Rangkaian Sirine Polisi Dengan Ic Ne555

Rangkaian sirine polisi ini adalah salah satu dari sekian banyak circuit yang mampu dibangun dengan IC timer yang sangat lazim dipakai adalah NE555, berikut dibawah ini aku share untuk diagram rangkaian.

Rangkaian ini menggunakan 2 IC timer NE555 yang pada dasarnya masing masing bekerja selaku Multivibrator tak stabil.

Rangkaian ini di supply dengan tegangan range 6 -15 Volt saja dan jika memakai speaker dengan resistansi yang tepat cukup bisa menciptakan bunyi yang lumayan nyaring. Tentu saja untuk mendapatkan bunyi untuk area yang luas maka output mampu dihubungkan dengan pemanis power amplifier.

IC pertama pada rangkaian disetting sebagai multivibrator tak stabil yang melakukan pekerjaan di sekeliling frekuensi 20Hz sedangkan IC kedua adalah multivibrator dengan frekuensi kerja 600Hz.

Output dari IC pertama dikoneksikan ke pin5 IC kedua yang ialah pin untuk voltage input IC2. Ini menciptakan IC kedua dimodulasi oleh output dari frekuensi multivibrator IC pertama yang sekaligus juga memberikan imbas sirine.

Rangkaian Sirine Polisi dengan IC NE555

Dalam pengertian sederhananya, output frekuensi dari IC kedua diatur oleh output dari IC 555 yang pertama. Berikut ini saya share juga bagaimana konfigurasi IC 555 agar mampu dipahami juga fungsi dari tiap pin nya

konfigurasi IC 555 2

Karena rangkaian cukup sederhana maka mampu dirakit pada PCB titik, untuk menerima bunyi yang nyaring maka disarankan menggunakan power supply tegangan 12 Volt DC dengan resistansi speaker sesuai gambar adalah 64 Ohm 500mW.

0 Response to "Rangkaian Sirine Polisi Dengan Ic Ne555"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel