Cara Menyambungkan Hp Ke Tv Samsung Tanpa Perlu Kabel

Bagaimana cara menyambungkan HP ke TV Samsung dengan gampang tanpa membutuhkan kabel ? ikuti tutorial pada artikel dibawah ini untuk tutorial cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel.

Cara Menyambungkan Hp ke Tv Samsung

Bagi orang awam pastinya hal tersebut masih baru sekali di dengar dan merasa caranya akan sulit. Padahal terdapat berbagai cara menghubungkan hp Anda ke Tv yang mudah dan anti ribet.

Tinggal menentukan cara yang paling gampang berdasarkan versi Anda. Langsung saja simak cara-caranya di bawah ini.

Daftar Isi :

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Mudah Tanpa Kabel

Terdapat beberapa macam hp yang masing-masing memiliki cara berlainan dalam penggunaannya. Nah, salah satu diantara jenisnya digolongkan sebagai hp android.

Anda tinggal menyesuaikan spesifikasi hp dengan Tv khusus yang memang bisa digunakan untuk penyambungan. Misalnya cara menyambungkan hp ke TV Samsung dengan wireless atau tanpa kabel bisa dibantu dengan fitur bawaan atau alat lain.

Baca juga : 5 Aplikasi Remot TV Infrared Gratisan Terbaik

Terdapat 2 teknologi penunjang biar penampilan pada HP bisa dimunculkan ke TV Samsung ataupun TV brand yang lain ialah dengan memakai Miracast atau mampu juga dengan menggunakan google chromecast.

Menggunakan Miracast

Apa itu Miracast ? Miracast yaitu sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Wi-Fi Alliance pada tahun 2012. Dengan teknologi ini mampu dilakukan screen mirroring dari hp ke TV yang juga pastinya harus support wifi direct, bahkan kualitas gambarnya pun bisa hingga 1080p dengan kualitas audio 5.1.

Berikut yang dibutuhkan untuk cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel dengan memakai Miracast :

  1. HP dengan fitur Miracast
  2. TV dengan fitur wifi Direct, umumnya fitur ini dimiliki oleh Smart TV

Dalam suatu ponsel pintar umumnya dibekali fitur miracast atau yang kerap disebut sebagai wireless display. Dengan fitur ini Anda mampu menyambungkan hp ke tv cuma melalui koneksi wifi saja. Pada beberapa smartphone nama aplikasi bawaan untuk Miracast bisa berbeda misalnya saja untuk Samsung dengan Samsung Connect.

Nah, langkah-langkahnya mampu disimak berikut ini.

  1. Mengecek terlebih dahulu apakah hp Anda mendukung fitur wireless display selaku penghubung ke Tv Samsung atau merk yang lain. Kemudian jangan lupa membangkitkan Tv dan mencari opsi sajian Wifi direct menggunakan remot dan aktifkan screen mirroring atau miracast.
wifi direct samsung tv
  1. Jika tidak mengetahui apakah HP support dengan miracast atau tidak, mampu juga dicoba install aplikasi dari playstore dengan mengunjungi link download aplikasi Miracast playstore
  1. Setelah screen mirroring sukses diaktifkan maka secara otomatis layar Tv akan memindai hp yang sebelumnya sudah membangkitkan miracast. Lalu pada hp, Anda bisa membuka setelah pengaturan dan memilih tab bab koneksi dan mengembangkan atau connection & sharing. Klik pilihan cast yang letaknya kedua paling atas.
Cara Menyambungkan Hp ke Tv Samsung dengan miracast
  1. Cara menyambungkan hp ke Tv Samsung yang terakhir ialah menanti hp memindai jaringan Tv yang serupa-sama membangkitkan miracast. Tunggu sampai keduanya risikonya tersambung.

Namun sayangnya pada ponsel pintar kontemporer sudah agak jarang timbul teknologi miracast, kemungkinan dikarenakan kalah pamor dengan teknologi penggantinya yakni Google Chromecast.

Kekurangan fitur Miracast yang menyebabkan teknologi dikala ini mulai ditinggalkan yakni dikarenakan konsep nya adalah screen mirroring atau hanya merefleksikan performa dari HP saja, maka HP menjadi tidak bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Selain itu sebab teknologi konektivitasnya dengan wifi direct yang berarti koneksi wifi langsung dari HP ke TV, maka HP tidak bisa terkoneksi ke Wifi untuk kanal internet.

Google Chromecast

Tidak semua Tv memiliki fitur miracast yang mana dapat langsung terkoneksi dengan hp lewat jaringan, selain itu harga TV dengan fitur wifi direct biasanya harganya lebih mahal. Oleh alasannya adalah itu, terdapat alat pendukung yang bisa menggantikan fitur miracast.

Cara Menyambungkan Hp ke Tv Samsung dengan google chromecast

Nama alat pendukung tersebut adalah Google chromecast. Alat ini memiliki kegunaan selaku media streaming, menonton film, dan jalan masuk internet. Apa saja yang diperlukan untuk mampu menghubungkan HP ke TV dengan Chromecast / any cast ? :

  1. Perangkat Anycast/ Google Anycast atau sejenisnya
  2. Smartphone dengan aplikasi Google Home
  3. Televisi dengan fitur HDMI video input
  4. Koneksi wireless dengan koneksi internet

Cara menyambungkan hp android ke tv LCD atau ke TV tabung sekalipun dengan google chromecast ialah selaku berikut.

  1. Pertama-tama, hubungkan chromecast ke TV dengan memakai port HDMI
hubungkan chromecast ke TV
  1. Unduh aplikasi google home pada HP yang nantinya dipakai berfungsi mengatur chromecast dari jauh. Aplikasi ini bisa diunduh melalui link yang didapat dari sumber web atau daerah lain. Selain itu supaya bisa saling terkoneksi maka hidupkan wifi pada hp Anda.
  1. Selanjutnya, ganti jalan masuk TV memakai remote dan alihkan ke HDMI. Disana akan timbul penampilan sinkronisasi yang berisi arahan sehingga Anda diwajibkan menginput datanya ke hp. Lakukan dalam hitungan waktu tertentu alasannya adalah biasanya diberi batasan.
  1. Apabila sinkronisasi sudah berhasil dilaksanakan maka otomatis hp dan Tv telah terhubung. Kaprikornus, layanan streaming dan kanal internet melalui Tv sudah bisa Anda peroleh.

Sebenarnya cara menghubungkan TV ke TV tanpa kabel cukup banyak dan bermacam-macam. Namun jika ditinjau dari kepopulerannya maka google chromecast mampu menjadi opsi terbaik.

Kelebihan menghubungkan antara hp dan tv tanpa menggunakan kabel diakui cepat dan efektif. Selain itu, argumentasi mengapa pemakaian tanpa kabel lebih praktis alasannya adalah hanya perlu tersambung koneksi.

Pilih Miracast atau Google Chromecast ?

Dari segi penggunaan pastinya akan lebih baik kalau anda memakai google chrome cast sebab HP ponsel pintar menjadi mampu digunakan secara serentak untuk kebutuhan lain.

Selain itu Google Chromecast telah support banyak aplikasi yang umum dipakai misalnya Youtube, Netflix, Spotify dan banyak lagi.

Pertimbangan lainnya adalah harga dari TV dengan fitur wifi direct semoga mampu memakai teknologi Miracast condong lebih mahal, sedangkan pada teknologi google chromecast atau anycast cuma diperlukan TV dengan support port HDMI dan pastinya wifi rumah saja.

Nah, itulah beberapa tahapan cara menyambungkan hp ke Tv Samsung yang mampu Anda praktikkan di rumah. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menyambungkan hp ke Tv yaitu perasaan tenteram alasannya pandangan jauh lebih luas dan terang.

0 Response to "Cara Menyambungkan Hp Ke Tv Samsung Tanpa Perlu Kabel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel