Cara Servis Tv Sharp Protek

Di postingan kali ini aku akan share cara servis tv sharp protek yang pada umumnya kita tahu brand sharp memang sering kerusakan protek. Nah sebelum mulai service TV ini wajib dibersihkan dahulu mesin TV nya dengan sikat atau kuas ujungnya sudah diiris sekitar 2 cm.

Tujuan membersihkan mainboard ini biar jika ada titik solder yang tampaksudah kendur dan mau lepas atau sudah retak bisa kita solder ulang alasannya tidak jarang penyebabnya yaitu alasannya solderan yang sudah tidak terkoneksi dengan baik.

Lebih baik lagi gunakan cairan thinner high gloss ( yang bermutu elok dan cepat kering ) untuk membersihkan kotor atau noda pada mesin TV.

Cara Servis TV Sharp Protek

Setelah PCB TV / mesin TV telah higienis periksa semua titik solder di bab :

  1. Vertikal
  2. STR Regulator
  3. power supply-Flyback
  4. Transistor Horizontal
  5. Tuner
  6. Deflection yoke

Bagian atau blok rangkaian TV yang disebutkan diatas ialah yang dianjurkan untuk disolder ulang khususnya untuk bab IC Vertikal, Power supply, dan Horizontal sebab paling kerap mendapatkan panas berlebih.

Misalnya mirip solderan dibawah ini pada sekitar flyback terlihat sudah retak.

solder ulang mesin TV sharp

Perhatikan juga warna resistor yang ada disekitar blok vertikal apakah ada yang telah berubah warna alasannya panas sehingga resistansinya mampu berganti, kalau memang yakin terdapat kerusakan pada IC vertikal mampu pribadi diganti saja.

Jika bagian blok TV diatas telah di solder ulang coba hidupkan TV apakah telah wajar ? jikalau masih protek yang ditandai dengan TV eksklusif mati dan muncul kedip pada indikator TV lakukan langkah seperti dibawah ini :

  1. Jika lampu indikator menyala warna merah kemudian berubah ke warna hijau dan berhenti menjadi warna kuning maka kemungkinan kerusakan ada pada IC memori yang biasanya letaknya ada di bab depan dan kakinya ada 8 pin type nya bisa 24c04, 24c08 atau 24c16. Tetapi biasanya bila nanti sudah diganti mesti ada settingan parameter yang dijalankan dengan kode remote servis tv sharp.
  2. Jika indikator berwarna merah dan kemudian mati maka kemungkinannya kerusakan pada IC MICOM yakni TDA 938xxx. Tetapi mampu juga alasannya adalah tegangan 3.3Volt DC pada regulator hilang sehingga tentukan juga dicek dengan power supply ya.
  3. Kerusakan IC memori juga mampu menyebabkan indikator LED kedip hijau atau merah.
  4. Cek tegangan 180V DC untuk blok RGB jika terdapat kerusakan pada resistor pembatasnya mampu mengakibatkan protek juga.
  5. Terakhir, jikalau led indikator memberikan warna hijau selama kurang lebih 5 – 10 detik kemudian kembali lagi menjadi merah maka kemungkinan kerusakan ada di bab horizontal. Lakukan pengecekan pada flyback dengan cara mencabut flyback atau menggantung kaki kakinya dan ukur dengan multimeter skala 10K pada kaki ground dan kaki yang menuju pengumpul transistor output horizontal. Jika jarum multimeter bergerak maka kemungkinan flyback sudah short.

Kesimpulannya untuk kerusakan TV Sharp protek ini, sebelum melanjutkan ke pengecekan atau penggantian bagian pastikan dulu sebelumnya resoldering dahulu blok yang sekiranya sudah retak solderannya.

Sisanya yang paling biasa kerusakan tidak jauh dari blok vertikal, flyback horizontal, regulator dan MICOM TDA.

0 Response to "Cara Servis Tv Sharp Protek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel