Instalasi Listrik Rumah Tangga

Instalasi Listrik Rumah Tangga penting untuk dijadwalkan, diperhitungkan serta dijalankan proses instalasi dengan baik biar hasil instalasi tetap rapi, fungsional dengan tidak mengesampingkan aspek keselamatan penghuni rumah.

Instalasi Listrik Rumah Tangga

Secara sederhana tiap bangunan minimal terdapat 1 MCB untuk pengaman kelistrikan dari terjadinya kelebihan beban yang mampu mengakibatkan korsleting listrik. Banyak terjadi kasus kebakaran yang disebabkan pemasangan instalasi listrik yang kurang baik, sambungan longgar maupun adanya kesalahan penyambungan.

Baca juga : Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mencegahnya

Untuk dimengerti bahwa pemasangan sumber listrik yaitu peran PLN, sedangkan instalasi kelistrikan sampai ke per titik nya sepenuhnya ialah tanggung jawab pemilik rumah. Disinilah pentingnya faedah instalasi listrik rumah tangga yang bagus.

Instalasi sumber listrik yakni peran PLN, sedangkan instalasi kelistrikan hingga ke per titik nya sepenuhnya merupakan tanggung jawab pemilik rumah

Daftar Isi :

Pengertian Instalasi Listrik Rumah Tangga

Instalasi listrik rumah tangga ialah sistem rangkaian kelistrikan yang dipakai untuk menyalurkan daya listrik ke perlengkapan listrik untuk menunjang ketentraman aktifitas rumah tangga sehari hari. Secara garis besar mampu dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Instalasi pencahayaan listrik, yaitu tata cara kelistrikan untuk memberikan daya listrik pada lampu dan ialah fungsi utama listrik karena pada keadaan gelap akan sukar untuk mengidentifikasi objek di dalam rumah.
  2. Instalasi daya listrik, ialah instalasi kelistrikan yang mau dipakai untuk suplai listrik selain lampu mirip kulkas, televisi, mesin cuci dan lain-lain.

Instalasi listrik rumah tangga harus benar benar direncanakan dan tidak mampu dilakukan secara asal-asalan alasannya sungguh berhubungan dengan kenyamanan penghuni, dan lebih penting lagi bekerjasama dengan keselamatan penghuni.

Instalasi listrik juga dibuat dengan kelayakan teknis sesuai dengan PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) yang mengoptimalkan fungsi dengan tidak menghemat estetika bangunan rumah.

Diagram Instalasi Listrik Rumah Tangga

Sebelum dijalankan proses instalasi listrik di rumah tinggal maka harus dibuatkan apalagi dulu diagram instalasi listrik rumah tangga yang berdasarkan pada sketsa bangunan yang tentunya mesti terang, gampang dimengerti dan dibaca biar mempermudah instalatir dalam memahami ajaran listrik dan pada proses penyambungan kabelnya terlebih untuk instalasi listrik rumah 2 lantai yang secara perkabelan lebih rumit.

Pada diagram kelistrikan ini sudah terdapat standar, dan lazimnya terdapat 3 jenis gambar yaitu :

1. Gambar Situasi

Gambar suasana fungsinya untuk menjelaskan letak posisi bangunan yang mau dikerjakan instalasi serta penyambungan dengan jaringan listrik PLN terdekat. Pada gambar ini diterangkan juga alamat lengkap dan jarak ke sumber listrik terdekat.

instalasi listrik rumah tangga - gambar situasi

2. Gambar Diagram Garis Tunggal dan Garis Ganda

Gambar diagram garis tunggal atau disebut juga Single Line Diagram yaitu gambar perencanaan yang menjelaskan sambungan dari sumber listrik bisa dari PLN maupun berupa generator yakni mulai dari kWh meter hingga ke peralatan listrik. Gambar ini dipakai pada proyek instalasi rumah tinggal hingga pada instalasi kelistrikan gedung.

Sesuai dengan namanya, pada gambar ini jalur kelistrikan diringkas menjadi satu kabel saja walaupun pada instalasi bantu-membantu terdapat 3 fasa (R, S dan T).

instalasi listrik rumah tangga - diagram garis tunggal

Karena hanya berisikan satu garis, maka untuk membedakan jenis pemikiran listrik nya apakah itu fasa, netral atau ground disimbolkan dengan warna. Garis miring warna merah bermakna kabel fasa, Garis miring warna biru memiliki arti netral sedangkan garis miring warna hijau adalah ground. Pada gambar ini juga dijelaskan metode grounding nya.

Sedangkan diagram garis ganda yakni gambar pelaksanaan, pada gambar ini kabel fasa dan netral dibentuk selaku garis terpisah

instalasi listrik rumah tangga - diagram garis ganda

3. Gambar Detail

Gambar detail yakni perincian dan informasi pada seluruh instalasi kelistrikan yang mau dipasang, pada gambar ini terdapat :

  1. Perkiraan ukuran panel PHB (Panel Hubung Bagi)
  2. Cara pemasangan beban listrik
  3. Cara instalasi pemasangan kabel
  4. Cara kerja instalasi kendali kelistrikan

Harga Instalasi Listrik Rumah Tangga

Biaya instalasi listrik rumah tangga terdapat 2 bagian utama yaitu ongkos penyambungan kWh meter oleh pihak PLN dan biaya pemasangan instalasi kabel rumah umumnya dijalankan oleh jasa instalasi oleh instalatir sesuai dengan gambar diagram instalasi.

Baca juga : Harga Kabel Listrik untuk Instalasi Rumah

Untuk mengenali ongkos pemasangan listrik oleh PLN anda bisa melakukan simulasi di situs web resmi PLN sehingga lebih memudahkan dalam mempersiapkan budget untuk instalasi listrik.

Sedangkan untuk instalasi kelistrikan mampu memakai jasa instalasi yang umumnya menggunakan perhitungan ongkos per titik dengan ongkos yang bervariasi tergantung dari kualitas alat yang dipasang ditambah biaya ongkos tukang yang besarnya beraneka ragam tergantung lokasi. Pilih tukang listrik profesional yang bisa memperhitungkan aspek fungsi, efisiensi, estetika serta yang terpenting keamanan supaya tenteram dalam penggunaan

Berapa biaya/ harga instalasi listrik rumah ?

Besarnya ongkos instalasi listrik yang diharapkan tergantung dari jenis instalasinya apakah perkiraan dengan material atau perhitungan non material. Untuk yang tak mauribet bisa menentukan jasa instalasi listrik dengan material dengan kerugian tidak bisa memilih mutu alat yang dipakai.

Sedangkan untuk instalasi listrik non material, mampu berbelanja sendiri alat kelistrikan yang diharapkan tentunya harus sedikit memiliki wawasan perihal listrik alasannya adalah penyeleksian mirip jenis stop kontak, ukuran kabel NYA, MCB pelengkap pasti harus sesuai dengan tolok ukur keamanan.

Baca juga : Fungsi MCB

Berikut ini yaitu tabel biaya/ harga instalasi listrik rumah tangga selengkapnya :

Biaya Instalasi Listrik Rumah Dengan Material

Jenis InstalasiSatuanBiaya Instalasi
Pasang stop kontaktitikRp. 155.000
Pasang stop kontak untuk ACtitikRp. 280.000
Pasang stop kontak water heatertitikRp. 280.000
Instalasi listrik lamputitikRp. 160.000
Instalasi listrik lampu tamantitikRp. 270.000
Instalasi listrik kabel antena TVtitikRp. 240.000
Instalasi listrik radar pompa airtitikRp. 250.000
Instalasi listrik panel MCB listrikunitRp. 220.000
Instalasi listrik MCBunitRp. 240.000

Biaya Instalasi Listrik Rumah Non-Material

Jenis InstalasiSatuanBiaya Instalasi
Instalasi listrik rumahtitikRp. 55.000
Pasang panel MCB listrikunitRp. 55.000
Pasang MCBtitikRp. 255.000
Pasang stop kontaktitikRp. 55.000
Pasang stop kontak ACtitikRp. 80.000
Pasang stop kontak water heatertitikRp. 75.000
Pasang lamputitikRp. 65.000
Pasang lampu tamantitikRp. 95.000
Pasang radar pompa airtitikRp. 85.000
Pasang lampu fitting plafontitikRp. 45.000
Pasang lampu gantungtitikRp. 45.000
Pasang lampu dindingtitikRp. 100.000
Pasang lampu neontitikRp. 120.000
Pasang lampu downlighttitikRp. 100.000
Pasang lampu halogentitikRp. 110.000
Pasang lampu sorottitikRp. 150.000
Pasang kipas angin gantungtitikRp. 150.000
Pasang kabel antena TVtitikRp. 75.000
Pasang kabel indukmeterRp. 110.000
Pasang exhaust fan dinding/plafontitikRp. 125.000
Pasang panel box optimal 15 gruptitikRp. 150.000
Bobok stop kontaktitikRp. 30.000
Bobok saklar singletitikRp. 25.000
Bobok saklar serititikRp. 25.000
Bobok outlet telepontitikRp. 30.000
Bobok outlet antenatitikRp. 30.000
Bobok outlet MCBtitikRp. 55.000

Simbol Instalasi Listrik Rumah Tangga

Untuk melakukan perencanaan instalasi listrik di rumah tentunya digambarkan dengan simbol listrik yang telah terdapat persyaratan nya, meskipun mampu saja pekerjaan instalasi memakai jasa instalasi listrik rumah tangga tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui arti dari simbol instalasi listrik rumah tangga untuk memudahkan pemeliharaan kedepannya

Simbol Instalasi Listrik Rumah Tangga
simbol listrik dan fungsinya
sumber gambar : http://hobbytekniklistrik.blogspot.com/

0 Response to "Instalasi Listrik Rumah Tangga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel