Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar Dan Cara Perbaikannya

Kerusakan mesin cuci tidak berputar cukup sering terjadi baik pada mesin basuh 1 tabung maupun 2 tabung, penyebab kerusakan ini bisa alasannya berbagai hal baik dari cara penggunaan yang kurang tepat atau bisa juga alasannya adalah terdapat kerusakan part tertentu pada mesin cuci.

Mesin Cuci Tidak Berputar

Mesin cuci tak mauberputar tidak senantiasa disebabkan kerusakan part, tetapi merupakan tata cara proteksi dari Mesin basuh itu sendiri

Daftar Isi :

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

Berikut ini yaitu penyebab mesin basuh tidak berputar, beberapa diantaranya bukan ialah kerusakan tetapi merupakan sistem proteksi dari mesin cuci itu sendiri supaya tidak membahayakan pengguna. Sedangkan untuk kerusakan teknis atau terdapat kerusakan part, direkomendasikan untuk memperbaiki mesin cuci pada teknisi service mesin cuci.

  1. Muatan terlampau banyak
  2. Permukaan lantai miiring
  3. Karet vanbelt longgar atau terlepas
  4. LID switch/ sensor pintu rusak
  5. Timer rusak
  6. Mesin basuh keluar air terus/ bocor
  7. Kerusakan sensor tekanan air/ sensor water pressure
  8. Kapasitor mesin cuci rusak
  9. Kabel digigit tikus
  10. Dinamo mesin basuh rusak
  11. Kerusakan pada modul mesin cuci

Baca juga : Penyebab pengering mesin basuh tidak berputar


Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar


1. Muatan Terlalu Banyak

Setiap mesin cuci tentunya mempunyai kapasitas maksimum berapa banyak pakaian yang mampu dicuci dalam satu kali proses dan tertulis pada nomor versi mesin cucinya contohnya mesin basuh 2 tabung Sharp ES-T1490WA memiliki kapasitas maksimum 14 kg. Jangan melampaui beban maksimum alasannya adalah nantinya pulsator pada mesin cuci tidak akan mau berputar


2. Permukaan Lantai Miring

Mesin basuh memiliki sensor di sekitartabung pembersihan yang berfungsi untuk mendeteksi posisi tabung dan bila posisi mesin basuh miring mampu mengaktifkan sensor tersebut sehingga mesin cuci tidak mau berputar.


3. Vanbelt Yang Longgar

Fungsi dari vanbelt atau V belt pada mesin basuh yakni untuk meneruskan tenaga dari dinamo ke tabung pembersihan. Jika suara dinamo mesin cuci terdengar tetapi tidak ada pergerakan pada tabung pembersihan maka mampu dipastikan karet vanbelt / karet V belt longgar atau bahkan terlepas. Kita mampu dengan gampang menganalisa vanbelt ini dengan membuka bagian belakang mesin basuh.

Vanbelt mesin cuci longgar

Jika memang terlepas posisinya bisa diperbaiki dan jangan menggunakan settingan yang terlalu kencang biar putaran dinamo mesin basuh tidak berat. Jika memang sudah longgar atau putus, cukup gampang mencari vanbelt ini di toko listrik maupun marketplace.


4. Lid Switch/ Sensor Pintu Rusak

Pada nyaris semua mesin basuh kecuali tipe 2 tabung selalu terdapat perlindungan dimana mesin basuh tak mauberputar jikalau pintu atas tidak ditutup. Sensor yang dipakai untuk proteksi ini yaitu jenis lid switch, bisa jadi keadaan lid switch koneksi nya telah jelek alasannya adalah karat atau gigitan tikus.

Lid Switch Sensor Pintu Mesin cuci

5. Timer Rusak

Kerusakan mesin basuh tidak mau berputar yang disebabkan oleh kerusakan pada timer cuma terjadi pada mesin basuh 2 tabung/ mesin basuh manual. Timer pada mesin cuci 2 tabung fungsinya yakni untuk setting berapa lama proses untuk mencuci dan mengeringkan.

timer mesin cuci rusak

Timer mesin basuh berisikan gear dan plat tembaga yang mungkin saja mengalami aus sehingga menjadikan arus listrik tidak diteruskan ke dinamo. Kerusakan pada timer ini juga bisa menyebabkan mesin cuci kadang berputar kadang tidak atau mesin basuh hanya berputar satu arah saja.


6. Mesin Cuci Keluar Air Terus/ Bocor

Terkadang pada tata cara pembuangan air/ water drain terdapat kotoran yang mampu menimbulkan klep pembuangan air menjadi tersumbat, yang paling sering terjadi yakni duit logam, kancing baju atau kawat BH yang ikut masuk ke klep pipa pembuangan air.

Penyebab Mesin Cuci Keluar Air Terus

Cara perbaikannya cukup gampang karena tinggal membuka epilog belakang dan perhatikan pada pipa pembuangan terdapat suatu klep yang mengatur pembuangan air, tentukan tidak ada objek asing yang menyumbat. Jika klep ini rusak maka harus diganti dengan yang baru sebab jikalau karet pada klep ini bocor mesin basuh akan keluar air terus.


7. Kerusakan Sensor Tekanan Air/ Water Sensor Pressure

Pada mesin cuci 1 tabung terdapat sensor tekanan air/ sensor water pressure yang mampu mendeteksi seberapa tinggi level air yang ada pada tabung. Jika terjadi kerusakan sensor tekanan ini atau selang terlepas maka mesin cuci akan menganggap air masih belum cukup untuk proses pencucian sehingga bisa jadi penyebab kenapa mesin basuh tidak bisa berputar.

sensor tekanan air mesin cuci

Untuk mengeceknya cukup dengan membuka epilog belakang dan penutup bagian atas mesin cuci, amati terdapat selang kecil dari tabung cucian ke arah bagian belakang. Pastikan selang ini tersambung dengan baik dan koneksi pada sensor tekanan air tidak bermasalah.


8. Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Fungsi kapasitor mesin cuci yaitu untuk memperbesar tenaga pada setiap putaran dinamo listrik karena pada dasarnya diharapkan arus yang cukup besar pada saat pertama kali dinamo mesin cuci berputar baik untuk proses pencucian ataupun untuk proses pengeringan.

Baca juga : Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Kapasitor mesin cuci 1 tabung
Kapasitor mesin basuh 1 tabung

Untuk mengeceknya mampu dengan membuka penutup belakang mesin basuh dan coba ukur dengan multimeter apakah kapasitor sudah lemah atau mungkin bocor. Kerusakan kapasitor pada mesin cuci juga mampu menjadikan pengering mesin basuh tidak berputar hanya mendengung saja.


9. Kabel Digigit Tikus

Penyebab yang satu ini paling sering terjadi yakni alasannya adanya sambungan instalasi kabel yang putus disebabkan digigit tikus, kerusakan yang disebabkan mampu bermacam macam mulai dari mesin cuci tidak inginberputar, pengering mesin basuh tidak berputar bahkan sampai mesin basuh tidak berfungsi sama sekali.

Kabel mesin cuci digigit tikus

Cara mengeceknya yakni dengan membuka tutup atas dan epilog belakang alasannya adalah pada bagian ini banyak perkabelan menuju part elektrik mesin basuh. Jika ada kabel yang putus maka mampu disambung dan diisolasi. Untungnya, lazimnya warna kabel pada mesin cuci biasanya dibedakan sehingga bila ada kabel yang putus cukup mudah untuk ditelusuri sambungannya.

Bagaimana cara semoga kabel mesin cuci tidak digigit tikus ? ada bebrapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah tikus memasuki mesin basuh adalah dengan cara :

  1. Menggunakan kapur barus yang diletakkan di sekeliling mecin basuh
  2. Menggunakan perangkap tikus pada area mesin basuh
  3. Menggunakan mouse repellent, ialah alat yang mengeluarkan suara ultrasonik yang tidak disukai oleh tikus
  4. Tutup celah pada mesin cuci dengan karet pada sandal bekas
  5. Jika celah terlalu lebar, mampu ditutup dengan kawat kasa supaya tikus tidak bisa masuk

10. Dinamo Mesin Cuci Rusak

Dinamo mesin cuci merupakan bagian utama alasannya adalah bertugas memutar pulsator untuk proses mencuci. Dinamo atau motor listrik berfungsi untuk mengganti energi listrik menjadi energi gerak. Kerusakan dinamo pada mesin cuci bisa menimbulkan ciri ciri kerusakan :

  1. Mesin basuh tidak inginberputar baik untuk proses mencuci atau pengeringan
  2. Mesin cuci tidak mau berputar hanya berdengung
  3. Terdapat wangi terbakar pada bagian bawah mesin cuci
  4. Putaran mesin cuci yang lemah
dinamo-mesin-cuci

Baca juga : Ciri kerusakan dinamo mesin cuci

Jika terjadi kerusakan pada dinamo ini maka mau tidak mau harus diganti dan harga dinamo mesin cuci cukup mahal, tentukan untuk mengganti motor dinamo dengan kabel tembaga, karena meskipun harga motor wash dengan kabel aluminium lebih murah namun biasanya tidak abadi.


11. Kerusakan pada modul Mesin Cuci

Modul mesin basuh juga ialah unsur utama yang jika terjadi kerusakan maka mampu dipastikan mesin cuci tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Fungsi modul mesin basuh terutama pada mesin cuci 1 tabung dan tipe front loading (mesin basuh kudapan depan) yaitu suatu modul pcb dengan rangkaian elektronik untuk mengendalikan sistem kerja otomatis proses mencuci.

Kerusakan pada modul Mesin Cuci

Berikut beberapa ciri ciri kerusakan modul mesin cuci :

  1. Mesin basuh kadang berputar kadang tidak
  2. Mesin basuh tidak berputar sama sekali
  3. Mesin cuci mati total
  4. Muncul kedip error pada panel mesin basuh

Ada beberapa pilihan solusi kerusakan modul mesin cuci yakni :

  1. Ganti modul dengan yang baru, harganya relatif mahal tetapi mampu dipastikan fungsi mesin basuh kembali normal
  2. Ganti dengan modul universal, biasanya produksi China. Kekurangannya ialah performa kendali mesin cuci harus disesuaikan, butuh waktu dalam pemasangannya sebab perlu disesuaikan koneksi antar partnya dan dari sisi pemakaian kurang kekal
  3. Perbaiki modul mesin cuci, tidak gampang untuk memperbaiki modul mesin cuci, pastinya ada juga spesialis service modul mesin basuh yang bisa ditemukan jasa service nya secara online.

0 Response to "Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar Dan Cara Perbaikannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel