Fungsi Hardisk Dan Cara Cek Performanya

Fungsi hardisk pada perangkat komputer sangat penting bahkan menjadi salah satu komponen pada komputer yang wajib dan tanpa adanya bagian ini maka bisa dipastikan komputer tidak akan berlangsung dengan baik.

fungsi hardisk

Ada macam macam jenis hardisk dan tool pengecekan hardisk yang sering digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada hardisk, berikut dibawah ini ialah klarifikasi selengkapnya :

Daftar Isi :

Fungsi Hardisk pada Laptop dan Komputer

Fungsi hardisk yang paling utama adalah selaku media penyimpanan data dan sering disebut juga permanent storage, data ini mampu berupa data OS, file dokumen, gambar dan lainnya. Jenis hardisk yang dipakai pada perangkat ini yaitu hardisk internal. Kegunaan hardisk sangat penting, sama pentingnya dengan fungsi processor pada suatu komputer.

Fungsi Hardisk pada Laptop dan Komputer

Untuk Menyimpan Data Operating System

Tanpa operating system atau OS, komputer tidak akan berlangsung dengan normal baik itu Windows, Mac OS ataupun Linux. Biasanya Operating System diinstall pada partisi yang terpisah dengan file dokumen milik pengguna biar file OS ini tidak terhapus dan bisa mengganggu kinerja komputer. Umumnya drive untuk OS disimpan pada drive C dengan label OS atau Local Disk seperti gambar diatas.

Pada drive untuk OS ini terdapat MBR atau master boot record yang berfungsi untuk booting saat pertama komputer dinyalakan, bila MBR ini rusak atau korup mampu menjadikan tidak mampu booting atau komputer cuma tampil blank hitam saja. Drive untuk MBR ini biasanya disebut dengan drive System Reserved dengan penampilan dihidden sehingga memang tidak terlihat pada explorer.

Untuk Menyimpan Data Software

Fungsi hardisk selanjutnya yakni selaku penyimpanan data software atau aplikasi yang terinstall pada komputer atau laptop, umumnya file software ini diinstall pada drive atau partisi hardisk yang sama dengan file OS, bila pada windows pada file ini disimpan pada drive C.

Ukuran kapasitas hardisk yang digunakan harus menyesuaikan aplikasi yang hendak diinstall, semakin berat dan semakin kompleks fungsinya maka kapasitas hardisk yang dibutuhkan juga makin besar. Pada drive C ini juga harus ditawarkan space yang cukup sebab jika space kurang memadai maka akan cukup besar lengan berkuasa pada tampilan PC.

Untuk Menyimpan File Pengguna

Hardisk juga dipakai untuk menyimpan data milik pengguna yang bisa berbentukfile dokumen, gambar maupun video dengan ekstensi file .doc, docx, .mp3, .mp4, .avi.

Untuk menyimpan file pengguna ini biasanya dibuatkan partisi drive yang terpisah ialah pada drive D, ukuran drive D bisa jadi lebih besar dikarenakan banyaknya data yang mesti disimpan. Sebaiknya kebutuhan kapasitas hardisk telah diantisipasi sejak permulaan, jikalau data yang disimpan lumayan banyak lebih baik berbelanja hardisk dengan kapasitas yang besar alasannya proses upgrade kapasitas hardisk cukup sulit.

Fungsi Hardisk Eksternal

Saat ini hardisk eksternal sungguh populer daripada flashdisk, tentunya ini disebabkan kapasitas flashdisk yang cukup kecil sehingga tidak mampu menyimpan data yang lebih banyak. Oleh karena itulah dipakai juga hardisk eksternal yang sebenarnya secara kapasitas sama dengan hardisk internal dengan opsi kapasitas mulai dari ratusan gigabyte sampai terabyte.

fungsi hardisk eksternal

Fungsi hardisk eksternal sering dijadikan sebagai backup data alasannya kapasitasnya yang besar sehingga bisa berfungsi sebagai cadangan data bila ketika waktu komputer rusak.

Cara Mengecek Performa Hardisk

Seiring waktu penggunaan hardisk maka performa pasti akan menurun, pada OS utamanya windows bahwasanya telah terdapat tool untuk mengembalikan tampilan menjadi lebih baik selain itu juga terdapat tool yang umum dipakai untuk pengecekan hardisk, berikut beberapa diantaranya :

Fungsi Defrag Hardisk

Mungkin kita pernah mendengar perumpamaan disk defragmentation yang dipercaya mampu menciptakan komputer menjadi lebih cepat ? Sesuai dengan namanya, disk defragmentation yakni mengumpulkan data yang berceceran yang disimpan pada sector yang terpisah menjadi dikumpulkan pada kawasan yang serupa atau bersahabat.

Kenapa hardisk perlu defrag ? pada hardisk tipe cakram, data ditulis pada blok atau sector yang berlawanan setiap kali menulis data yang baru sesuai dengan urutan perintah operating system sehingga data menjadi terpecah pecah berceceran menjadi beberapa bagian dan untuk membaca data ini pastinya memerlukan proses yang lebih lama.

fungsi defrag hardisk

Dengan ada defrag maka blok data yang sudah dibentuk tadi akan diurutkan kembali sehingga proses pembacaan data menjadi lebih singkat. Namun pada user OS Windows 10 dan pengguna SSD, proses defrag ini tidak perlu dilakukan alasannya pada Windows 10, fungsi defrag hardisk ini telah dijalankan secara otomatis dan bersiklus.

Demikian juga jikalau komputer atau laptop telah memakai SSD, tidak perlu melakukan defrag karena pada SSD, penulisan data tidak dikerjakan dengan contoh berputar mirip halnya hardisk konvensional sehingga data yang baru tidak tumpang tindih dengan data lama.

Fungsi Hardisk Sentinel

Hardisk Sentinel yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memeriksa tampilan hardisk secara keseluruhan dengan metode S.M.A.R.T (Self-Monitoring Analisis and reporting Technology) ialah :

  1. Menemukan kerusakan
  2. Menguji tampilan hardisk
  3. Mendiagnosa kerusakan hardisk
  4. Memperbaiki kerusakan hardisk
fungsi hardisk sentinel

Dengan memakai software ini maka gejala kerusakan pada bagian hardisk akan lebih gampang untuk diketahui alasannya adalah hasil pengecekan ditampilkan secara lengkap. Selain untuk memeriksa hardisk konvensional, fungsi hardisk sentinel juga bisa digunakan pada pengecekan fungsi SSD, SSHD dan flashdisk.

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, bisa download hardisk sentinel gratis dari web resmi melalui link ini, walaupun model trial namun cukup untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan pada hardisk atau tidak.

Demikian postingan kali ini wacana apa fungsi hardisk dan bagaimana cara cek performanya semoga bermanfaat.

0 Response to "Fungsi Hardisk Dan Cara Cek Performanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel