Perlukah Mengubah Thermal Paste Laptop Terbaik ?

Sering menjadi pertanyaan apakah mengganti thermal paste laptop harus dijalankan kalau laptop sudah digunakan cukup usang ? berikut dibawah ini yaitu artikel perihal thermal paste laptop.

Thermal Paste Laptop

Daftar Isi :

Apa itu Thermal Paste Laptop ?

Thermal paste laptop ialah sejenis bahan penghantar panas yang sangat bagus untuk dipakai antara prosesor laptop dengan heat sink atau pendingin berbentukalumunium. Thermal paste atau thermal grease secara signifikan bisa menurunkan panas pada CPU agar tidak overheat.

Idealnya antara chipset dengan heatsink tidak terdapat celah namun kenyataanya permukaan keduanya tidaklah rata sehingga perpindahan panas tidak optimal.

Fungsi thermal paste pada laptop maupun pada PC yakni untuk mengisi gap atau celah mikroskopis antara heat sink dengan chip prosesor, sehingga prosesor mampu bekerja dengan optimal. Bahkan pada beberapa tipe prosesor jika tidak menggunakan thermal paste bisa terbakar dikarenakan overheat.

Pengertian Thermal Paste Laptop

Thermal paste terbuat dari heat-conductive metal yang sangat baik dalam menghantarkan panas, lazimnya sering digunakan pada produk elektro untuk memaksimalkan proses pendinginan pada komponen dengan cara meneruskan panas ke heat sink yang lalu didinginkan lagi dengan fan seperti pada prosesor PC maupun pada VGA card/ GPU (graphics processing unit)

Mengganti Thermal Paste Laptop

Kapan diperlukan untuk mengubah thermal paste laptop ? Idealnya baik itu pada laptop maupun pada PC ataupun VGA tidak dibutuhkan penggantian thermal paste laptop ini bahkan hingga selama 10 tahun.

Namun pada keadaan tertentu kadang harus dijalankan lebih cepat. Pada keadaan mirip apa mengganti thermal paste laptop ini mesti dijalankan ? berikut penjelasannya :

  1. Jika laptop dipakai untuk kebutuhan gaming dengan spesifikasi yang cukup berat
  2. Jika terjadi overheat pada prosesor (high cpu temp), pastinya harus ditentukan juga apakah fan cooling berputar dengan wajar . Bisa jadi overheat disebabkan fan pada heat sink tidak berputar.
  3. Jika dikerjakan penggantian pada heat sink, dikala mengganti heat sink berbentukpendingin alumunium pada prosesor maka harus dikerjakan penggantian thermal paste sebab saat memasangnya lagi akan meninggalkan celah kecil (air bubbles) antara heat sink dengan prosesor.
  4. Jika laptop sering mati secara tiba-tiba, pada CPU maupun pada VGA biasanya sudah terdapat proteksi berupa OTP (Overheat Temperature Protection) yang hendak mematikan perangkat secara otomatis dikala suhu terdeteksi terlampau tinggi untuk menyingkir dari kerusakan lebih parah. Biasanya aktif pada suhu berkisar 100 °Celcius.

Suhu prosesor 80-85 °Celcius masih merupakan batas kondusif untuk jenis prosesor i5 – i7

Cara memakai thermal paste pada laptop bergotong-royong mudah mudah sulit tergantung pada seberapa gampang untuk membuka casing laptop tersebut alasannya adalah tidak mirip meng-upgrade memory laptop atau hardisk, lazimnya untuk membuka bagian prosesor dibutuhkan membuka casing secara keseluruhan.

cara menggunakan thermal paste pada laptop

Dibawah ini ialah beberapa saran thermal paste yang cantik untuk laptop, walaupun harganya cukup mahal tetapi tentunya sepadan dengan kualitas dan performanya.


Thermal Paste Laptop Terbaik

Jika memang diharuskan untuk mengganti thermal paste pada notebook, maka gunakan thermal paste laptop terbaik biar penggunannya lebih infinit. Apa saja perbedaan thermal paste murah dan mahal, berikut beberapa diantaranya :

  1. Konduktivitas suhu yang lebih baik, dengan memakai heatsink yang sama akan terlihat perbedaan dengan memakai aplikasi monitor suhu. Pada thermal paste yang anggun maka suhu akan lebih tinggi 5-10 °Celcius alasannya adalah penghantaran panas yang lebih baik.
  2. Ketahanan terhadap suhu tinggi, thermal paste yang elok meskipun sering digunakan pada suhu tinggi namun tidak akan mudah mengeras.
  3. Thermal paste yang baik memiliki nilai konduktivitas yang bagus. Biasanya dilabeli dengan satuan W/mK (Watt per meter Kelvin) semakin tinggi angka ini maka kian baik konduktivitasnya dan makin mahal harganya.

Berikut ini yaitu beberapa thermal paste laptop terbaik yang bisa anda pilih :

1. Arctic Silver 5 AS5-3.5G

Thermal paste ini tergolong salah satu thermal paste laptop terbaik dengan konduktivitas sampai 8.9 W/mK yang biasanya dipakai pada perangkat high-end. Suhu optimal nya berkisar di 130 °C, tampilan yang tinggi ini dikarenakan bahan yang terkandung berbentukperak.

thermal paste laptop Arctic Silver 5 AS5-3.5G

Harga thermal paste laptop Arctic Silver 5 berkisar Rp.130.000 – Rp.220.000 untuk produk dengan volume 3.5gr inject.

2. DeepCool Z9 Thermal Paste

Thermal paste dengan Thermal Conductivity >4 W/m-K dan suhu operasi -40°C- 200°C, kelebihan dari thermal paste ini ialah range suhu yang lebih lebar sehingga cocok digunakan pada laptop yang sering digunakan di lapangan. Thermal grease DeepCool Z9 ini juga didesain untuk menghalangi kerusakan elektrik yang mampu disebabkan thermal paste.

DeepCool Z9 Thermal Paste

Harga thermal paste laptop DeepCool Z9 berkisar dibawah Rp.100.000

3. Cooler Master MasterGel

Thermal paste ini memakai teknologi partikel nano diamond dengan fitur non elektrik sehingga aman dari risiko korsleting listrik pada CPU dengan thermal conductivity berkisar pada angka 5 W/m-K

thermal paste Cooler Master MasterGel

Harga thermal paste laptop Cooler Master MasterGel berkisar Rp.60.000 untuk kemasan inject dengan volume 1.5 gr.

4. Thermal Paste Grizzly Kryonaut

Thermal paste laptop terbaik selanjutnya yakni Grizzly Kryonaut dengan range temperatur yang sangat bagus yakni -250 °C – +350 °C dan dengan thermal conductivity 12,5 W/mk.

Fitur yang lain yang sungguh penting yaitu ketahanan pasta yang lebih lama serta adanya kandungan nanopartikel alumunium dan zinc oxide yang memaksimalkan konduktivitas panas plat hearsink dengan prosesor.

Thermal Paste Grizzly Kryonaut

Thermal paste Kryonaut juga tidak menghantarkan listrik sehingga aman untuk CPU tidak menjadikan korsleting pada CPU. Harga thermal paste laptop ini berkisar dibawah Rp.100.000 untuk volume 1 gram.

5. Coollaboratory Liquid Ultra

Merupakan thermal paste yang 100% terbuat dari metal sehingga mempunyai konduktivitas suhu yang pastinya sangat baik, teksturnya yang lebih “lembap” juga mempermudah dalam pengaplikasian pada prosesor. Bahkan thermal conductivity nya sampai 128W/mK.

Namun penggunaan thermal paste metal ini cuma bisa dipakai pada heat sink dengan material tembaga dan perak saja, tidak sesuai untuk heatsink jenis alumunium alasannya adalah bisa menghancurkan permukaannya.

Coollaboratory Liquid Ultra thermal paste

Selain itu pemasangannya mesti dilaksanakan dengan sungguh teliti, alasannya adalah berbahan metal sehingga bersifat menghantarkan listrik (electrical conductor), kalau terkena pada unsur di sekeliling CPU maka mampu menyebabkan korsleting.

Harga thermal paste laptop ini cukup mahal di kisaran Rp.300.000

Mengganti thermal paste laptop memang dibutuhkan ketelitian sehingga untuk anda yang awam tidak disarankan untuk mengubahnya sendiri karenan bisa menjadikan kerusakan pada laptop. Selain itu harga ganti thermal paste laptop juga tidak terlampau mahal untuk itu disarankan memakai jasa teknisi laptop.

0 Response to "Perlukah Mengubah Thermal Paste Laptop Terbaik ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel