Apa Itu Ram Dan Fungsinya

Jika kamu memakai HP, kau mungkin pernah mendengar nama unsur hp mirip prosesor, GPU, ROM dan juga RAM. Jadi apa itu RAM dan ROM, apa fungsi ram di hp? Mari belajar ihwal RAM lebih rincian dari artikel berikut ini.

Daftar Isi :

Apa itu RAM dan ROM?

Pengertian RAM

Apa itu RAM? RAM yaitu akronim dari Random Access Memory yang ialah salah satu komponen paling penting selain prosesor baik pada komputer maupun pada laptop. RAM adalah memori sementara yang membantu menyimpan isu terkini sehingga CPU mampu mengakses dan memprosesnya dengan lebih cepat.

RAM tidak mampu menyimpan data saat catu daya terputus. Jika perangkat kehilangan daya atau mematikan hp, data pada RAM otomatis akan terhapus.

Baca juga : Cara Cek RAM Laptop

Pengertian RAM

Pengertian ROM

ROM (Read Only Memory)  merupakan jenis memori di mana data telah ditulis sebelumnya dan berisi acara yang membantu komputer atau hp melaksanakan boot . Tidak mirip RAM, yang meniadakan semua data penyimpanan sementara, ROM mempertahankan isi data dan program di dalamnya bahkan sesudah mesin dimatikan.

Itulah sebabnya komputer atau hp dapat dihidupkan dikala pertama kali digunakan. Tanpa ROM, mem-boot metode tidak mungkin mampu dijalankan.

Pengertian ROM

Fungsi RAM dan ROM

Setelah membaca penjelasan mengenai ROM dan RAM diatas, sudah terperinci perbedaan dari fungsi kedua komponen komputer satu ini. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan fungsi RAM dan ROM berikut :

Fungsi RAM

Fungsi RAM digunakan dalam operasi normal komputer atau hp sehabis mengawali dan menampung metode operasi. RAM juga berfungsi memulihkan atau mengganti data yang tersimpan di RAM.

Fungsi ROM

Sedangkan fungsi ROM dipakai selama proses startup komputer atau hp. Data dalam ROM cuma mampu dibaca, tetapi tidak dapat diedit atau diubah, itulah sebabnya disebut Read Only Memory.

Apa Itu RAM SODIMM

Komputer berukuran kecil mirip laptop dan notebook yang menggunakan modul RAM memiliki papan sirkuit yang lebih kecil. RAM SODIMM adalah jenis RAM yang lebih tipis yang memungkinkan komputer berskala kecil memiliki kapasitas memori yang serupa dengan komputer yang lebih besar mirip PC.

RAM Sodimm

Apa Itu RAM Dual Channel

Belakangan ini pabrikan komputer sudah membuatkan banyak teknologi pada motherboard , salah satunya yaitu RAM Dual Channel. Ini merupakan suatu teknologi gres yang menolong kecepatan transfer data antara RAM dan CPU berkembangdua kali lipat dibandingkan memakai RAM Single Channel.

Dengan memakai teknologi RAM Dual Channel RAM dan semakin besar kapasitas RAM yang terpasang, semakin besar lengan berkuasa perangkat kamu pakai untuk menanggulangi banyak tugas yang berbeda pada dikala yang serupa tanpa cemas terjadi lag atau slow respon.

Apa itu RAM pada HP?

Jika kau bertanya-tanya apa itu ram pada hp? Secara umum , memori RAM ialah suatu bagian perantara antara file metode tergolong ROM dan prosesor dengan tugas menunjukkan informasi, tugas, dan baris perintah secepat mungkin.

Apa itu RAM pada HP Smartphone

Informasi yang dibutuhkan prosesor akan disimpan dalam RAM menanti untuk diakses, baik itu file sistem operasi, data aplikasi, grafik game, peran berkala atau apa pun yang akan diproses.

Setiap sel memori dalam RAM mempunyai alamat. Tanpa RAM, smartphone bahkan tidak dapat melakukan peran-tugas dasar alasannya adalah mengakses file data akan sungguh lambat. Kaprikornus RAM sangat penting untuk suatu HP.

Semakin besar RAM, apakah Kinerja HP makin tanpa hambatan?

Memori RAM ukurannya jauh lebih rendah daripada memori hard drive, tetapi RAM yakni daerah CPU untuk mendapatkan data untuk diproses, sehingga kecepatan menulis dan membaca di RAM sungguh cepat. RAM memainkan peran yang menentukan dalam kemampuan sebuah komputer untuk melakukan banyak peran.

Baca juga : Fungsi Hardisk

Semakin besar jumlah RAM, kian cepat siklus memori bekerja sehingga semakin nyaman kita memakai perangkat tanpa lag atau hang. Jika jumlah RAM tidak cukup, perangkat akan mengalami lag atau hang alasannya adalah banyaknya peran yang menimbulkan memory overflow.

Namun, memiliki jumlah RAM yang besar tidak mampu memastikan bahwa perangkat tersebut tanpa hambatan atau tidak, tetapi tergantung pada banyak aspek seperti sistem operasi yang dioptimalkan dengan baik, jumlah RAM tidak perlu terlalu besar. Misalnya, iPhone 6 cuma memiliki RAM 1 GB, tetapi efisiensi pemrosesan dinilai lebih tinggi daripada versi Android dengan RAM 2 GB atau 3 GB.

0 Response to "Apa Itu Ram Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel