Fungsi Flux Pasta Solder

Artikel kali ini akan sangat berguna bagi sobat teknisi yang belum tahu apa itu dan apa fungsi flux pasta solder, mirip yang dikenali aktifitas teknisi listrik maupun elektronika sungguh banyak berafiliasi dengan solder yang fungsinya ialah untuk menempelkan komponen ke papan circuit/ board rangkaian.

fungsi flux solder

Bagi para teknisi yang terlatih tentunya pasta solder ini mesti tersedia alasannya adalah jika tidak terdapat pasta ini pada ketika menyolder maka hasil solderan kemungkinan kurang elok dan mudah korosi. Berikut ini beberapa hal yang mau saya sharing tentang pasta solder dan cara menggunakan pasta solder :

Daftar Isi :

Apa itu Pasta Solder ?

Flux pasta solder atau sering disebut juga Solder Grease merupakan sejenis senyawa yang memiliki fungsi untuk meminimalisir terjadinya lapisan oksidasi pada dikala aktifitas menyolder, kenapa oksidasi ini perlu di hilangkan ?

jawabannya yaitu karena lapisan oksidasi mengakibatkan korosif pada timah sehingga sambungan timah menjadi tidak abadi dan berakibat pada jeleknya kontak antara unsur ke papan circuit PCB.

Fungsi Pasta Solder yakni untuk menetralisir lapisan oksidasi pada lapisan yang mau disolder

Dengan memakai pasta solder maka solderan timah mampu melekat dengan baik, jikalau pada hasil solderan terjadi oksidasi maka sambungan menjadi tidak tepat dan pedoman arus listrik pada rangkaian menjadi terhambat.

Apa itu Pasta Solder

Selain disebut sebagai pasta solder juga sering disebut krim solder / cream solder atau juga soldering paste. Ada beberapa merk flux solder yang cantik contohnya Lotfett atau Pro paste, sepengetahuan penulis merk Lotfett adalah pasta solder yang bermutu sangat baik namun harga flux solder ini memang agak mahal kisaran harga 30 ribu – 45 ribu per 100 gram nya, sedangkan pasta solder yang biasa cuma 10 ribuan saja per 100 gram nya.

Fungsi Flux Pasta Solder

Selain berfungsi untuk menghilangkan oksidasi pada saat menyolder seperti disampaikan diatas, flux juga memudahkan timah menempel pada permukaan dikala dipanasi dengan solder sehingga timah benar benar melekat ke permukaan.

Fungsi yang lain ialah semoga hasil solderan tidak pecah pecah sehingga pada saat terjadi panas pada rangkaian PCB, koneksi tetap tersambung dengan baik dan tidak menghalangi arus listrik pada rangkaian.

Contoh solderan yang baik

Sebenarnya pasta solder ini juga terdapat pada timah, mungkin sering anda perhatikan pada dikala menyolder terdapat minyak yang ikut keluar bersama melelehnya timah / fluks, namun acap kali pada timah gulung dengan kualitas kurang baik kandungan flux ini sangatlah sedikit.

Penggunaan pasta solder secara berkala juga secara tidak eksklusif menciptakan mata solder menjadi baka sebab mencegah terjadinya korosi pada mata solder, lihat juga pada postingan cara membersihkan mata solder untuk perawatan solder biar kekal.

Cara Menggunakan Flux Pasta Solder

Cara penggunaan pasta solder ini sendiri yakni bisa diberikan ke permukaan yang hendak disolder dan ketika dipanaskan, pasta solder akan meleleh dan mengalir ke dalam ruang antara kaki bagian dan base pcb sehingga menghasilkan solderan yang baik.

Cara Menggunakan Flux Pasta Solder

Pasta Solder saat ini paling banyak digunakan dalam proses perakitan papan sirkuit / pcb baik pada industri maupun penggunaan harian. Perlu juga diketahui cara penyimpanan pasta solder yaitu mesti disimpan dibawah keadaan yang tepat, tentukan untuk menyimpan pasta solder pada wadah tertutup yang kedap udara untuk menangkal oksidasi.

Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk cara memakai pasta solder :

  • Bila terkena kulit, bersihkan dengan memakai air yang mengalir, begitu pula dengan busana yang terkena pasta solder harus dibersihkan terlebih dulu sebelum digunakan kembali.
  • Jangan pernah menghirup asap yang dihasilkan oleh pasta solder karena sungguh berbahaya untuk kesehatan.

Demikian artikel kali ini ihwal Fungsi Flux Pasta Solder agar bermanfaat untuk rekan teknisi.

0 Response to "Fungsi Flux Pasta Solder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel