Kabel Nya: Pemahaman, Harga Dan Ukuran

Jenis kabel NYA ialah salah satu kabel yang paling dipakai di instalasi rumah maupun industri dengan skala kecil sebab harganya yang terjangkau dan sungguh gampang dalam instalasinya karena hanya berisikan kawat inti tunggal sehingga mudah dalam penarikan kabel saat pemasangan instalasi listrik rumah.

Instalasi listrik di rumah sendiri juga terbagi menjadi 2 yakni :

  1. Instalasi penerangan listrik, ialah semua instalasi jalur listrik PLN yang ditujukan untuk lampu lampu penerangan
  2. Instalasi daya listrik, yaitu instalasi kabel listrik untuk digunakan pada alat alat listrik elektronik rumah tangga sehingga dalam instalasi nya banyak dihubungkan ke stop kontak / colokan listrik. Jenis kabel NYA mampu dipakai untuk penerangan maupun untuk instalasi daya listrik.

Secara lazim kabel listrik terdiri dari konduktor dan isolator, konduktor ialah inti kabel yang biasanya yang dibuat dari tembaga atau alumunium sedangkan isolator yaitu bahan pembungkus atau pelindung yang biasanya terbuat dari plastik PVC.

bentuk kabel NYA
Gambar kabel NYA

Memilih kabel untuk instalasi kelistrikan tidak mampu sembarangan alasannya jikalau penggunaan kabel tidak tepat bisa menimbulkan kabel listrik kelebihan beban yang menyebabkan panas berlebih pada permukaan kabel yang selanjutnya mampu mengakibatkan kebakaran.

Daftar Isi :

Pengertian Kabel NYA

Pada artikel sebelumnya wacana jenis kabel listrik, fungsi dan harganya sudah pernah dibahas wacana jenis kabel ini, pengertian Kabel NYA yakni jenis kabel listrik yang mempunyai inti tunggal dari bahan tembaga dengan ukuran penampang tertentu dengan pelindung isolasi materi PVC yang terdiri dari satu lapis. Bagi yang belum tahu kabel ini sering juga disebut sebagai kabel Engkel.

Kenapa disebut sebagai kabel NYA ? sebenarnya tidak ada kepanjangan kabel NYA sebab NYA yakni hanya membuktikan jumlah inti dan jenis isolatornya. Penamaan kabel mirip ini disebut dengan Nomenklatur kabel yang tujuannya untuk mempermudah dalam membedakan jenis kabel itu sendiri.

Berikut ini arti arahan kabel NYA :

  • Simbol N artinya jenis kabel penghantar dengan ini menggunakan tembaga
  • Simbol Y artinya kabel ini dilindungi dengan isolasi bahan plastik PVC
  • Simbol A menerangkan kabel dengan isolasi tunggal
arti kode kabel NYA
Kepanjangan kabel NYA

Dikarenakan kabel ini hanya terdiri satu lapis isolator maka relatif gampang mengalami kerusakan gampang cacat, digigit tikus serta tidak tahan dengan air sehingga tidak cocok untuk penggunaan kabel bawah tanah. Penggunaan kabel NYA untuk instalasi listrik mesti dipasang dengan pelindung perhiasan berbentukpipa conduit atau PVC tujuannya yakni agar kabel tidak gampang rusak misalnya saja karena menjadi sasaran gigitan tikus.

Selain itu pipa ini juga bermanfaat selaku pelindung semoga tidak tersentuh eksklusif jikalau isolator kabel terkelupas. Warna kabel NYA beragam tergantung tujuan penggunaanya

Ukuran Kabel NYA

Seperti yang kita pahami bahwa pemilihan kabel litrik untuk keperluan instalasi jaringan tidak bisa sembarangan sebab mampu berakibat fatal.

Ukuran penampang inti tembaga pada kabel sungguh memilih KHA ( kemampuan hantar arus ) suatu kabel yang tentu saja semakin besar ukuran penampang maka makin besar pula KHA nya.

Adapun untuk jenis kabel NYA di pasaran berisikan berbagai macam ukuran penampang, namun sebelum membeli jenis dan ukuran kabel yang hendak digunakan ada baiknya kita sudah tahu berapa kebutuhan arus yang akan dilewati oleh kabel

ukuran kabel NYA

Berdasarkan pengalaman teknisi berikut ini beberapa ukuran kabel yang kondusif digunakan beserta kapasitas arusnya :

  1. Kabel ukuran diameter 1,5 mm = 1300 Watt / 6A
  2. Kabel ukuran diameter 2,5 mm = 2500 Watt /10A-16A
  3. Kabel ukuran diameter 4 mm = 5000 Watt / 25A-32A
  4. Kabel ukuran diameter 6 mm = 7000 Watt / 32A-40A
  5. Kabel ukuran diameter 10mm = 10.000 Watt /50A-70A

Untuk lebih jelasnya bisa menyaksikan gambar tabel kesanggupan hantar arus / KHA dibawah ini :

tabel kha kabel listrik

Gambar Kabel NYA

Karena kabel NYA yaitu salah satu jenis kabel listrik yang paling banyak digunakan maka tentu saja banyak terdapat kombinasi dari bentuk maupun warna yang dipakai, namun mirip disampaikan diatas bahwa tetap saja kabel ini berinti tunggal dengan isolasi dari bahan PVC. Nah bagi yang belum tahu bentuk dari kabel NYA berikut seperti gambar ini bentuknya :

gambar kabel NYA
warna kabel NYA

Harga kabel NYA

Harga dari suatu kabel pastinya sungguh bergantung dari ukuran penampang karena semakin besar ukuran penampang kabel maka makin baik pula kesanggupan hantar arus listriknya. Kabel NYA sangat mudah ditemukan baik di toko elektro bahkan di toko besi selaku keperluan instalasi listrik rumah pun ada.

Berikut ini beberapa gosip harga kabel NYA per ketika postingan ini ditulis supaya gosip ini mampu berfaedah.

Spesifikasi Ukuran KabelHarga (Rp)
1,5 mm145.000
2,5 mm230.000
4 mm360.000
6 mm530.000
10 mm877.000

Untuk diketahui, kabel nya 2.5 mm yakni kabel yang lumayan banyak digunakan untuk instalasi rumah sebab kapasitas dayanya yang berkisar 2500 Watt sangat cocok dengan kapasitas daya listrik di rumahan.

0 Response to "Kabel Nya: Pemahaman, Harga Dan Ukuran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel