Perbedaan Led Dan Lcd Tv

Perbedaan dasar TV LED, LCD dan Plasma ini wajib dikenali nih buat yang berencana akan berbelanja TV gres, bila pada abad 80-90an konsumen akan sungguh mudah sekali menentukan TV mana untuk dibeli karena umumnya yang dijadikan opsi yakni brand favorit mirip Sony, Samsung, Sharp dan yang lain.

Saat ini tidak mudah untuk menentukan jenis TV mana yang mau dibeli karena masing masing punya banyak jenis sesuai perkembangan zaman. Sebut saja layar CRT, Projection, LED, LCD, Plasma. 4 type TV yang disebutkan terakhir ialah layar datar dan ada keunggulan serta kekurangan masing masing.

Jika telah dihadapkan di store tentunya akan sungguh membingungkan jikalau tidak lebih dahulu mengetahui keunggulan dan kekurangan masing masing.

Nah khusus untuk TV LED, LCD dan Plasma seluruhnya terlihat sama, semua terlihat datar dan bentuk yang ramping serta tersedia dalam banyak pilihan ukuran yang ada.  

Artikel ini akan memberikan secara singkat jenis TV mana yang hendak anda pilih menurut keunggulan dan kekurangan masing masing.

Daftar Isi :

LCD TV

Ketika membicarakan perihal TV kurun kini kebanyakan akan menyebut jenis LCD atau Liquid Crystal Display Wikipedia. Cara kerja sederhana TV jenis ini yaitu adanya backlight dibagian belakang panel yang berjenis lampu fluorescent / neon, dikala cahaya dari backlight ditembakkan ke lapisan kristal display di depannya maka akan muncul gambar sesuai variasi warna yang dibuat oleh lapisan kristal.

cara-kerja-LCD-TV

Kelebihan

  1. TV LCD saat ini tergolong type layar datar yang sudah terjangkau harganya dibanding jenis yang lain karena telah cukup biasa digunakan.

Kekurangan

  1. Salah satu kekurangan paling besar type ini adalah tidak bisa menawarkan pengalaman penampilan true black ketika gambar memperlihatkan warna hitam. Ini dipengaruhi oleh backlight yang dipakai type fluorescent.
  2. Tidak cocok untuk digunakan untuk memperlihatkan gambar high frame rate sebab adanya keterlambatan / delay motion yang ditampilkan.

“True black ialah kemampuan sebuah televisi khususnya dalam memperlihatkan gambar yang benar benar hitam, misalnya ketika memperlihatkan ruangan gelap maka semestinya jikalau telah mendukung fitur true black, gambar akan benar benar gelap”

LED TV

LED TV intinya ialah pertumbuhan dari LCD TV, yang membedakan ialah komponen backlight di balik layar tidak menggunakan lampu fluorecent / lampu neon tetapi benar benar menggunakan lampu LED yang disusun sedemikian rupa dengan tambahan filter yang lain sehingga cahaya dari lampu LED benar benar menyebar ke semua bagian display.

Pada biasanya TV jenis ini mampu memperlihatkan efek true black yang lebih baik dari LCD, meskipun tidak benar benar gelap alasannya adalah tetap memakai backlight selaku sumber pencahayaannya.

cara-kerja-led-tv

Kelebihan

  1. Dari segi ukuran khususnya lebar TV LED lebih tipis meskipun dalam ukuran yang besar
  2. Lebih hemat daya alasannya adalah menggunakan lampu LED yang memang terkenal akan komsumsi dayanya yang rendah
  3. Cocok dipakai untuk keperluan game karena mempunyai waktu respon menampilkan gambar yang sangat baik
  4. Efek true black yang lebih baik
  5. Menampilkan sudut pandang yang lebih lebar adalah 175 derajat sehingga jikalau dilihat dari samping pun masih terlihat gambar yang ditampilkan.

Kekurangan

  1. Harga yang lebih mahal dibandingkan type LCD dan Plasma.

Plasma TV

TV Plasma tidak menggunakan backlight pada bab belakang panel TV, sebagai sumber pencahayaan memakai masing masing lampu yang terdapat pada masing masing pixel nya.

Sehingga pada panel plasma, masing masing nya terdapat lampu R,G,B (red, green, blue). Sederhananya masing masing cell/ pixel bertindak sebagai backlightnya.

cara kerja plasma tv

Dengan demikian maka penggunaan listrik pada TV versi ini lebih boros namun mutu gambar yang dihasilkan lebih baik.

Kelebihan

  1. Menghasilkan imbas true black yang sangat bagus dan terlihat alami
  2. Kualitas gambar yang menakjubkan dengan respon menampilkan gambar yang baik juga.

Kekurangan

  1. TV condong tebal dan berat dibandingkan dengan type LED dan LCD pada ukuran inch yang serupa
  2. Layar timbul glare pada siang hari

Kesimpulan

Kaprikornus sekarang pertanyaan bahu-membahu, TV type manakah yang tepat untuk dibeli ? Jika dana bukan permasalahan utama, maka TV LED yaitu pilihan tepat alasannya mampu menampilkan mutu yang baik dalam ruangan yang lebar disamping itu banyak terdapat ukuran lebar layar yang tersedia.

Jika budget yang tersedia terbatas, maka LCD adalah pilihannya sebab umumnya memiliki harga yang lebih bersahabat.

Bagi yang mengharapkan penampilan gambar lebih natural maka TV Plasma adalag opsi yang sempurna namun konsekuensinya konsumsi listrik cukup besar dan ukuran TV yang lebih tebal serta cukup berat.

Sebagai perbandingan, pada ukuran lebar inch yang serupa bila LED TV mengkonsumi sebesar X Watt. Maka idealnya LCD memakan 2X Watt sedangkan Plasma memakan 3X Watt.

Nah demikian beberapa perbedaan dasar TV LED, LCD dan Plasma dengan semua keunggulan dan kekurangannya semoga setidaknya bisa memberikan sedikit tutorial dalam menentukan jenis TV yang tepat.

0 Response to "Perbedaan Led Dan Lcd Tv"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel