Kapasitor Mesin Basuh – Fungsi, Harga Dan Cara Pasang

Untuk seorang teknisi service lazimnya telah mengenali harga kapasitor mesin basuh alasannya adalah part yang satu ini cukup sering mengalami kerusakan apalagi bila mesin cuci tersebut telah berumur.

Namun tak ada salahnya juga jika anda sebagai pemilik mesin cuci ingin mencoba untuk memperbaiki mesin basuh yang rusak karena bisa saja hanya terdapat kerusakan minor contohnya sebagai teladan kerusakan kapasitor ini tetapi pastikan juga sebelumnya sudah tahu bagaimana untuk cara cek kapasitor mesin cuci tersebut.

Pada artikel sebelumnya yaitu Fungsi Kapasitor Start dan Running sempat diterangkan bagaimana cara kerja kapasitor yang dipakai untuk mesin basuh baik itu untuk mesin cuci satu tabung maupun 2 tabung.

Begitu juga dengan aneka macam merk produsen mesin basuh mirip Polytron Sanken, Samsung, LG dan Sharp kesemuanya niscaya memakai kapasitor semoga mampu melakukan pekerjaan dengan baik.


Daftar Isi :

Fungsi Kapasitor pada Mesin Cuci

Secara sederhana terdapat 2 jenis fungsi kapasitor pada mesin basuh ialah sebagai start kapasitor yang cuma bekerja setiap motor dinamo mesin basuh akan berputar dan running kapasitor yang akan melakukan pekerjaan secara terus menerus selama dinamo mesin basuh berputar.

Mesin basuh memerlukan kapasitor start untuk menambah tenaga pada saat dinamo listrik berputar sebab pada dasarnya dibutuhkan arus yang sangat besar pada saat pertama kali dinamo mesin cuci berputar.

Secara fungsi pada semua mesin basuh misalnya kapasitor mesin basuh polytron, kapasitor mesin basuh LG, atau pada kapasitor pengering mesin cuci sharp yaitu sama namun sangat penting untuk diperhatikan berapa nilai kapasitas kapasitor yang terpasang.

Biasanya tidak akan sulit untuk memperoleh nilai tersebut sebab telah terpampang dengan jelas pada tubuh kapasitor seperti dibawah ini

cara baca kapasitor mesin cuci

Pada gambar kapasitor mesin basuh diatas yang dilingkari merah yaitu nilai kapasitas kapasitor pada mesin basuh 2 tabung yang bermakna kapasitor ini berisikan gabungan kapasitor 6uF dan 12uF. Pada bagian bawahnya juga terdapat isyarat warna kabel untuk masing masing kapasitor sehingga mempermudah pemasangan walauun kita tidak memiliki alat ukur kapasitor.


Perbedaan Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung

Karena secara struktur bentuk mesin cuci antara satu tabung dan dua tabung berlawanan sudah tentu cara mengubah atau memasang kapasitor yang rusak juga berlawanan. Pada mesin cuci satu tabung hanya terdapat satu kapasitor saja sedangkan pada 2 tabung terdapat 2 kapasitor.

Perbedaan jumlah kapasitor ini menyesuaikan jumlah motor listrik yang ada sebab memang pada dasarnya kapasitor berfungsi untuk membantu kinerja motor listrik.

Berikut ini yakni gambar perbedaan kapasitor mesin cuci untuk satu tabung (kanan) dan dua tabung (kiri), terang terlihat perbedaan pada jumlah kabel yang ada

perbedaaan kapasitor mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung

Dikarenakan jumlah kabel / pin yang ada berlainan maka cara memasang kapasitor mesin basuh 2 kabel tentunya berlainan dengan 1 kabel. Tapi jangan khawatir alasannya adalah cukup gampang untuk membedakan kabel yang ada sebab telah ada pada badan kapasitor tersebut sehingga tinggal menyesuaikan saja.


Ciri Kapasitor Mesin Cuci yang Rusak

Ciri kapasitor rusak pada mesin basuh akan berlawanan pada mesin basuh 1 tabung dan 2 tabung sebab jumlah dinamo motor listrik juga berbeda. Pada mesin basuh 1 tabung kemungkinan akan menimbulkan kerusakan mesin basuh sama sekali tak inginberputar baik pada fungsi mencuci maupun pada saat mengeringkan / spin.

Selain itu kerusakan kapasitor juga mampu mengakibatkan putaran mesin cuci menjadi lemah. Sedangkan pada mesin cuci 2 tabung umumnya masih mampu berputar tergantung kapasitor mana yang rusak apakah untuk fungsi mencuci atau untuk mengeringkan.

Perlu dimengerti bahwa kerusakan kapasitor hanya salah satu penyebab kerusakan saja, mampu jadi memang terjadi kerusakan pada motor listrik / dinamo mesin basuh yang short, sekring internal, modul mesin basuh atau bahkan pada belt yang berfungsi menghubungkan dari motor listrik ke tabung.

Untuk memastikannya tentu diperlukan untuk membuka mesin basuh yang lazimnya terdapat pada bagian belakang.

cek kapasitor mesin cuci
Cek kapasitor dengan test short pin

Sedangkan untuk menentukan apakah kapasitor mesin basuh telah benar benar rusak atau belum sebetulnya cukup susah bila tidak menggunakan alat ukur alasannya adalah pada kapasitor yang rusak tidak ditandai perbedaan fisik yang berarti tetapi kalau memang benar benar terpaksa tanpa menggunakan alat ukur bisa dengan mencoba mengisi muatan kapasitor kemudian coba di shortkan antara pin yang ada.

Hati hati cara ini tidak disarankan bagi pemula karena mampu menjadikan percikan yang cukup besar.

Cara cek kapasitor mesin basuh 4 kabel pun sama seperti diatas tetapi kabel yang diisi muatan listrik dan yang di shortkan harus diubahsuaikan dengan warnanya.


Harga Kapasitor Mesin Cuci

Ukuran kapasitor mesin cuci bermacam macam dan secara teori semakin besar kapasitas mencuci maka ukuran kapasitor juga akan makin besar, umumnya pada mesin cuci satu tabung atau otomatis hanya terdapat satu kapasitor sedangkan pada mesin cuci dua tabung terdapat 2 kapasitor namun umumnya 2 kapasitor ini digabung menjadi satu sehingga kabel kapasitor nya menjadi 4.

Sebelum membeli kapasitor tentukan sebelumnya telah mengenali nilai kapasitas kapasitor yang terpasang ialah dalam satuan uF ( micro Farad ). Nilai kapasitor untuk pengering ( 4uF, 5uF, 6uF ) lazimnya lebih rendah dari kapasitor untuk fungsi mencuci ( 8uF, 10uF, 12uF ) namun sekali lagi hal tersebut tidaklah mutlak alasannya adalah sungguh bervariasi tergantung versi dan kapasitas mesin cuci.

Jika memang sudah diyakinkan bahwa kapasitor rusak tidak perlu khawatir untuk kesusahan membelinya karena lazimnya nilai kapasitor tersebut tersedia di toko elektro pedagang komponen, tetapi kalau memang tidak mampu memperoleh nilai yang tepat sangat banyak penjual online mirip Tokopedia atau Bukalapak yang menyediakannya.

Sebagai rujukan berikut ini yakni isu harga kapasitor mesin basuh pada saat postingan ini dibuat :

Kapasitas KapasitorMerk KapasitorHarga
Kapasitor mesin cuci 5 uF + 12 uF Unicon Rp. 30.000
Kapasitor mesin basuh 5 uF + 10 uF Unicon Rp. 29.000
Kapasitor mesin basuh 6 uF + 12 uF Unicon Rp. 29.000
Kapasitor mesin basuh 4 uF + 10 uF Unicon Rp. 27.000
Kapasitor mesin cuci 6 uF + 10 uF JP Rp. 26.500
Kapasitor mesin basuh 4 uF + 12 uF JP Rp. 26.500
Kapasitor mesin cuci 4 uF + 10 uF JP Rp. 25.000
Kapasitor mesin cuci 6 uF + 12 uF JP Rp. 28.000
Kapasitor mesin cuci 5 uF + 12 uF JP Rp. 27.000
Kapasitor mesin basuh 5 uF + 10 uF JP Rp. 25.000
Kapasitor mesin cuci 5 uF + 12 uF JP Rp. 35.000

Efek Penggantian Kapasitor dengan Nilai Tidak Sama

Pada beberapa mesin cuci built-up atau import dari luar negeri umumnya mempunyai nilai kapasitor yang cukup sukar untuk didapatkan di pasaran, bila demikian apakah boleh mengubah kapasitor dengan nilai yang tidak sama ?

Sebagai contoh nilai kapasitas kapasitor sebaiknya yaitu 10.5uF yang secara kapasitas nilai tersebut mungkin sulit untuk didapat apakah boleh contohnya digantikan dengan 12uF ? terdapat beberapa imbas yang akan terjadi yaitu :

  • Arus yang dibutuhkan untuk mengerjakan mesin basuh juga akan berganti mengikuti nilai kapasitas kapasitor, makin besar kapasitas kapasitor maka akan semakin besar juga daya yang diperlukan
  • Motor listrik akan menjadi lebih singkat panas sehingga mampu membuat kerusakan motor listrik menjadi cepat rusak
  • Secara tidak langsung akan berakibat tagihan listrik menjadi lebih besar

Hal ini juga berlaku untuk penggantian kapasitor pada AC atau pada kulkas dengan imbas yang sama mirip diatas yang sudah disebutkan. Oleh karena itu kalau memang ternyata susah nilai kapasitas kapasitor dan tegangan kapasitor sesuai yang orisinil hendaknya memakai nilai yang paling mendekati.

Nah demikian postingan kali ini ihwal harga kapasitor mesin basuh banyak sekali merk, ingat sebelum membeli untuk menganalisa nilai kapasitas kapasitor ya.

0 Response to "Kapasitor Mesin Basuh – Fungsi, Harga Dan Cara Pasang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel