Harga Dinamo Mesin Basuh

Berapakah harga dinamo mesin basuh jika terjadi kerusakan ? berikut ini aku share harga motor listrik mesin basuh pada ketika artikel ini ditulis. Seperti yang diketahui bahwa mesin cuci/ washing machine sangat menolong aktifitas sehari hari biar mencuci menjadi lebih mudah dan praktis selain itu membuat lebih singkat kering sehingga mempercepat waktu mencuci.

harga dinamo mesin cuci

Mesin cuci bisa berputar sebab adanya motor listrik yang sering disebut dinamo, apa itu dinamo ? sederhananya dinamo adalah alat yang berfungsi untuk mengganti energi listrik menjadi energi kinetik dalam hal ini putaran tabung mesin basuh.

Pada ketika terjadi kerusakan mesin cuci tidak mau berputar maka kemungkinan besar terdapat kerusakan pada dinamo mesin basuh.

Untuk diketahui bahwa dinamo mesin cuci tergolong salah satu part yang sering mengalami kerusakan seperti mesin cuci tidak inginberputar, dinamo kebakar, mesin basuh berdengung , dan kerusakan lainnya bisa dilihat juga pada postingan cara memperbaiki mesin cuci sendiri.

Perlu juga diingat untuk mesin cuci satu tabung dan dua tabung terdapat perbedaan dinamo sehingga harga nya juga pasti berlainan cukup jauh.

Pada postingan kali ini saya share beberapa harga dinamo mesin cuci yang telah aku kumpulkan dari beberapa toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX dan Shopee.


Daftar Isi :

Ciri Kerusakan Dinamo Mesin Cuci

Sebelum memutuskan untuk berbelanja dinamo mesin basuh, ada baiknya untuk memeriksa apalagi dulu kerusakan mesin cuci tersebut, bagi sahabat teknisi yang belum tahu cara mengecek dinamo mesin cuci bahwasanya langkah langkah nya sungguh gampang asalkan kita mempunyai Multimeter/ AVO meter.

Berikut ini ciri ciri kerusakan dinamo mesin cuci :

  1. Mesin basuh tidak mau berputar sama sekali
  2. Mesin basuh hanya berdengung
  3. Putaran mesin cuci lemah

Tentunya untuk memastikan kerusakan disebabkan oleh dinamo/ motor listrik maka harus dilaksanakan pengecekan dengan alat ukur, berikut langkah langkah nya :

  1. Pastikan stop kontak listrik sudah dicabut dan kondisi mesin basuh pada posisi OFF
  2. Buka bagian belakang mesin cuci untuk bisa mengakses perkabelan dinamo mesin cuci
  3. Sebisa mungkin pisahkan kabel dinamo mesin cuci dari rangkaian kabel biar hasil pengukuran dinamo tidak dipengaruhi rangkaian
  4. Terdapat 3 kabel pada dinamo mesin cuci adalah
    1. Common, fungsinya mirip kabel netral sebagai supply listrik dinamo
    2. Running, fungsinya mirip fasa/ terminal listrik utama untuk menggerakkan dinamo
    3. Start, fungsinya sebagai starting yang dihubungkan ke kapasitor
  5. Ukur ketiga kabel tersebut dengan Multimeter, semestinya resistansi antara Common-Running dan Common-Start tidak berbeda jauh
  6. Jika resistansi terpaut jauh misalnya Common-Running sekitar 30 Ohm sedangkan Common-Start tidak timbul resistansi maka coil untuk start putus. Demikian juga bila resistansi sampai menawarkan 0 Ohm maka coil tersebut short/ konslet.
  7. Resistansi dinamo tiap type mesin basuh niscaya berlainan alasannya tergantung kapasitas nya. Makin besar kapasitas mesin cuci maka makin rendah nilai resistansi coil dinamo nya. Namun selaku acuan, kisaran 30 Ohm – 100 Ohm masih dianggap masuk akal.
cara mengukur dinamo mesin cuci

Jika telah diyakinkan kerusakan pada dinamo tersebut maka selanjutnya bisa dilanjutkan ke penggantian dinamo mesin basuh. Bagi pemula yang ingin mencoba memperbaiki mesin cuci bisa dikerjakan sendiri asalkan terdapat alat nya.

Ini dikarenakan mengganti dinamo listrik yang posisi nya cukup susah dijangkau tidak mengecewakan susah, disamping itu untuk membuka Puli dinamo/ pulley juga pengalaman aku langsung cukup sulit karena biasanya terdapat korosi sehingga mesti menggunakan tracker untuk memisahkan pulley dari dinamo mesin basuh tersebut.


Tips Membeli Dinamo Mesin Cuci

Sebenarnya untuk dinamo mesin basuh sangat disarankan untuk berbelanja secara offline dan dengan menenteng teladan dinamo tersebut sebab untuk memastikan spesifikasi dan yang paling penting ukurannya sama persis/ identik, beberapa spesifikasi yang wajib diamati sebelum berbelanja dinamo mesin basuh adalah :

  1. Daya/ Watt dinamo mesin cuci
  2. Tegangan dinamo mesin cuci
  3. Panjang dan diameter As dinamo
  4. Dilengkapi dengan thermofuse/ sekring pengaman
  5. Jarak antar lubang dinamo selaku dudukan ke bodi mesin basuh
  6. Diameter bodi dinamo
  7. Lilitan dengan spesifikasi kawat tembaga ( wajib ), bila disediakan lilitan alumunium walaupun harga lebih murah seharusnya ditolak saja alasannya adalah tidak awet

Untuk memutuskan beberapa hal diatas sangat mudah jika membandingkan langsung namun kalau membeli secara online agaknya cukup susah, kecuali kalau sudah dicantumkan spesifikasi sejelas jelasnya.


Harga Dinamo Mesin Cuci Sharp

Sebelum berbelanja dinamo mesin basuh sharp khususnya type 2 tabung maka mesti dipastikan dulu kerusakan apakah di dinamo untuk wash/ mencuci atau dinamo untuk pengering mesin basuh/ spin. Biasanya harga untuk dinamo spin lebih hemat biaya. Berikut ini beberapa harga yang dikumpulkan dari beberapa toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak

Harga dinamo mesin basuh Sharp untuk Wash

harga dinamo mesin cuci sharp untuk wash

Harga dinamo mesin cuci Sharp untuk Pengering/ Spin

harga dinamo mesin cuci sharp untuk pengering spin

Seperti bisa dilihat pada gambar bahwa harga dinamo dengan merk Sharp rata rata kisaran Rp.135.000 – Rp.230.000


Harga Dinamo Mesin Cuci Polytron

Biasanya untuk dinamo mesin cuci polytron bisa memakai dari brand lain asal mampu dipastikan secara fisik ukuran dinamo nya dan kapasitas mesin cuci apakah itu 6-7 Kg atau lebih. Untuk itu lebih diusulkan berbelanja secara offline untuk type mesin basuh polytron biar dinamo tidak mubazir.

harga dinamo mesin cuci polytron untuk pengering spin

Harga Dinamo Mesin Cuci Sanken

Mesin cuci Sanken terdapat beberapa type dengan kapasitas bervariasi misalnya type Sanken TW-883EPK, Sanken TW-8630TG dengan kapasitas 7kg, atau Sanken TW 8700 dengan kapasitas mencuci 8Kg.

Sama mirip brand lainnya, kadang kala untuk part dinamo mampu menggunakan part sejenis dengan merk lain asalkan secara fisik dan spesifikasi dinamo tidak berbeda jauh.

Harga dinamo mesin cuci Sanken untuk mencuci/ wash

harga dinamo mesin cuci sanken wash

Harga dinamo mesin cuci Sanken untuk spin/ pengering

harga dinamo mesin cuci sanken untuk pengering spin

Harga Dinamo Mesin Cuci Lengkap

Mesin cuci berisikan berbagai macam merk misalnya saja Sharp, Sanyo, Sanken, Panasonic, Denpoo, LG, Samsung, Polytron, Elextroluc, Toshiba, Akari, Daichi, yang tentunya harga part dinamo listrik mesin basuh berbeda beda. Berikut ini daftar harga dinamo mesin basuh yang bisa aku peroleh beserta kisaran harga saat postingan ini dibuat, supaya berguna :

Type Mesin CuciHarga Dinamo
Dinamo pengering mesin basuh 60 Watt Rp. 165.000
Dinamo mesin cuci SamsungRp. 300.000
Dinamo spin mesin cuci SamsungRp. 170.000
Dinamo mesin basuh 135 WattRp. 210.000
Dinamo mesin basuh Sanken XD 135 Rp. 180.000
Dinamo motor spin mesin basuh Sanken Rp 208.000
Dinamo mesin basuh XD 135 Shaft 12mm Rp. 284.000
Dinamo pengering mesin cuci M-921 (Sharp)Rp. 270.000
Dinamo spin mesin cuci Sharp Rp. 150.000
Dinamo mesin basuh SharpRp. 175.000
Dinamo mesin basuh Sharp/Panasonic/Polytron Rp. 170.000
Dinamo mesin cuci full autoRp. 275.000
Dinamo pengering mesin basuh PanasonicRp. 120.000
Dinamo spin mesin basuh LG as 12 mmRp. 175.000

0 Response to "Harga Dinamo Mesin Basuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel