Listrik 450 Va Berapa Watt ?

Berikut ini yakni perkiraan daya Listrik 450 VA berapa Watt ? Daya listrik 450 VA ialah salah satu kapasitas daya listrik yang disediakan PLN ke konsumen untuk pemasangan instalasi listrik rumah tangga.

Listrik 450 VA berapa Watt

Saat ini pilihan daya 450 VA sudah tidak ada untuk seruan pemasangan listrik baru kecuali untuk area kawasan 3T (tempat terluar, terdepan, dan tertinggal) namun tentunya masih lumayan banyak pengguna yang memiliki daya listrik 450VA.

Daya Listrik 450 VA berapa Watt ?

Bicara perihal daya listrik, apakah ada yang mengenali 450 VA sama dengan berapa watt ? Satuan daya listrik dari PLN yaitu VA, opsi daya ketika ini tersedia dari PLN yaitu 900 VA, 1200 VA, 1300 VA dan seterusnya,

Suatu rumah dengan listrik 450 VA tidak selalu mampu mendapat daya aktif optimal sebesar 450 Watt sebab adanya aspek daya atau Cosphi yang juga perlu dipertimbangkan.


Lalu apa perbedaanya antara 450 VA dan 450 Watt ?

Satuan listrik Watt yaitu besaran daya aktif yang mampu dipakai pada berbagai perlengkapan kelistrikan dan sering disebut juga daya aktif.

Satuan listrik VA ( Volt x Ampere ) ialah besaran nominal daya hasil perkalian tegangan dan arus, sering disebut juga dengan daya semu.

Perbandingan daya aktif dan daya semu inilah yang disebut dengan faktor daya atau Cosphi atau sering disebut juga power factor (PF) dengan nilai maksimal yaitu 1,00 sehingga faktor daya bisa berkisar antara 0 – 1,00

Watt = VA x PF (power factor/ faktor daya)

Kenapa harus dijalankan perkiraan Cosphi ? Berbagai peralatan listrik yang menggunakan prinsip induksi mampu menjadikan daya reaktif atau daya yang hilang. Semakin banyak perlengkapan listrik yang memakai induksi magnetik maka makin besar juga hilang dayanya.

Baca juga : Kumpulan Kode Meteran Listrik Prabayar PLN

Contoh perlengkapan dengan induksi magnetik ini kebanyakan yang menggunakan lilitan didalamnya misalnya motor listrik (mesin basuh, kompresor AC), Trafo, lampu ballast (neon TL).

Pada rumah yang tidak mempunyai perlengkapan listrik yang menimbulkan induksi magnetik maka aspek daya Cosphi ini bisa diabaikan atau dengan kata lain rumah tersebut bisa menerima daya optimal yang bekerjsama. Berikut ialah tabel aspek daya pada beberapa alat listrik yang sering digunakan :

Baca juga : Efektifkah Alat Penghemat Listrik?

Nama Alat ListrikFaktor daya
TV0.75
Radio0.6
Monitor0.85
Kulkas0.87
Lampu Neon0.7
AC0.6
Charger HP0.75
Magic Jar0.56
Setrika0.83
*faktor daya bisa berbeda dan tidak mampu dijadikan contoh

Sehingga daya aktif tiap rumah bisa saja berlainan beda tergantung peralatan yang dipakai dan untuk menjawab pertanyaan 450 va sama dengan berapa watt juga jawabannya akan berlainan pada tiap rumah.

Jika dengan perkiraan rata rata aspek daya alat listrik yang dipakai dengan aspek daya 0.8 maka berikut perkiraan daya listrik 450 va berapa watt :

Daya Aktif (Watt) = 450 VA * 0.8 = 360 Watt

Memang besaran daya 450 Watt tidak akan cukup untuk kebutuhan peralatan listrik kekinian namun setidaknya untuk kebutuhan dasar seperti lampu, TV, pompa dan kulkas mungkin masih cukup memadai.

Jika terasa kurang maka daya listrik mampu dinaikkan ke 1300 VA. Listrik 1300 watt mampu untuk apa saja ? tentunya lebih banyak peralatan yang mampu dipakai berbarengan tetapi tetap mesti memperhitungkan faktor daya Cosphi.

Nah demikian postingan tentang perkiraan 450 VA berapa watt supaya mampu berfaedah.

0 Response to "Listrik 450 Va Berapa Watt ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel