca di disk management mirip ini kemungkinan kerusakan ada pada kabel atau kerusakan fisik pada hardisk.


Cek pada Disk Management

Sebelum melanjutkan ke tahap perbaikan selanjutnya ada baiknya cek dahulu disk management pada Windows untuk memutuskan apakah disk sama sekali tidak terbaca atau hardisk bahu-membahu terbaca tapi tidak diketahui oleh OS Windows explorer. Ini penting untuk dicek sebab jikalau hardisk external tidak terbaca disk management maka kemungkinan besar kerusakan pada hardisk secara fisik dan perbaikan condong lebih sulit.

hardisk external tidak terbaca disk management

Sedangkan kalau hardisk terdeteksi di Disk management, namun tidak timbul di Windows Explorer maka penyebabnya bisa dari komputer atau file system yang tidak support. Biasanya kerusakan ini bisa diperbaiki namun tetap tidak ada jaminan untuk menyelamatkan datanya.

Untuk membuka disk management sangat gampang :

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard
  2. pada form ketik “diskmgmt.msc
  3. Windows disk management akan muncul
cara buka disk management windows

Setting Drive Letter pada Hardisk

Jika drive letter pada hardisk hilang atau pertentangan dengan device lain yang sudah terkoneksi maka drive ini tidak akan muncul pada PC. Kamu mampu cek drive letter ini pada Windows Disk Management dan setting atau kalau perlu ubah drive letter nya dengan cara :

  1. Tekan secara berbarengan tombol Windows + X dan pilih Disk Management
  2. Pada Disk management kita mampu lihat semua disk yang terdeteksi bila hardisk ternyata terdeteksi tetapi tidak ada drive letternya, klik kanan pada drive tersebut dan pilih Change Drive Letter and Paths.
  3. Klik pada button Add dan pilih drive letter yang diinginkan kemudian klik Change.
Hardisk External Tidak Terbaca - drive letter

Update atau Install Ulang Driver Hardisk

Sebenarnya setiap kali kita menghubungkan perangkat berupa flashdisk atau hardisk external maka windows akan melaksanakan instalasi driver secara otomatis mirip gambar dibawah ini

Hardisk External Tidak Terbaca - instalasi driver

Terkadang instalasi driver ini tidak berjalan sukses atau bisa juga tidak berlangsung secara otomatis yang menyebabkan hardisk eksternal terbaca tetapi tidak bisa dibuka dan ditandai dengan lampu indikator yang menyala.

  1. Tekan secara bersamaan tombol Windows + X dan pilih Device Manager
  2. Cari device hardisk, umumnya kalau terdapat proses instalasi driver hardisk yang gagal ditandai dengan tanda seru kuning mirip dibawah ini :
Hardisk External Tidak Terbaca - update driver hardisk
  1. Klik kanan device tersebut yang kemungkinan yakni hardisk external yang error, lalu klik pada Update Driver Software
  2. Terkadang pada device manager disk timbul pada sub sajian Disk Drives, mirip dibawah ini. Jika hardisk masih tidak terbaca di windows explorer, perbaiki dahulu dengan di update driver :
Install Ulang Driver Hardisk
  1. Jika sehabis diupdate masih belum mampu terbaca, alternatifnya bisa juga pilih uninstall, jika ada notifikasi “Delete the driver software for the device” klik pada centang. Untuk menginstall kembali driver tersebut secara otomatis cukup dengan me-restart komputer saja.

Update Driver USB Mass Storage Device

Masih bekerjasama driver, tetapi mampu juga error disebabkan oleh driver USB mass storage pada komputer yang telah tidak update. Berikut cara updatenya :

  1. Tekan secara bersama-sama tombol Windows + X dan pilih Device Manager
  2. Pada Universal Serial Bus Controllers, klik expand dan cari USB Mass Storage Device
  3. Klik kanan pada USB Mass Storage Device kemudian klik pada Update driver, nantinya windows akan mencari driver yang ditandai dengan windows gres “Search automatically for updated driver software“. Pada dikala proses update driver ini komputer harus terkoneksi ke Internet karena driver akan didownload secara otomatis.
  4. Alternatif yang lain, bisa juga klik kanan pada USB Mass Storage Device kemudian pilih Uninstall device, jangan khawatir alasannya adalah driver tersebut akan otomatis terinstall kembali dikala komputer di restart.
Update Driver USB Mass Storage Device

Ganti Casing Hardisk External

Hardisk external sebenarnya sama saja dengan hardisk untuk laptop yang umumnya memakai ukuran HDD 2.5 Inch, semoga bisa diakses langsung dengan port USB didalamnya dipasangkan converter USB to SATA berupa sebuah board kecil.

Modul converter ini cukup sering terjadi kerusakan terlebih pada koneksi jenis port USB mini dan micro yang sering longgar. Oleh karena itu salah satu cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca yakni mampu dengan mengganti casing / hardisk enclosure. Umumnya penggantian sangat mudah dan mampu dijalankan sendiri.

Hardisk External Tidak Terbaca - ganti casing

Harga Casing hardisk enclosure ini juga saat ini cukup murah, mampu didapatkan di marketplace dengan harga dibawah Rp.100.000 saja dengan tipe koneksi USB 3.0


Ganti File System Hardisk External

Setiap hardisk memiliki tipe file system dan sayangnya jenis file system pada OS yang populer mirip Windows, Mac, and Linux tidak kompatibel sehingga menyebabkan hardisk eksternal terbaca tapi tidak mampu dibuka. Pada OS Windows jenis file system yang support yaitu NTFS, FAT32, exFAT, dan ReFS.

Sedangkan pada OS Mac file system support lazimnya memakai exFAT sehingga hardisk external menjadi tidak terdeteksi di explorer. Solusinya yaitu dengan mengubah file system ini ke multiple platforms sehingga bisa dibuka di semua OS terkenal. Jika hardisk secara ekslusif cuma akan digunakan pada OS Windows maka file system seharusnya menggunakan NTFS sedangkan bila akan dipakai berbagai jenis OS semestinya memakai file system exFAT.

Perhatikan : Mengganti file system dijalankan dengan cara format hardisk external dan proses ini pastinya menghapus semua data pada hardisk external

  1. Buka Start dengan cara menekan ikon Windows di keyboard
  2. Ketik Disk Management lalu klik kanan pada drive yang mau di format
Cara Ganti File System Hardisk External
  1. Pada isian File system pilih NTFS bila hardisk secara ekslusif akan digunakan pada Windows saja, dan pilih exFAT kalau akan dipakai secara bersamaan di OS Windows dan Mac OS

Nah demikian cara perbaikan hardisk external tidak terbaca, jika kebetulan hardisk external masih garansi maka seharusnya dicoba untuk klaim garansi, namun demikian tetap tidak ada garansi data yang tersimpan mampu diselamatkan.

0 Response to "[Solusi Fix] Hardisk External Tidak Terbaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel