Cara Memperbaiki Kipas Angin
Pada postingan kali ini panduanteknisi akan share bagaimana cara memperbaiki kipas angin semoga bisa berfungsi kembali, tentunya diharapkan tool yang dibutuhkan untuk pengecekan komponen kipas angin dan mohon diperhatikan bagi sobat yang sama sekali tidak mempunyai keahlian kelistrikan untuk sungguh berhati hati untuk perbaikan kipas angin ini.
Banyak kerusakan kipas angin yang mungkin terjadi dan mirip yang kita tahu banyak juga merk kipas angin di pasaran misalnya saja merk seperti Panasonic, Maspion, Cosmos, Miyako dan merk lainnya sehingga mungkin saja tampilan unsur dan cara pengukuran bisa berbeda dengan yang aku sampaikan disini.
Namun pada pada dasarnya sama saja alasannya unsur utama kipas angin yaitu motor listrik atau yang sering disebut juga dengan dinamo.
Baca juga : Dinamo kipas angin
Nah karena kerusakan kipas angin bisa sangat beragam, postingan ini terdiri dari berbagai jenis kerusakan, silahkan pilih kerusakan yang cocok dibawah ini :
Daftar Isi :
Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total
Kerusakan mati total pada kipas angin lumayan banyak terjadi dan lazimnya yakni yang paling mudah untuk menentukan kerusakannya sebab hasil pengecekan pengukuran dengan multimeter bisa menjadi acuan di bab mana kerusakan kipas angin tersebut.
Pada sub postingan ini akan diterangkan cara memperbaiki kipas angin tidak berputar sama sekali alias mati.
Sebelum membuka bagian belakang kipas untuk mengevaluasi motor dinamo listrik dan thermo fuse nya pastikan dahulu tidak ada kerusakan pada kabel instalasi listrik yang ada dalam kipas, mampu saja terdapat kabel pada steker listrik yang terputus, cek juga apakah kondisi selector switch/ saklar pemilih kecepatan kipas masih berfungsi normal.
Jika sudah dipastikan tidak ada yang terputus maka kemungkinan kerusakan cuma ada 2 yaitu kerusakan pada motor listrik terdapat coil yang putus atau kerusakan pada thermofuse.
Untuk membuka cover dinamo kipas angin ini cukup sukar maka ditentukan sebelumnya mempunyai alat alat yang diharapkan ya.
Apa fungsi thermofuse atau thermal fuse pada kipas ?
Fungsi thermofuse pada kipas seperti dengan sekring pengaman, perbedaannya thermofuse tidak menetapkan alasannya ada arus berlebih tetapi hanya akan rusak/ putus jika suhu melalui batas yang diijinkan.
Sehingga bagian thermofuse ini cuma sekali pakai saja kalau rusak harus diganti.
Letak thermofuse umumnya di sekeliling gulungan coil motor dinamo listrik, pastinya sengaja dipasangkan dengan coil biar mampu benar benar terputus dikala terjadi overheat pada kipas. Bentuk thermofuse juga bermacam macam misalnya mirip pada gambar dibawah ini
Cara mengukur thermofuse juga sungguh gampang, sobat bisa menggunakan cara pengukuran dengan AVOmeter dengan pilihan pada Ohm meter atau pada continuity/ buzzer. Jika jarum penanda bergerak atau buzzer pada avometer berbunyi maka thermal fuse masih bagus.
Berapa harga thermofuse jika terjadi kerusakan sehingga harus diganti ? tidak perlu cemas sebab harganya cukup murah seperti capture harga beberapa toko online ketika artikel ditulis
Usahakan penggantian thermal fuse sesuai dengan suhu, tegangan dan kapasitas arusnya semoga ketika terjadi kerusakan serupa tidak akan merembet ke bab lain, dalam hal ini dinamo listrik nya.
Ada juga yang menyiasati dengan mengubah dengan menggunakan serabut kabel namun cara mirip ini tidak diusulkan sebab menjadi tidak kondusif.
Kemungkinan lainnya kipas angin mati total mampu disebabkan juga oleh coil dinamo yang putus, untuk kerusakan ini tentu saja mau tidak mau harus membongkar dinamo dan mendapatkan terminal kontak gulungan nya, tetapi kerusakan mirip ini jarang terjadi alasannya sudah ada thermal fuse yang melindungi jika terjadi overheat sehingga tidak menghancurkan ke dinamo kipas angin.
Bisa juga coil gulungan dinamo kipas short yang disebabkan lembab atau tersiram air di bagian motor listrik nya dianjurkan untuk diganti motor listriknya saja sebab perbaikannya cukup sulit.
Bagaimana ciri dinamo motor listrik yang short atau terbakar ? berikut dibawah ini teladan gulungan dinamo yang sudah terbakar coilnya
Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung
Berikutnya kerusakan kipas angin berdengung yang juga cukup sering terjadi, sepengetahuan penulis ada beberapa penyebab kerusakan kipas angin berdengung adalah :
Kipas angin yang kotor
Penyebab dinamo kipas angin panas salah satunya yakni karena kipas angin yang kotor terutama pada bagian seputar rotor dinamo yang menimbulkan terhambatnya putaran dinamo listrik sehingga dinamo menjadi melakukan pekerjaan lebih berat dan jikalau kotoran debu sudah sungguh menumpuk kesudahannya tidak berpengaruh memutar rotor yang mau mengeluarkan suara dengung
Lama kelamaan jikalau kipas angin tetap dipaksakan melakukan pekerjaan maka akan menimbulkan dinamo panas dan menetapkan thermofuse, itulah juga penyebab permulaan kerusakan thermal fuse pada kipas.
Untuk itu tentukan sebelum perbaikan dilaksanakan untuk dikerjakan cleaning dulu dan pastikan blade kipas pada ketika diputar dengan tangan putarannya tanpa hambatan supaya nanti sesudah pergeseran thermofuse tidak kembali rusak alasannya overheat.
Untuk aktifitas bersih higienis ini biasanya mesti ikut membuka bab rotor dinamo alasannya cukup sukar dijangkau. Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan pelumas pada bagian bushing kipas atau lazimjuga disebut bosh biar putarannya tanpa gangguan, direkomendasikan menggunakan oli yang umum dipakai untuk mesin jahit (singer).
Setelah cover dipasang lagi pastikan putaran rotor dinamo telah tanpa kendala sehingga tidak ada yang menciptakan macet putarannya.
Pada beberapa kipas ada yang menggunakan bushing ada juga yang memakai bearing. Kipas dengan poros menggunakan bearing lazimnya lebih awet alasannya tidak mudah kotor sehingga banyak juga yang memodifikasi mengganti bushing kipas dengan bearing.
Kerusakan Pada Kapasitor Start
Tidak semua kipas angin mempunyai kapasitor start, umumnya cuma kipas angin yang berukuran besar saja. Bagi sahabat yang belum mengetahui fungsi bagian ini bisa melihat artikel sebelumnya yakni fungsi kapasitor start pada motor listrik.
Intinya kegunaan kapasitor ini untuk menolong dikala putaran permulaan (kickstart kapasitor) dan untuk menolong putaran menjadi stabil saat sudah running. Berikut adalah diagram rangkaian kipas angin dengan kapasitor
Untuk mampu meraih terminal kapasitor maka mau tidak mau harus membuka cover batok belakang kipas dan pastikan juga steker listrik sudah tercabut. Perlu berhati hati juga alasannya adalah sifat kapasitor menyimpan arus listrik maka usahakan untuk tidak memegang eksklusif kaki maupun terminal kabel kapasitor.
Bentuk kapasitor pada kipas tidak sama dengan bentuk kapasitor pada mesin cuci yang berbentuk bulat, kapasitor pada kipas berbentuk kotak dengan nilai kapasitansi berkisar 1uF – 12uF dengan tegangan kerja 400V.
Bagaimana cara mengukur kapasitor pada kipas angin ?
Pengukuran dengan multimeter sungguh gampang untuk dijalankan apalagi jika menggunakan ESR meter tetapi jikalau tidak ada bisa memakai multimeter analog, berikut cara pengukurannya :
Seperti bisa dilihat diatas untuk kapasitor yang masih manis pada saat diukur maka jarum penunjuk akan bergerak ke kanan lalu kembali lagi ke kiri. Untuk pengukuran ini bisa memakai selector pada Ohm meter pada pilihan skala x1K Ohm. Dan alasannya adalah pada kapasitor ini tidak ada polaritas maka pada ketika pengukuran tidak perlu menyaksikan polaritas aktual dan negatif.
Penggantian kapasitor dianjurkan memakai kapasitas sesuai aslinya, bisakah mengubah nilai kapasitor menjadi lebih besar ? bisa saja namun mungkin akan menciptakan dinamo menjadi lebih singkat panas.
Sedangkan kalau diganti dengan nilai yang lebih kecil ada kemungkinan kapasitor tidak kuat untuk memutar coil starting. Lebih lanjut untuk cara mengukur kapasitor secara lengkap akan di share di artikel lain.
Kerusakan pada Spul/ Coil Starting
Kerusakan pada coil starting juga akan menjadikan kipas berdengung pada ketika dinyalakan. Ini terjadi alasannya adalah pedoman listrik tetap mengalir ke dinamo namun alasannya adalah dinamo tidak berpengaruh memutar tanpa tunjangan coil start sehingga mengeluarkan suara dengung disertai dinamo yang bergetar.
Bisa dilihat pada gambar dibawah ini yakni diagram coil atau gulungan spul dinamo starting dan running
Tidak dianjurkan untuk perbaikan gulungan karena cukup susah kecuali jika teman mau menggulung ulang coil dinamo nya.
Cara Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Kapasitor
Untuk perbaikan kipas angin tanpa kapasitor sebaiknya lebih mudah untuk dikerjakan sebab konstruksinya lebih sederhana dan lazimnya ukuran kipas tanpa kapasitor lebih kecil.
Sebagai pengetahuan, cara kerja dinamo atau motor listrik tanpa kapasitor disebut juga motor shaded pole yang cuma berisikan satu gulungan saja dan tanpa saklar starter sehingga menciptakan harga nya lebih ekomonis. Namun kekurangannya ialah mempunyai torsi permulaan yang kecil sehingga cuma dipakai pada ukuran dinamo yang kecil. Aplikasinya kebanyakan pada motor listrik pada kulkas, kipas angin kecil .. dll
Lalu bagaimana untuk putaran awal kalau tidak menggunakan kapasitor ? untuk membantu putaran permulaan terdapat lilitan pelengkap yang dinamakan shaded pole. Pada Shaded pole ini fluks magnet akan berkembangpada ketika diberi arus namun ditunda oleh arus induksi pada perisai tembaga.
Seiring arus mengalir pada kumparan utama, pada bagian unshaded pole akan menjadikan medan magnet memutar rotor.
Berikut dibawah ini yakni dinamo kipas angin tanpa kapasitor dengan perisai tembaga :
Kesimpulannya, untuk cara memperbaiki kipas angin tanpa kipas maka yang perlu dicek hanya bab gulungan utama pada dinamo dan thermofuse nya saja. Jika perlu pastikan juga bushing/ bearing yang terkait dengan rotor masih berputar dengan lancar.
Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet Atau Putarannya Lambat
Untuk jenis kerusakan kipas angin putaran lambat biasanya akan mencurigai apakah putarannya macet atau memang terjadi kerusakan pada gulungan dinamo atau mungkin pada kapasitornya ? pada kerusakan ini aku bagi menjadi 3 kemungkinan kerusakan ialah :
As Rotor yang kotor atau Aus
As rotor yang berada di bab depan dinamo berfungsi untuk memutar kipas oleh alasannya adalah itu mungkin saja sering terkena bubuk sehingga menjadikan putaran rotor menjadi terhambat. Terkadang terdapat benda asing seperti rambut, benang atau bubuk yang sudah menempel.
Pada kipas yang berumus belum lama kemungkinan rotor kering sehingga putarannya menjadi seret dan terasa macet ketika diputar dengan tangan, cukup berikan pelumas singer yang umum dipakai pada mesin jahit biasanya sudah kembali wajar .
Sedangkan pada kipas yang sudah berumur, bab bushing/ bosh kadang disebut juga laher bisa aus. Lihat juga pada gear untuk fungsi kipas bergerak kiri-kanan apakah terdapat gear yang telah aus.
Banyak juga yang memodifikasi mengganti bushing ini dengan bearing semoga tidak mudah kotor dan putaran lebih lancar, namun mesti dipastikan dulu bearing yang hendak dipasang ukurannya mesti pas dengan dudukan bushing.
Untuk penggantian bushing dengan bearing/ laher tidak susah karena cukup mudah untuk memperoleh bagian ini di toko unsur elektronik atau bahkan bengkel motor.
Kapasitor Kipas yang telah lemah
Kipas angin yang berputar lambat/ pelan juga mampu disebabkan kapasitor kipas angin yang telah berganti nilainya alasannya adalah mirip telah disampaikan diatas bahwa fungsi kapasitor pada kipas tidak hanya untuk menolong start saja namun juga semoga putaran stabil pada ketika telah running.
Untuk membedakan kapasitor yang telah mulai kering cairan elektrolitnya mampu dibedakan secara fisik yaitu bentuknya yang kembung, namun jangan tertipu juga alasannya bisa saja walaupun bentuknya masih normal ternyata kapasitansi nya telah menyusut.
Nilai kapasitor yang umum digunakan pada kipas angin ukuran sedang biasanya berkisar 1uF – 2.5uF, bedakan dengan nilai kapasitor pada mesin cuci yang lazimnya bernilai lebih besar.
Video Cara Memperbaiki Kipas Angin
Berikut ini terdapat video cara memperbaiki kipas angin dengan gampang yang bisa dijadikan selaku rujukan aksesori, supaya berguna
0 Response to "Cara Memperbaiki Kipas Angin"
Post a Comment