Konektor Fiber Optik

Konektor fiber optik diharapkan dalam jaringan optic untuk menghubungkan antara satu jenis perangkat dengan perangkat lainnya yang lazimnya berbentukmodem atau OTB (Optic Terminal Box) atau bisa juga berbentukswitch/ router.

Konektor Fiber Optik

Memilih jenis konektor fiber optik yang sempurna yaitu sungguh penting supaya kebocoran sinyal cahaya pada fiber bisa dihemat, selain kesesuaian konektor yang tidak kalah pentingnya yakni cara memasang konektor kabel fiber optik.

Baca juga : Pengertian Kabel Fiber Optik


Daftar Isi :

Jenis Konektor Fiber Optik

Jenis jenis konektor fiber optik ada beberapa opsi konektor yang bisa diaplikasikan dengan device yang hendak dihubungkan dimana masing masing jenis konektor mempunyai keunggulan masing masing. Jika pada kabel LAN diperlukan konektor RJ45 maka pada jenis fiber optik terdapat beberapa macam konektor.

Jenis konektor fiber optik SC dan LC ialah yang paling banyak digunakan alasannya adalah pada umumnya device memakai konektor jenis tersebut contohnya pada jaringan LAN, WAN, data center, switch telecom, TV kabel, jaringan fiber FTTX (fiber-to-the-x) dan jaringan fiber FTTH (fiber to the home).

Berikut dibawah ini adalah jenis jenis konektor fiber optik yang sering dipakai :


Konektor Fiber Optik FC (Ferrule Connector)

Konektor fiber optik FC memakai keramik pada bab konektor nya denga memakai screw-type/ drat ulir berbahan plat nikel atau bisa juga berbentukstainless-steel sehingga kebocoran bisa benar benar diminimalkan. Konektor ini mempunyai akurasi yang sangat bagus dan biasanya dipakai pada jenis single mode fiber optic baik itu untuk transmitter (optical source/ sumber) maupun receiver (optical detector).

Konektor Fiber Optik FC

Kabel fiber FC tergolong konektor yang populer digunakan untuk jaringan fiber optik dan data center dengan ukuran konektor 2.5 mm, untuk cara memasang konektor kabel fiber optik FC mesti ditentukan ujung konektor telah benar benar di posisi yang pas sebelum mengencangkan drat ulir untuk menguncinya.


Konektor Fiber Optik SC (Subscriber Connector)

Konektor fiber SC yakni akronim dari Subscriber Connector yang kadang disebut juga Square Connector atau Standard Connector alasannya adalah cukup populer dan sering dipakai pada jaringan fiber optik. Kabel jenis ini banyak digunakan salah satunya yakni selaku kabel fiber optik indihome karena harga yang lebih hemat biaya, ketahanan yang bagus serta instalasi yang sederhana.

Baca juga : Cara ganti password wifi Indihome

Konektor Fiber Optik SC

Konektor SC menggunakan keramik dengan ukuran konektor 2.5 mm pada ujung konektornya untuk menghantarkan sinyal cahaya dengan akurasi yang sangat bagus. Karena penggunaan konektor ini dihubungkan dengan cara memasukkan dan mengunci dengan suara “klik”, sering kali sering disebut juga dengan “stick and click” atau push-pull connector.


Konektor Fiber Optik LC (Lucent connector)

Konektor fiber LC dikembangkan oleh Lucent Technologies kadang disebut juga Little Connector karena memang ukurannya yang kecil dengan ukuran konektor 1.25 mm. Konektor LC adalah tipe kecilnya dari konektor SC dengan bentuk yang seperti, perbedaan terutama pada ukuran diameter intinya saja yang lebih kecil.

Konektor Fiber Optik LC

Karena kelebihannya yang memiliki ukuran yang kecil, konektor kabel fiber optik LC ini sering digunakan pada area yang memiliki intensitas koneksi yang banyak mirip contohnya pada data center atau telecom switching centers. Pada perangkat network switch/ router yang mempunyai modul SFP untuk menghubungkan antar switch/ jaringan lainnya lazimnya menggunakan kabel fiber optik konektor LC duplex dengan 2 cabang terpisah untuk RX dan TX sehingga memungkinkan untuk sinkron komunikasi antar perangkat.

Konektor SFP Fiber Optik LC

Cara memasang konektor kabel fiber optik tipe LC seperti dengan tipe SC yaitu memiliki mekanisme pengunci dikala konektor dimasukkan sehingga tidak gampang terlepas dari perangkat network.


Konektor Fiber Optik ST (Straight Tip)

Konektor fiber optik ST termasuk salah satu jenis pertama konektor untuk FO yang dipakai dan dibuat oleh AT&T. Konektor ini menggunakan inti 2.5 mm sehingga bisa dipakai juga dengan konektor jenis SC dan FC tetapi pastinya dengan menggunakan adaptor lagi.

Konektor Fiber Optik ST

Konektor jenis ini lazimnya banyak ditemukan pada kabel fiber optik multi mode tetapi telah mulai digantikan dengan konektor LC.


Harga Konektor Fiber Optik

Kabel fiber optik yakni jenis koneksi yang saat ini paling banyak dipakai pada penyuplaiinternet / Internet service provider untuk mendistribusikan kanal internet ke rumah pelanggan maupun kantoran alasannya performanya yang sangat bagus dengan interferensi sinyal yang rendah.

Jika dibandingkan harga konektor fiber optik tipe SC dan LC, kabel patchcord konektor SC lebih murah sehingga lebih banyak digunakan. Harga konektor fiber optik sendiri bervariasi dan bisa ditemukan di market place dengan gampang.

0 Response to "Konektor Fiber Optik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel