Cara Membersihkan Layar Tv Led Dengan Gampang Dan Kondusif

Cara membersihkan layar TV LED maupun LCD meskipun tampaksederhana dan gampang namun tetap mesti dilakukan dengan aman dan hati hati sebab tidak seperti TV tabung, permukaan layar TV LED cukup sensitif.

Berbeda dengan TV CRT, pada permukaan LED dan LCD TV terdapat permukaan khusus yang mudah rusak kalau terkena cairan yang bersifat berpengaruh seperti alkohol.

Baca juga : Cara Service LED TV Tidak ada Gambar

Cara Membersihkan Layar TV LED

Berikut dibawah ini adalah langkah langkah yang aman untuk dikerjakan untuk membersihkan layar LED TV yang kotor :

Daftar Isi :

Baca Manual Book

Setiap Televisi LED apalagi HDTV niscaya diikuti manual book, pada buku manual ini biasanya terdapat tata cara terbaik untuk jenis LED TV yang dimiliki.

Jika tidak ada manual book atau sudah hilang anda bisa mencari nya dengan cara online

Bersihkan TV dalam Kondisi Mati

Saat LED TV menyala pastinya menciptakan panas dan tidak direkomendasikan membersihkan layar saat kondisi TV sedang menyala atau gres dimatikan.

Matikan TV dan tunggu beberapa saat hingga layar kembali masbodoh, selain itu jikalau TV dibersihkan dalam kondisi menyala akan muncul listrik statis yang mengakibatkan bubuk menempel lebih besar lengan berkuasa pada layar LED TV.

Gunakan Kain Microfiber

Kain untuk membersihkan LED TV direkomendasikan memakai kain microfiber kering, usap layar dalam bentuk lingkaran sedikit sedikit ke arah bawah. Kain microfiber bisa mengangkat sebagian besar kotoran dan minyak yang melekat.

Jika diharapkan mampu juga menambahkan air sedikit biar memudahkan kotoran terlepas.

kain Microfiber untuk membersihkan LED TV

Dan wajib diperhatikan jangan hingga menekan terlalu keras karena bisa menimbulkan retak pada layar.

Selain itu jangan menggunakan pembersih beling/ jendela karena mengandung bahan kimia yang justru menghancurkan layar, materi tersebut lazimnya diantaranya berbentukpelarut cat, etil alkohol, aseton, ammonia dan etil klorida.

Gunakan Cuka untuk Kotoran yang Menempel

Sudah bukan belakang layar jika cuka sering dipakai selaku materi pembersih, demikian juga untuk layar LED TV cukup ampuh mengangkat kotoran.

Tidak diperbolehkan membersihkan layar LED atau OLED TV dengan cairan pembersih terutama yang mengandung materi kimia. Justru bimbingan air biasa dan cuka lebih kondusif untuk dipakai.

membersihkan layar LED TV dengan cuka

Berikut langkah langkah nya :

  1. Siapkan wadah untuk mencampur air dengan cuka, lebih direkomendasikan air hangat supaya kotoran lebih gampang terangkat
  2. Gunakan kain microfiber yang sudah dibasahi adonan air dan cuka
  3. Usapkan ke bagian yang terdapat kotoran dan ingat jangan hingga ditekan terlalu keras.
  4. Jangan menyemprot campuran air dan cuka langsung ke arah layar LED karena mampu mengakibatkan kerusakan permanen
  5. Untuk membersihkan area yang sulit, yakni pada keempat sudut/ pojok mampu memakai cotton bud yang diaduk cairan tadi

Cara Membersihkan Layar LED TV Berbagai Merk

Pada pembelian unit gres TV biasanya disertakan kain untuk membersihkan layar, namun bila tidak ada atau hilang bisa juga menggunakan kain yang umum digunakan untuk membersihkan kaca mata.

Berikut ini ialah beberapa teladan tutorial untuk membersihkan layar LED dari beberapa manual book yang berhasil aku kumpulkan, mungkin setiap tipe mampu berlainan :

Samsung

Cara membersihkan layar TV LED Samsung harus hati hati pada bagian layar karena mudah tergores dikala dibersihkan, tentukan untuk menyeka bagian layar dengan hati hati menggunakan kain lembut. Jangan menyemprotkan air langsung ke layar.

Cara membersihkan layar TV LED Samsung

Cairan apapun yang disemprot ke layar mampu masuk dan menyebabkan kerusakan, kebakaran atau sengatan listrik. Jangan memakai cairan yang gampang terbakar mirip bensin atau pengencer cat (thinner).

Baca Juga : Cara Service LCD/ LED TV Mati Total

Sony

Usap layar dengan menggunakan kain yang lembut, noda yang menempel mampu dibersihkan dengan kain yang sedikit dibasahi larutan sabun dan air hangat.

Jangan pernah menyemprotkan air atau deterjen eksklusif ke layar karena air yang menetes mampu masuk ke bab bawah bezel dan menyebabkan korsleting pada rangkaian listrik.

Baca Juga : Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mencegahnya

LG

Cara membersihkan layar TV LED LG bersihkan hanya dengan memakai kain kering, saat membersihkan cabut power cord dan usap dengan lembut untuk menghalangi tabrakan pada layar.

Jangan menyemprotkan air atau cairan apapun ke layar TV karena mampu menyebabkan sengatan listrik. Jangan membersihkan dengan cairan kimia mirip alkohol atau thinner.

0 Response to "Cara Membersihkan Layar Tv Led Dengan Gampang Dan Kondusif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel