Rangkaian Dadu Elektronik Dengan Led 7 Segmen

Rangkaian dadu elektro ini benar benar rangkaian yang unik alasannya memang bisa dengan efektif mengambil alih fungsi dadu bahwasanya. Dan yang lebih baik lagi dari rangkaian led ini yakni digunakannya seven segment yang membuat rangkaian ini menawarkan angka hasil dadu elektronika bila tombol ditekan.

Rangkaian Dadu Elektronik

Sebelumnya mungkin banyak yang belum tahu apa itu seven segment / 7 segment, Seven Segment ialah komponen berbentuksegmen yang dipakai biar mampu menampilkan angka.

Komponen Seven segment ini biasa digunakan dalam dunia digital. Contoh penggunaanya sendiri misal pada penunjuk antrian, jam digital, dan termometer digital. Fungsi sesungguhnya ialah untuk menampilkan info secara visual perihal proses data yang terjadi di rangkaian digital.

Seven Segment disusun dari 7 LED yg berupa angka 8 dengan satu dot point. Pada satu kaki seven segment ini merupakan kaki negatifnya. Berikut gambar seven segmen ini :

LED seven segment
LED Seven Segment

Rangkaian Dadu Elektronik

Lanjut ke rangkaian dadu elektronika, rangkaian ini menggunakan IC 555 dan 4026 sebagai jantung rangkaiannya. Juga kecepatan tampilnya LED sebenarnya bisa dikontrol tetapi sayangnya pada rangkaian tidak ditawarkan. Berikut adalah daftar komponen yang dibutuhkan untuk rangkaian dadu elektro :

  1. IC NE 555
  2. IC Logic/ TTL 4026
  3. Seven segment dengan common katoda
  4. 2 Saklar- push ON, push OFF
  5. Resistor 10k (3x)
  6. Resistor 100k (1x)
  7. Capacitor 1uF (1x)
  8. Capacitor 22uF (1x)

Bila memang ingin menertibkan kecepatan tampilnya LED bisa dengan cara merubah nilai Resistor 10K yang lokasinya terhubung dengan pin 2 dan 6 IC multivibrator 555. 

Berikut yakni gambar rangkaian dadu elektro ini :

rangkaian dadu elektronik ic 555
Rangkaian Dadu Elektronik dengan LED 7 Segmen

Cara Kerja Rangkaian

Rangkaian ini cukup sederhana, cara kerja sirkut ini pada pin 15 digunakan untuk me-reset counter dengan switch push button. Selain IC 4026 selaku IC utama interface ke seven segment, dipakai juga IC 555 untuk menyediakan sinyal clock setiap push button ditekan, oleh alasannya itu IC ini melakukan pekerjaan Multivibrator monostable.

Pada rangkaian juga terdapat sirkuit RC ialah kapasitor 22 uF dan resistor 100K Ohm pada pin clock (1) IC 4026 sehingga counter hanya mengkalkulasikan satu sinyal clock saat push button ditekan.

Kekurangan dari rangkaian ini adalah mungkin saja display dadu elektronik menampilkan dua hitungan dalam satu kali pementingan push botton yang disebabkan oleh noise rangkaian maupun oleh imbas bouncing saklar push button.

0 Response to "Rangkaian Dadu Elektronik Dengan Led 7 Segmen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel