Rangkaian Remote Control Untuk Lampu

Rangkaian remote kendali lampu ini terbilang cukup sederhana dan bagian untuk merakitnya pun cukup gampang ditemukan dengan ongkos yang cukup murah namun dengan fungsi yang unik yakni bisa menyalakan lampu atau perlengkapan listrik yang lain dengan cukup mengarahkan remote ke arah sensor nya.

Bisa berbentukremote TV, DVD, AC bahkan remote apapun itu yang bekerja dengan cara infrared atau lazimdisebut IR LED yang ialah sebuah dioda LED.

IR LED jika dalam keadaan aktif bisa mengirimkan cahaya infra merah / infra red dan lazim dipakai pada remote TV, cahaya yang diantardari LED infra ini kemudian diterima sensor di mesin TV berupa receiver biasanya type TSOP17XX dengan XX adalah memberikan frekuensi dari sensor dalam satuan Khz.

Misalnya sensor infra TSOP1730 akan merespon cahaya infra dari IR LED yang sudah dimodulasi dengan frekuensi sebesar 30Khz. Sepengetahuan penulis lumayan banyak juga pilihan range yang tersedia contohnya TSOP1730, TSOP1738, TSOP1740. Untuk TV sendiri memakai type TSOP1738.

Sensor infrared TV

Dengan sedikit kreatifitas maka mampu dibuat rangkaian saklar yang dikontrol oleh remote dengan menekan tombol apapun dan menggunakan sensor TSOP1738 sebagai akseptor atau receiver nya dan nantinya dihubungkan dengan sebuah relay biar bisa mengatur lampu dengan tegangan 220 VAC.

Rangkaian Remote Kontrol Lampu

Sensor TSOP memiliki output low yang artinya tegangan menjadi rendah dikala cahaya infra merah terdeteksi. Bisa dilihat di rangkaian output dari sensor diumpankan ke IC CMOS 4017 sehingga output dari IC akan berupa saklar push ON/OFF saat diterima sinyal dari lampu infra red.

Dengan menggunakan suatu relay 9Volt kecil dan baterai kotak 9Volt maka rangkaian akan cukup awet untuk digunakan alasannya adalah penggunaan arus pada rangkaian juga sangat kecil. Dan pastinya penggunaan tidak terbatas untuk menyalakan lampu saja namun mampu juga diganti dengan perangkat listrik lainnya.

source : circuitdigest.com

0 Response to "Rangkaian Remote Control Untuk Lampu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel