Fungsi Ram Pada Komputer Dan Hp Dan Jenisnya?

Apa Fungsi RAM ? RAM dikenal sebagai memori sementara pada komputer maupun pada HP ponsel pintar dan ialah salah satu point yang sungguh mempengaruhi tampilan komputer laptop maupun HP.

fungsi ram pada komputer dan hp

Pada artikel ini akan menolong Anda lebih memahami perihal apa itu RAM serta apa fungsi RAM dengan lebih detail dan mendalam!

Daftar Isi :

Apa itu RAM?

RAM (Random Access Memory) secara singkat didefinisikan selaku memori sementara komputer yang menolong menyimpan berita terkini sehingga CPU dapat mengakses dan memprosesnya. RAM tidak mampu menyimpan data ketika daya dimatikan. Jika komputer kehilangan daya atau kita mematikan komputer, data pada RAM akan terhapus.

Data pada RAM disimpan pada setiap sel memori dan setiap sel memori memiliki alamat yang berlawanan dan kecepatan membaca dan menulis setiap sel memori ialah sama. Semakin besar RAM, semakin banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan, sehingga memori RAM yang berskala lebih besar mempunyai kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi yang berarti performa yang lebih baik.

Komputer dengan jumlah RAM yang besar dapat menanggulangi banyak peran yang berlawanan tanpa menyebabkan lag dan hang. Saat ini dipasaran juga sudah terdapat banyak sekali jenis RAM dengan konfigurasi dan kapasitas yang berlainan-beda.

cara kerja ram komputer dan hp

Fungsi RAM Pada Komputer

Fungsi dari RAM pada komputer yaitu untuk menyimpan data sementara, perintah tata cara operasi, menjalankan proses aplikasi. Alih-alih mesti menyimpan ke hard drive, menyimpan ke RAM akan menolong berlangsung lebih singkat. Jika kapasitas RAM habis, maka data akan disimpan ke memori virtual.

Baca juga : Cara Cek RAM Laptop

RAM yaitu salah satu bab yang sangat penting dalam sebuah komputer dan mensugesti semua kegiatan di komputer, dari operasi dasar seperti membuka Word, Excel, menjelajahi web sampai proses lainnya seperti bermain game, game hiburan, dan lainnya.

Fungsi RAM Pada Komputer

Besarnya jumlah RAM membuat proses operasi serta waktu respon pengguna kepada aplikasi menjadi lebih cepat, alasannya lebih menghemat data. Jadi, kian banyak RAM yang kamu miliki, semakin cepat dan tanpa hambatan komputer kau akan berjalan.

Fungsi RAM Pada HP

Fungsi RAM di HP sama dengan RAM di komputer secara umum. Pada HP, saat kian besar kapasitas RAM maka kian banyak banyak info yang mampu ditampung dan mampu melakukan lebih banyak aplikasi secara serentak. Ketika RAM bertambah besar maka saat kita memainkan aplikasi berat,

Fungsi RAM Pada HP

Misalnya saja aplikasi Game 3D akan lebih mulus dan halus ketika dimainkan, alasannya game yang memakai grafik 3D, mampu menghabiskan banyak RAM untuk menyimpan grafik, bentuk, dan bunyi 3D.

Fungsi Slot RAM

Jika kau merakit sebuah komputer, tentu saja kau akan menyaksikan ada Slot RAM. Fungsi Slot RAM ini yaitu kawasan untuk memasangkan RAM pada motherboard. Jumlah dari slot RAM ini lazimnya lebih dari satu tergantung dari motherboard yang dipakai.

Fungsi Slot RAM

Slot RAM ini juga mempunyai jenis soket yang berlawanan-beda tergantung dari tipe RAM yang support pada motherboard tersebut. Jadi sebelum membeli RAM untuk menyertakan RAM pada komputer, pastikan terlebih dulu slot RAM tersebut menggunakan tipe RAM apa.

Jenis-Jenis RAM

Berikut ini ialah berbagai jenis-jenis RAM yang biasa dipakai pada komputer atau laptop :

  • SDRAM (kependekan dari Synchronous Dynamic RAM): Juga diketahui sebagai ram sinkron.
  • DDR (Double Data Rate SDRAM) : Versi SDR yang disempurnakan dengan 184 pin, sangat sedikit komputer yang masih menggunakannya.
  • DDR2 : Versi upgrade dari DDR1, DDR2 mempunyai 240 pin untuk peningkatan kecepatan yang signifikan, jenis RAM ini lazimnya digunakan di komputer versi usang.
  • DDR3 : Adalah salah satu jenis ram berkecepatan tinggi yang banyak digunakan ketika ini.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) : lazimnya dikenal selaku Ram bus, dibuat dengan teknik terbaru dan tercanggih dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
  • DDR4 : Lahir pada tahun 2014, menggantikan DDR3, ditingkatkan dalam hal kecepatan transmisi dari 2133-4266 MHz, memakai tegangan yang lebih rendah hanya 1.2V. Selain itu, RAM DDR4 juga lebih mahal dari DDR3.

0 Response to "Fungsi Ram Pada Komputer Dan Hp Dan Jenisnya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel