Kiat Tv Kena Petir

Pada demam isu hujan maka kemungkinan kerusakan TV kena petir lebih besar dan pastinya sudah mampu ditebak kerusakan yang ditimbulkan akan tidak mengecewakan parah dan anggapan pertama kemungkinan yakni apakah TV masih bisa diperbaiki ?

Bagi orang awam saat terjadi seperti ini mungkin akan bertanya tanya tv kena petir apanya yang rusak, apa masih bisa diperbaiki, bila diperbaiki pun berapa ongkos servisnya ? dan lain lain…

Daftar Isi :

TV Kena Petir

Nah di postingan kali ini saya coba share untuk menjawab pertanyaan tadi. Pertama yang harus dikenali adalah kenapa kalau TV tersambar petir kerusakannya cukup parah ? Ini karena tegangan dari petir itu sendiri memang hebat besarnya mampu meraih jutaan volt dan dengan arus kisaran 20000 Ampere.

Bagi yang ingin membandingkan bisa dibayangkan untuk alat las listrik pun cuma menggunakan arus sebesar 200-450 Ampere saja. Sumber petir yang masuk dan merusak TV sendiri juga bisa kelihatan, bila kerusakan di tuner maka petir mengalir melalui kabel antenna, sedangkan jikalau blok power supply yang rusak maka mampu ditentukan petir masuk melalui jala jala listrik PLN.

rumah terkena petir

Ciri TV kena petir

  1. TV tidak bisa dinyalakan padahal sebelumnya mampu dinyalakan dengan wajar . Kemungkinan terkena petirnya saat malam hari ketika anda istirahat dan pemilik tidak sadar kalau TV nya rusak kena petir
  2. Bila TV tersambar petir lewat antenna maka kemungkinan blok tuner hangus, jikalau blok power supply yang hangus maka mampu dipastikan kena petir nya dari listrik PLN
  3. Jika dibuka pada mesin TV nya akan tampakjalur PCB dengan komponen yang terbakar, lazimnya di jalur grounding
  4. Komponen mirip, elco capacitor meletus, IC atau transistor pecah – IC Memory EEPROM mengalami kerusakan data korup alasannya jenis IC mirip ini memang sangat sensitif
tv rusak kena petir

Pengalaman selama ini dalam service TV dengan perkara TV tersambar petir paling sering terkena dari jalur listrik PLN, sesungguhnya agak jarang juga yg kena dari antenna tetapi jika kebetulan antenna TV cukup tinggi atau berdekatan dengan pohon yang terkena petir maka kemungkinannya tetap ada.

Lalu apakah TV kena petir masih mampu diperbaiki ? Sulit untuk mampu menebak apakah masih mampu diperbaiki seperti semula atau tidak alasannya tidak mampu ditebak sampai sejauh mana petir masuk ke mesin TV dan akibatnya mesti dijalankan pengecekan.

Terkadang ada juga yang kerusakan ringan seperti cuma fuse di bagian power supply saja yang putus atau cuma dioda yang short.

Tips memperbaiki TV Tersambar Petir

Ada sedikit kiat dan bimbingan sederhana bagi teknisi/ tukang service bagi yang mampu pasien TV rusak sebab disambar petir :

  1. Umumnya konsumen telah maklum bila TV tidak mampu diperbaiki karena kerusakan seperti ini memang cukup parah, disamping itu meskipun TV masih garansi mampu hangus garansinya.
  2. Fokuskan perbaikan dengan mengevaluasi blok power supply dan blok tuner, cek apakah ada bagian yang hangus terbakar. Jika benar benar hangus dan tidak terlihat berapa aba-aba unsur nya maka harus dicari skema tv tersebut. Jika mujur maka hanya fuse/ sekring nya saja yang putus.
  3. Cek bab bawah mesin TV lazimnya jalur ground lebih mudah terbakar, jikalau masih memungkinkan diperbaiki solder ulang dengan dibantu disambung kaki bagian.
  4. Pastikan untuk selalu mengevaluasi dahulu fisik di mesin TV apakah banyak yang terbakar atau tidak. Jangan sampai kita telah susah payah memperbaiki power supply dan tuner misalnya, ternyata kerusakan telah menjalar sampai MICOM, vertikal atau bagian yang lain, pelanggan tentu saja keberatan dan kita pun kehilangan waktu juga.
  5. Kerusakan yang telah terlalu parah dan memungkinkan untuk ganti mesin maka akan lebih simpel, opsi mesin TV China dikala ini beraneka ragam dan mudah ditemukan.

Supaya TV Tidak Kena Petir

Jika tinggal di daerah dengan kemungkinan kena petir lebih tinggi maka ada baiknya instalasi rumah dilengkapi dengan anti petir ( penangkal petir ) yakni dengan menghubungkannya ke grounding agar tidak merusak juga ke perangkat listrik lainnya di rumah.

Yang lebih kondusif lagi bila memang kondisi hujan dibarengi petir ada baiknya colokan untuk antenna (bila menggunakan antenna outdoor) serta power supply ke PLN dicabut saja untuk meminimalisir terjadinya tersambar petir.

0 Response to "Kiat Tv Kena Petir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel