Pengertian Seven Segment Fungsi, Jenis, Dan Cara Kerjanya

Pernah menyaksikan angka-angka pada perangkat kalkulator? Nah, angka-angka tersebut, umumdisebut dengan seven segment, atau 7 segment. Selain pada kalkulator, alat ini juga sering dipakai pada alat-alat elektronika yang lain. Nah, di sini, kami akan menerangkan fungsi, dan pengertiannya secara detail.

Daftar Isi :

Pengertian Seven Segment

Pengertian Seven segment yakni bab-bab untuk memperlihatkan angka maupun bilangan desimal. Disebut selaku seven segment, karena mempunyai 7 batang LED yang tersusun membentuk angka 8. 

Baca juga : Light Emitting Diode / LED

pengertian seven segment

Selain itu, LED tersebut juga mampu digunakan untuk memperlihatkan karakter A-F yang disebut juga dengan perumpamaan DOT Matriks.

Masing-masing segmen biasanya berisikan 1 sampai 2 Light Emitting Dioda (LED).  Nantinya, bagian-bagian segmen tersebut mampu membentuk angka-angka desimal dan beberapa macam bentuk tertentu.

Ketika seven segment display dinyalakan beberapa bagiannya, maka akan ditampilkan beberapa digit angka mulai dari 0 hingga 9. Selain itu, juga bisa membentuk abjad A hingga F dalam bentuk yang dimodifikasi.

Fungsi Seven Segment

Di atas bantu-membantu sudah ada sedikit gambaran terkait fungsi seven segment. Nah, di pembahasan ini, akan dijelaskan secara detail terkait fungsi seven segment pada beberapa alat. 

Fungsi Seven Segment

Seven segment yaitu alat yang cukup terkenal. Fungsinya sendiri cukup populer alasannya adalah sering dipakai pada alat-alat digital yang ada pada kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa pengaplikasian fungsi 7 segment yang gampang kita dapatkan:

1. Kalkulator

Kalkulator adalah alat yang senantiasa memakai seven segment display. Bahkan, dalam sebuah aplikasi kalkulator pada gadget pun, ciri khas dari 7 segment ini tetap ada.

2. Jam Digital

Hingga ketika ini, jenis jam digital masih tetap memakai komponen seven segment sebagai penunjuk waktu. Maka tak heran jikalau jenis angka pada jam digital identik dengan kalkulator.

3. Papan Score

Pada program olahraga maupun berbagai event pertarungan, papan skor digital yang biasa dipakai umumnya menggunakan unsur 7 segment. Namun, ukurannya jauh lebih besar.

Selain alat-alat di atas, masih banyak alat lain yang memakai komponen tersebut. Umumnya jenis alat-alat digital yang dipakai untuk memperlihatkan atau memperlihatkan angka.

Jenis-Jenis Seven Segment

Ada dua jenis 7 segment yang biasa dikenal. Berikut klarifikasi terkait kedua jenis tersebut :

1. Jenis Common Katoda

Tipe yang pertama ini, yakni jenis pin yang terhubung pada kaki katoda LED. 7 segment pada tipe common katoda, lazimnya akan aktif pada nalar (1), atau disebut juga dengan aktif high.

Kaki katoda dari a-h, akan dipakai selaku arahan untuk mengaktifkan yang dapat menetapkan nyala LED.

Seven Segment common katoda

2. Common Anoda

Tipe ini, ialah suatu pin yang terhubung dengan kaki anoda LED di dalam perangkat 7 segment. Nantinya, common anoda akan menerima tegangan VCC lalu 7 segment dengan common anoda pun akan aktif pada dikala diberi logika rendah (0), atau yang biasa juga disebut dengan aktif low.

Di sisi lain, kaki anoda dengan merk a-h, berfungsi sebagai aktivitas yang dapat menentukan LED menyala.

Seven Segment common anoda

Cara Kerja Seven Segment

Jika kita amati, komponen ini mempunyai penampilan yang sederhana. Begitu juga dengan cara kerja seven segment yang bekerjsama tidaklah rumit. 

Seven segment merupakan inputan bilangan biner pada switch. Kemudian, di-switch ke dalam decoder. Lalu, decoder tersebut akan mengonversi bilangan biner tersebut ke dalam jenis bilangan desimal.

blok diagram cara kerja seven segment

Nah, bilangan desimal tersebut, nantinya akan ditampilkan pada layar 7 segment. Fungsi dari decoder itu sendiri ialah selaku pengonversi bilangan biner menjadi desimal.

Untuk lebih lanjut, sederhananya cara kerja seven segment yakni sebagai berikut:

  1. Agar seven segment mampu menyala, harus diberi akal 1 pada tipe atau jenis common katoda, serta menunjukkan nalar 0 untuk jenis common anoda.
  2. Untuk memperlihatkan data dari input biner, maka dibutuhkan decoder biner ke 7 segment.
  3. Jika ingin memunculkan angka 0, maka bab A, B, C, D, E, F, mesti dihidupkan apalagi dahulu.

Untuk membuat lebih mudah pengertian cara kerja seven segment, berikut terdapat dasar teori seven segment sederhana yang digambarkan dengan rangkaian driver/ decoder dari 4 bit ke 8 bit :

Cara Kerja Seven Segment

Rangkaian seven segment

Pada acuan gambar prinsip kerja seven segment memakai IC logic driver 7446 yang mau mengendalikan LED seven segment sesuai input dari pin ABCD yang merupakan sinyal BCD 4 bit yang mau diubah menjadi bentuk 8 bit ( angka desimal ).

tabel konversi seven segment

Sesuai tabel konversi diatas, contohnya bila input BCD yang diberikan yakni “0001” maka output akan tampil angka “1” pada LED seven segment.

Seven Segment Arduino

Arduino Uno yaitu produk yang masih satu keluarga dengan arduino. Perangkat tersebut memiliki suatu papan elektronika yang terdapat mikrokontroler ATMega 328. IC mikrokontroler pada perangkat ini, ialah jenis ic yang berfungsi seperti dengan komputer. Karena, ic tersebut memiliki CPU, ROM, dan RAM.

Seven Segment Arduino

Nah, perangkat Arduino Uno tersebut, bisa digunakan untuk mengakses 7 segment. Namun, sebelum mengaksesnya, pertama-tama Anda harus merencanakan beberapa materi berikut terlebih dulu:

  1. Arduino Uno
  2. Seven segment tipe katoda
  3. Kabel jumper
  4. Komputer dan Software IDE Arduino

Setelah semua materi tersebut disiapkan, barulah Anda mampu mengakses modul seven segment dengan menghubungkan bagan rangkaian antara 7 segment dengan arduino yang tentunya diperlukan juga program seven segment arduino. Arduino seven segment tidak ada bedanya dengan seven segment kebanyakan, cuma berlawanan pada peng-aplikasiannya saja.

Mengenal Penyusun-Penyusun dari Common

Common pada seven segment mempunyai beberapa bab penyusun. Untuk lebih jelasnya, berikut kami paparkan apa saja penyusunnya:

1. Demultiplexer

Rangkaian demultiplexer, merupakan variasi yang memiliki satu input dan memiliki banyak output. Rangkaian yang satu ini, dapat menghasilkan output high (1) pada jalur yang telah ditunjukkan oleh selector.

2. Decoder

Alat ini difungsikan untuk mengganti atau mengonversi input bilangan biner semoga mampu menjadi desimal.

3. Multiplexer

Rangkaian multiplexer ialah kebalikan dari demultiplexer. Multiplexer yaitu rangkaian variasi dengan output yang memiliki logika sama dengan jalur input yang ditunjuk pada selector.

Multiplexer yaitu sebuah rangkaian yang mempunyai banyak input dan hanya memiliki satu output saja. Cara kerjanya seperti dengan saklar.

4. Encoder

Alat pada common ini, memiliki fungsi untuk mengganti atau mengonversi input bilangan desimal menjadi biner.

Itulah penjelasan lengkap terkait apa itu pemahaman seven segment, fungsi dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan Anda. 

0 Response to "Pengertian Seven Segment Fungsi, Jenis, Dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel