Cara Servis Monitor Samsung Mati Total

Monitor Samsung jenis CRT masih banyak dipakai untuk kebutuhan sehari hari dan samsung monitor type 591s ialah salah satu favorit saya alasannya adalah mampu menciptakan gambar yang lembut sehingga tidak membuat mata lelah. Selain itu layar yang dipakai juga ialah layar datar sehingga tidak terlampau ketinggalan jaman :).

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kerusakan pada monitor ini, setiap dinyalakan selalu short dan mematikan MCB PLN di rumah aku. Analisa pertama aku tentu saja kerusakan mirip ini disebabkan bagian power supply. Pertama tama tentu saja kita harus membuka terlebuh dulu casing monitor.

Cara servis monitor samsung mati total ini pertama tama pastinya harus membuka casingnya dahulu sehabis membuka baut di bawah kita juga harus menekan kuncian yang letaknya berada di atas layar crt. Gunakan Obeng (-) untuk memudahkan bab ini.

servis monitor samsung 591s

Setelah case terbuka saya lihat bab powernya tidak ada kerusakan fisik yang mencurigakan tetapi saya mendapati fuse telah dalam kondisi putus.

Segera aku ganti dengan fuse baru dan lalu menjajal menyalakan lagi monitor ini namun ternyata fuse tersebut putus lagi yang bermakna terdapat kerusakan di bagian power supply nya.

Bagian yang bisa membuat short adalah diode bridge sisir yang berfungsi menciptakan arus AC menjadi DC, bagi yang belum tahu berikut bentuknya :

dioda-bridge-monitor

Tapi setelah dibuka ternyata aku ukur wajar normal saja dan memang sesungguhnya unsur ini jarang rusak juga. Walaupun begitu ketika saya cek short tidaknya rangkaian dengan multimeter, masih terdeteksi short. Kecurigaan saya mengarah ke STR DP904C yang berbentuk sisir yang tak lain berfungsi selaku switching rangkaian.

Pada ketika saya menggantung kaki kaki komponen STR tersebut ternyata short pada rangkaian sudah hilang.

STR DP904C short

Dan sesudah aku ganti komponen ini…. monitor samsung saya pun kembali wajar ..

monitor samsung berfungsi normal

0 Response to "Cara Servis Monitor Samsung Mati Total"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel