Laptop Tidak Mampu Ngecas ? Ini Ia 4 Solusinya

Jika anda mengalami laptop tidak mampu ngecas jangan dahulu buru buru mengganti baterai atau memperbaiki ke service center karena bisa jadi dengan melaksanakan beberapa tips cara menangani laptop yang tidak mampu ngecas dibawah ini, laptop anda bisa kembali normal.

solusi laptop tidak bisa ngecas

Biasanya masalah seperti ini kebanyakan terjadi pada laptop dengan OS Windows 10.

Kerusakan laptop tidak mampu ngecas juga bisa terjadi pada semua laptop dan penyebabnya mampu dari IC charger/ IC power pada laptop tetapi mampu juga disebabkan oleh unit charger yang telah rusak meskipun masih mampu memperlihatkan daya untuk laptop menyala normal, yang mengakibatkan baterai laptop tidak bisa penuh.

Baca juga : Cara Cek RAM Laptop

Sebelum melangkah ke pengecekan cara mengatasi laptop yang tidak mampu ngecas, pastikan dulu troubleshooting dasar dibawah ini telah dikerjakan :

  1. Cek steker dan kelistrikan untuk laptop
  2. Cek kabel charger, alasannya biasanya kabel dari charger ke laptop ukurannya kecil dan jika sering ditekuk ada kemungkinan kabel putus di bab dalam
  3. Restart/Shutdown Laptop
  4. Cabut dan pasang kembali baterai

Jika langkah langkah diatas sudah dikerjakan tetapi masih nihil coba kerjakan beberapa tips yang bisa dijalankan pada saat notebook anda tidak mampu ngecas dibawah ini :

Daftar Isi :

Cek Setting UEFI/ BIOS Pada Laptop

Jika laptop anda gres dan muncul notifikasi not charging maka kemungkinan ini bukanlah suatu kerusakan, namun justru ini yakni fitur yang justru berfungsi memperpanjang umur penggunaan baterai sehingga lebih kekal.

Baca juga : Thermal Paste Laptop Terbaik

Notifikasi yang timbul umumnya adalah “Plugged in, not charging” tapi keadaan baterai bisanya telah melampaui 90%. Salah satu laptop yang memakai fitur ini contohnya Lenovo yang mempunyai fitur Battery charge treshold yang fungsinya untuk membatasi biar charging tidak mencapai 100% dimana menurut produsennya tata cara ini mampu menciptakan baterai lebih kekal.

Fitur battery threshold menghalangi baterai laptop terisi sarat semoga memperpanjang umur baterai

laptop tidak bisa ngecas cek bios

Coba cek setting pada setting UEFI/ BIOS umumnya terdapat opsi battery treshold/ Best Battery Health atau Battery Runtime. Pada opsi battery runtime maka proses charging normal sampai 100%.

Jika pilihan battery treshold ini disetting maka baterai laptop tidak bisa penuh umumnya terjadi pada notebook dengan OS Windows 10.

Cek Baterai Laptop Rusak

Baterai laptop plugged in charging tetapi tidak mengisi adalah salah satu ciri terjadi kerusakan pada baterai. Pada kebanyakan laptop umumnya terdapat fitur pada BIOS untuk menganalisa kesehatan baterai, anda mampu cek cara masuk mode BIOS pada laptop kemudian cari fitur battery health, misalnya seperti pada laptop DELL dibawah ini :

cek baterai laptop tidak bisa ngecas

Baterai laptop memiliki umur penggunaan yang sungguh tergantung pada berbagai aspek misalnya penggunaan, dan kondisi kelistrikan di rumah. Penurunan daya pada baterai merupakan hal yang lumrah dan jikalau telah terjadi kerusakan mau tidak mau mesti dilakukan penggantian.

Lebih mudah lagi jikalau pada laptop telah terdapat notifikasi pada dikala pertama dinyalakan/ saat booting seperti gambar dibawah. Jika perayaan ini sudah timbul maka baterai telah harus diganti.

Biasanya umur baterai dengan penggunaan kegiatan rutin sehari hari untuk pengolahan dokumen bisa bertahan 3-5 tahun sampai karenanya baterai laptop charging tetapi tidak mengisi.

Baca juga: Cara Membuat Rangkaian Charger Aki Otomatis

Sebagai isu, lazimnya baterai laptop tidak masuk garansi sehingga kalau akan dikerjakan penggantian di service center kemungkinan akan dikenakan biaya.

Baterai Laptop tidak bisa sarat Windows 10

Bagi anda yang mengalami kerusakan laptop tidak bisa penuh pada windows 10 maka kemungkinan ini diakibatkan persoalan dari OS windows 10 itu sendiri karena ternyata banyak juga yang mengeluhkan hal yang sama pada metode operasi Windows 10.

Baca juga : Thermal Paste Laptop Terbaik

Penyebabnya ialah pada power management Windows 10 yang terkadang tidak cocok sehingga windows mematikan pengisian baterai. Tetapi jangan khawatir alasannya adalah ini hanya kerusakan software dan bisa diperbaiki dengan langkah dibawah ini:

  1. Buka device manager dengan cara klik kanan pada ikon start (pojok sebelah kiri) lalu pilih device manager
  2. Pilih pada hidangan Batteries
  3. Klik kanan “Microsoft ACPI-compliant Control Method Battery” kemudian pilih uninstall.
Baterai Laptop tidak tiba penuh Windows 10
  1. Akan timbul notifikasi warning untuk proses uninstall driver ACPI ini, klik OK dan tidak perlu cemas sebab saat laptop direstart akan auto install driver yang sudah tersimpan
  2. Matikan laptop dengan shutdown seperti biasa
  3. Lepaskan baterai, mungkin untuk laptop Baterai tanam akan cukup sulit namun diminta untuk tetap melepas baterai
  4. Tekan dan tahan power button laptop selama 60 detik
  5. Pasang kembali baterai laptop
  6. Nyalakan laptop mirip umumdan lihat apakah baterai laptop tidak bisa penuh windows 10 masih terjadi.

Kontak pada Terminal Baterai kotor

Penyebab yang satu ini jarang terjadi namun tidak ada salahnya untuk dicoba, kerusakan plugged in not charging windows 10 atau baterai laptop charging tapi tidak mengisi mampu disebabkan terminal baterai atau mampu juga terminal pada soket baterai pada laptop yang kotor.

Jika laptop anda adalah baterai dengan tipe yang bisa dilepas coba buka baterai dan bersihkan terminal baterai dengan menggunakan alkohol.

baterai laptop charging tapi tidak mengisi

Sedangkan bila kerusakan yang terjadi adalah laptop baterai tanam tidak mampu dicas maka lebih sukar sebab mesti membuka casing laptop yang padahal mungkin saja masih terdapat stiker garansi yang masih berlaku. Jika mirip demikian maka hanya bisa dikerjakan perbaikan secara software saja.

Demikian artikel tentang cara menangani laptop yang tidak bisa ngecas agar bisa bermanfaat.

0 Response to "Laptop Tidak Mampu Ngecas ? Ini Ia 4 Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel