Fungsi Mcb Dan Cara Kerjanya Pada Instalasi Listrik

Panduanteknisi kali ini akan share ihwal fungsi MCB dan bagaimana cara kerjanya memutus arus secara otomatis pada instalasi listrik. Saat ini MCB yakni bagian yang wajib terpasang di setap rumah dengan instalasi listrik untuk argumentasi keamanan.

fungsi mcb dan cara kerjanya

Ini karena MCB bisa mendeteksi beban lebih yang mengalir melalui terminal nya dan segera memutus arus untuk menghindari terjadinya panas berlebih pada kabel instalasi listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

Daftar Isi :

Fungsi MCB

Fungsi MCB (miniature circuit breaker) yakni untuk memutus anutan arus listrik secara otomatis pada dikala terjadi beban arus listrik melampaui kapasitas sesuai kemampuan MCB tersebut, sehingga MCB off secara otomatis mampu karena overload, atau terjadi konsleting pada instalasi listriknya.

Jika tidak terdapat MCB, maka dalam keadaan overload listrik akan terus dialirkan dan menimbulkan overheat pada kabel instalasi yang mampu mengakibatkan kebakaran.

penyebab kabel listrik terbakar

Baca juga : Kenapa Kebakaran Karena Listrik Bisa Terjadi ?

Sekarang ini lazimnya setiap instalasi listrik memakai MCB ketimbang sekring (fuse) sebab performanya lebih bisa diandalkan alasannya lebih sensitif kepada overload ketimbang sekring biasa.

fungsi MCB

Selain itu penggunaan MCB lebih mudah alasannya adalah lebih singkat dalam mengembalikan pemikiran listrik menjadi wajar kembali cukup cuma dengan merubah posisi dari off ke on.

Pada sekring jikalau terjadi overload maka harus dijalankan penggantian fuse atau mengubah seutas kabel pada box fuse sehingga penggunaannya menjadi kurang kondusif dan tidak mudah.

Baca juga : Fuse box

Tentunya kita sering mendengar istilah “listrik jeglek“, pada keadaan ini posisi MCB berpindah dari on ke off selaku perlindungan alasannya adalah adanya sesuatu yang tidak normal pada kelistrikan di rumah anda.

Fungsi MCB ini diubahsuaikan dengan jumlah pole nya, misalnya MCB dengan jumlah pole 3 (kutub) maka berfungsi untuk mengamankan arus listrik 3 phase (RST)

fungsi mcb 3 fasa
Fungsi MCB 3 Fasa

Sedangkan fungsi MCB 1 fasa pastinya cuma bisa mengamankan arus listrik pada 1 phase saja (L).

Cara Kerja MCB

Cara kerja MCB adalah memutus arus listrik yang mengalir melalui MCB pada saat terjadi overload atau dikala terjadi hubung singkat, bagaimana prosesnya sehingga MCB mampu secara otomatis mengubah posisi on ke off ?

Pada MCB terdapat 2 keadaan yang memungkinkan untuk mengamankan arus listrik yakni dengan metode magnetic tripping atau dengan thermal tripping.

cara kerja MCB

Berikut yaitu perbedaan cara kerjanya :

Magnetic Tripping – Off ketika Short Circuit

Pada saat terjadi short circuit/ hubung singkat antara phase dengan netral maka akan menghasilkan medan magnet yang sungguh berpengaruh dan arus yang sangat besar akan diteruskan ke kumparan induksi (solenoid) yang selanjutnya mendorong latch/ palang untuk membuka kontak sehingga posisi menjadi off.

solenoid pada MCB

Bisa dilihat dengan terperinci posisi kumparan induksi/ solenoid pada pola MCB diatas

Thermal Tripping – Off ketika Overload

Pada kondisi overload/ keunggulan beban MCB memanfaatkan sifat dari bimetal ialah gampang memuai (melengkung) ketika diberi panas yang berlebihan.

bimetal mcb overload

Sehingga pada kondisi wajar / dingin bentuk bimetal ini ialah lurus. Pada saat arus yang dialirkan ke MCB melampaui kemampuan MCB maka akan menimbulkan peningkatan suhu pada batang bimetal yang berikutnya akan memutus kontak.

Berikut yakni posisi bimetal pada suatu MCB :

bimetal pada mcb

Oleh karena itulah pada MCB dengan instalasi listrik yang overload, umumnya bodi MCB condong panas. Berikut ini ialah beberapa penyebab kenapa MCB bisa panas :

  1. MCB sedang pada puncak penggunaan daya listrik
  2. Material MCB yang kurang elok
  3. Kabel listrik menuju MCB longgar
  4. Arus yang melalui MCB melebihi kapasitas

Maka dari itu sebelum menentukan MCB harus diperhitungkan kemampuan arus, kualitas dan tentunya spesifikasi sesuai yang diperlukan alasannya MCB tentunya selalu digunakan dalam jangka waktu yang lama, sementara penggantian MCB juga tidak mudah karena harus dilakukan oleh petugas PLN

Demikian artikel kali ini perihal fungsi MCB dan cara kerjanya supaya mampu berguna.

0 Response to "Fungsi Mcb Dan Cara Kerjanya Pada Instalasi Listrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel