Simbol Kapasitor Polar, Nonpolar Dan Variabel

Simbol kapasitor pada rangkaian berfungsi untuk memudahkan desain sirkuit elektronika dan biasanya simbol ini menggunakan persyaratan yang sudah ada adalah kriteria US dan kriteria Eropa.

simbol kapasitor

Simbol kapasitor polar dan simbol kapasitor non polar sebetulnya tidak berbeda jauh cuma saja ada penambahan yang membedakan keduanya. Berikut dibawah ini yaitu daftar simbol kapasitor serta bentuknya pada rangkaian elektro.

Baca juga : Fungsi kapasitor

Daftar Isi :

Simbol Kapasitor Elektrolit/ Polar

Kapasitor jenis ini umumnya digunakan untuk keperluan rangkaian dengan kapasitansi yang besar contohnya saja sebagai filter pada power supply, dinamakan kapasitor polar karena terdapat polaritas konkret dan negatif pada kaki terminalnya dan pemasangannya dihentikan terbalik, oleh alasannya adalah itu juga acap kali disebut juga kapasitor bipolar.

Berikut ini yakni bentuk kapasitor elektrolit :

bentuk kapasitor elektrolit elco

Simbol kapasitor polar atau simbol kapasitor elektrolit secara biasa terdapat 2 jenis adalah dengan standar US dan standar Eropa dan keduanya umum dipakai pada simbol rangkaian elektronika.

simbol kapasitor polar elektrolit

Gambar simbol kapasitor elco

Simbol Kapasitor Non Polar

Kapasitor jenis non polar lazimnya memiliki kapasitas yang relatif kecil mulai dari satuan kapasitor pico farad, nano farad, mili farad hingga paling besar mikro farad sehingga daya penyimpanannya pun sangat kecil. Kapasitor jenis ini banyak digunakan pada rangkaian radio frekuensi tinggi atau selaku kapasitor kopling.

bentuk kapasitor non polar

Simbol kapasitor nonpolar secara biasa juga terdapat 2 jenis ialah dengan persyaratan US dan tolok ukur Eropa

Simbol Kapasitor Non Polar

Simbol Kapasitor Variabel

Kapasitor variabel juga sering digunakan biasanya pada rangkaian RF dan osilator misalnya pada radio konvensional untuk mengontrol frekuensi penerimaan, terdapat 2 jenis kapasitor variabel adalah Varco dan trimmer, penggunaan kedua jenis kapasitor ini disesuaikan keperluan.

Bentuk Kapasitor Variabel

Kapasitor variabel varco memiliki knop putar kecil untuk keperluan setting nilai kapasitansi, konstruksi varco juga terdapat plat film PVC yang berlapis. Sedangkan kapasitor variabel trimmer juga terdapat knop putar tetapi harus menggunaan obeng set dan diperuntukkan untuk setting preset saja.

Baca juga : Kapasitor Variabel Varco & Kapasitor Variabel Trimmer

Berikut dibawah ini yakni gambar simbol kapasitor variabel :

Simbol Kapasitor Variabel

Demikian artikel ihwal simbol kapasitor elektrolit/ polar dan non polar serta variabel supaya berfaedah.

0 Response to "Simbol Kapasitor Polar, Nonpolar Dan Variabel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel