Ciri Ciri Flyback Rusak Pada Tv

Ciri ciri flyback rusak pada TV sungguh beragam sekali gejalanya sehingga untuk mengeceknya perlu dijalankan pemeriksaan fisik eksklusif di bagian tersebut juga dijalankan pengukuran di rangkaian / mesin TV.

Apa sih fungsi utama dari flyback ? komponen yang sebetulnya adalag suatu trafo ini fungsinya adalah untuk menghasilkan tegangan tinggi yang nantinya dipakai untuk anoda tabung gambar.

Tegangannya sendiri sangat tinggi berkisar 15kV hingga 25 kV tergantung ukuran layar. Yang perlu diamati sebelum berlanjut ke pengecekan flyback yaitu walaupun TV telah dimatikan namun pada flyback / tabung TV masih akan terdapat tegangan alasannya adalah terdapatnya lapisan Aquadag berupa konduktor pada tabung yang letaknya terdapat di dalam tabung TV.

Ciri flyback rusak pada TV

Aquadag ini membentuk seperti suatu kapasitor sehingga tabung TV masih mampu menyimpan listrik meskipun dimatikan.

Nah berikut ini beberapa rangkuman tentang ciri flyback rusak pada TV yang sering dijumpai

  1. Lilitan Flyback short, seperti diinfokan diatas bahwa FBT merupakan sebuah trafo sehingga tentu saja memiliki lilitan atau coil. Jika lilitan ini terdapat short atau korslet dibagian dalam FBT mampu menjadikan beberapa gejala pada TV seperti dibawah ini :
    • Power supply protek diikuti dengan mengeluarkan suara ngik, ngik terus menerus
    • Transistor horizontal overheat atau menjadi sungguh panas, penyebabnya adalah alasannya lilitan short sehingga FBT menyedot arus yang sangat besar. Pada kasus seperti ini lazimnya terdapat kebocoran pada lilitan flyback
    • Transistor horizontal jebol terus menerus yang umumnya kerusakannya yakni short antara pengumpul dan emitor. Biasanya lilitan FBT sudah benar benar short. Penyebab Flyback short pada umumnya adalah alasannya panas yang terus menerus sehingga mengakibatkan email kawat mengembang sehingga tubuh flyback tampakmenggembung.
  2. Lilitan Flyback putus, untuk kerusakan seperti ini sangat jarang terjadi
  3. Terdapat kebocoran tegangan tinggi, pada flyback bab anoda nya atau cap lazimnya berbahan karet yang kalau dalam waktu usang akan mengalami degradasi shingga tidak menempel besar lengan berkuasa pada tabung sehingga menjadikan pengecap api / listrik tegangan tinggi loncat ke bab pinggir tabung yang terdapat grounding.       Selain mengeluarkan suara pletek pletek atau suara mendesis juga terkadang menjadikan bacin yang khas. Hal ini juga mampu terjadi pada kabel penghubung ke trafo FBT. Jika kebocoran cuma sedikit saja bisa menggunakan lem besi, lem silikon untuk penambalannya  dan sebisa mungkin jauhkan bagian yang bocor dari materi logam.
  4. Inti ferit flyback pecah/ patah, jika memang telah patah bisa disambung serapat mungkin dengan lem besi. Biasanya ferit pada flyback diberi spacer biar posisinya stabil, tetapi jika kemudian patah karena sebuah hal mampu disambungkan serapat mungkin dengan catatan tidak ada bagian patah yang hilang sebab menghipnotis induksi flyback.
  5. Kerusakan Focus dan Screen, pada bagian dalam flyback focus dan screen hanya mirip pembagi tegangan saja tetapi bila terjadi kerusakan pada bab ini bisa menimbulkan screen tidak ada tegangan atau gambar tidak mau konsentrasi. Sebelumnya tentukan dahulu jikalau rekan tahu cara mengatur screen pada Flyback.

Selain hal diatas ada juga yang perlu dikenali ihwal flyback yaitu kiat untuk mengubah flyback usahakan mengubah dengan type yang sama persis karena kalau type berbeda maka mampu mengakibatkan

  1. Tegangan heater yang berganti bisa lebih atau kurang, sebenarnya pada unit CRT tertentu mampu menyala dengan normal tetapi meminimalkan umur pemakaian CRT
  2. Gambar / raster menjadi tidak penuh, mampu dimodifikasi di bagian rangkaian horizontal, tepatnya kapasitor renonan
  3. OSD / On screen display tidak timbul. Bisa dimodifikasi dengan merubah nilai dari resistor yang terhubung ke pin AFC yang menuju ke IC mikrokontroller.
  4. Pin out tegangan lainnya yang bersumber dari flyback menjadi tidak sesuai.

Untuk itu diusulkan supaya mengubah trafo flyback dengan type yang serupa agar tidak terjadi seperti diatas, lebih baik lagi jikalau mengenali fungsi pin kaki flyback yang ada supaya tidak salah pilih pengganti flyback.

Lalu untuk penggantian flyback dengan yang gres wajib dihilangkan dahulu tegangan yang tersimpan di tabung CRT karena tabung CRT bisa menyimpan tegangan dalam waktu yang usang.

Berikut dibawah ini cara menetralisir tegangan yang tersisa dari tabung TV / Flyback :

cara menghilangkan tegangan tabung tv

Demikian postingan kali ini perihal ciri ciri flyback rusak pada TV agar bisa bemanfaat.

0 Response to "Ciri Ciri Flyback Rusak Pada Tv"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel